complaints, family, jode wedding, JoDe's life, my life, pregnancy, review, thanks

12 Weeks (OSIOTW)

Jujur gue sendiri berasa kok cepet bener tau2 uda 12minggu aja usia kehamilan ini. Awalnya gue itung2 itu masih di 10minggu en dokBud pun pas ketemu gue lagi (22/5) juga bilang “sekarang usianya 10minggu ya” eh pas di-usg, dokBud bilang “ini usianya uda 11minggu 6hari” lah toeng2, ahahahahaha. Yang buat makin kaget lagi, pas gue liat dede itu kok uda gede banget. Uda keliatan kaki en tangannya :’) en iya pas diukur emank usianya uda lebih dari 10minggu. Tanggal HPL pun ikutan maju. Tadinya perkiraan dede lahir di tengah bualn Desember tapi sekarang jadi di awal bulan Desember. Mentok2 di akhir bulan November deh *padahal gue ngarep lahirnya Desember aja, hahahaha tapi ga apa2 dah kalo pun November, yang penting dede en gue selamat en sehat semua*
Dari hasil usg, dede keliatan aktif banget! Tangan sama kakinya itu ga bisa diem, hahahaha, gerak sana sini. Jo bilang “waduh ini calon2 pengikut encinya nii, ga bisa diem” LOL.Β  Terus dokBud bilang kalo bagian belakang leher (nuchal translucency) dede itu ga tebel, alias tipis en itu tandanya bagus. Yang artinya kalo tipis itu jau dari hal DS (down syndrom) sedangkan kalo tebel, kebalikannya. Puji Tuhan!! Bersyukur! Pas dengernya langsung seneng en bersyukur πŸ™‚ Kalo tentang kelengkapan organ, belum terlihat sekarang2 ini sama halnya kayak gender, hahahaha.
Jadi gue ada tanya sama dokBud, gendernya uda keliatan belum en pas diubek2, dede ga bisa diem banget jadi ga keliatan deh. DokBud iseng tanya2 maunya cewek apa cowok. Dijawablah sama Jo, kalo Dewi maunya cewek dok biar barang2 anak sebelumnya bisa nurun ke dede en kalo saya, bebas deh. Sebenernya Jo uda punya feeling cowok tapi entah kenapa makin kesini, feeling dia jadi cewek, hehehehehe. Ohya, sembari dokBud ubek2 cari gender, Jo nyeletuk “Dok, kali ini kudu bener ya Dok, kudu yakin Dok” wkwkwkwk soalnya qta inget banget pas hamil B, dokBud bilang itu cowok eh taunya berubah hasilnya, dia bilang cewek makanya itu buat qta jadi bingung sampe berujung qta ikut 4D biar lebih pasti πŸ˜€ Tapi yang x ini mah kalo uda pasti cewek tow cowok, gue pikir ga mau 4D lagi *biar ga buang2 duit*
Di pertemuan sama dokBud x ini, gue nanya hal yang lagi ganggu gue blakangan ini. Entah kenapa mendadak kulit kaki gue muncul bintil2 kasar macam bruntusan gitu. Awalnya itu di kaki kanan terus ke kiri juga. Anehnya lagi ini terjadi di area luar dari kaki aja, area dalemnya kagak. Yang buat gue makin mau tanya karena bintil2 ini mulai muncul juga di tangan kanan. Terus efeknya muncul rasa gatel banget, pengen rasanya gue garuk tapi gue tau itu ga boleh. Selain gatel, kalo abis mandi itu rasanya perih!
PhotoGrid_1495599811152
bintil2 nan kasar
Setelah di cek sama dokBud, penyebabnya adalah kurangnya karbohidrat. Inget kan ya kalo gue diminta kurangin karbo gara2 eneg2 mual nah itu emank gue ikutin. Berasa c emank selama gue makan karbo ga banyak, rasa eneg itu ga muncul sering2. Eh taunya berdampak ke kulit gue. Kan gue lebih banyak makan yang mengandung protein en lemak, terus lewat donk ke proses pembakaran didalam tubuh nah itu yang sebabin munculnya bintil2 bruntus. Jadi kayak terlalu banyak protein en lemak di dalam tubuh gue. Alhasil sekarang dokBud minta perbanyak makan karbo terlebih uda masuk trimester kedua, asumsi harusnya rasa eneg2 mual uda jau berkurang. Selain itu, gue diminta mandi pake sabun bayi aja biar ga perih2 kulitnya. Oh sama gue juga pakein bio oil ke kulit πŸ™‚
Sampe hari ini, bintil2 bruntus masih ada. Masih gatel juga tapi uda ga perih2 lagi. Efek juga ya mandi pake sabun bayi, hehehehe. Semoga perbanyak makan karbo en pemakaian bio oil bisa ngebantu ilangin bintil2 bruntus ini deh πŸ˜€
PhotoGrid_1495599045670
u’ve got hellow from the youngest B

 

complaints, family, jode wedding, JoDe's life, my life, pregnancy, review

2 Weeks Later…

Nyambung cerita ini, di tanggal 24 itu tanggal yang gue nanti2 dengan harap2 cemas. Ya abisnya dokBud ada bilang tentang janin diluar kandungan kan buat gue takut.
Berhubung tanggal 24 itu hari libur, RS sepi ya boo. Biasa ambil nomer aja antri eh ini kagak loh. Naik lift aja ga pake rebutan, hahahaha. Sebelum ketemu dokBud, kayak biasa kudu ditimbang en tensi dulu. Semuanya normal, tensi maksudnya, hahahaha. BB ga normal alias uda naik jadi 58 kg *bye jarum ke kiri*
Berhubung ga ada pasien lain jadi gue dipanggil duluan ketemu dokBud. Masuk2 disambut sama senyum sumringah ini dokter. Langsung diminta baringan en diusg dink.
Raba punya raba (alat usg di perut), dokBud bilang “ini keliatan ya yang hitam kantung rahimnya terus yang bulat putih ini janinnya en semuanya normal”. Gue entah kenapa spontan nanya “jadi janinnya di kantung kandungan kan Dok?” Ahahahahaha.. Gue kek butuh penegasan lagi! En dijawab “iya” sama dokBud. Lega gue!! En gue yakin Jo yang daritadi ngeliatin dalam diam juga pasti legaaaaa.
Gue kira uda kelar eh taunya dokBud bilang “ini detak jantungnya sepertinya bisa didengar, sebentar ya” Ga lama kedengeran bunyi detak jantung debay. Yaowoo, rasanya bener2 emejing!!! Beneran deh gue terharu pas dengernya. Iya ini bukan kali pertama harusnya buat gue denger detak jantung tapi entah kenapa rasanya tetep ruarbiasakkk terharu!! *bilang gue lebay, silahkan, ahahahaha* Kalo liat di monitor, pas berdetak itu kek kelap kelip janinnya :’)
Kelar usg, gue ada tanya ke dokBud kenapa kehamilan sekarang ini gue sering banget mualnya tapi ga muntah. Kalo kata dokBud karena hormon kehamilan gue tinggi en kurang gerak (disarankan olahraga) terus kalo bisa kurangin makanan yang serba karbo karena itu memicu mual2, banyakin protein aja. Hal ini termasuk juga dengan minum air madu. Jadi kalo dulu pas hamil B, ga apa2 minum air madu karena gue banyak gerak (masih kerja saat itu) sedangkan kalo sekarang gerak ga sebanyak dulu. Madu termasuk karbo yang memicu mual2. Ya kalo dipikir2 apa yang dokBud bilang bener juga. Dulu gue kerja jadi fokus gue terpecah, kek ga sempet rasain tow mikirin mual nah sedangkan sekarang, gue sehari2 di rumah en urus B plus rumah jadi ga seaktif dulu.
Bisa dibilang emank kehamilan kedua ini jau beda sama kehamilan gue yang pertama, khususnya di bagian mual2 eneg itu en stelah gue itung2 *iyee emank ga ada kerjaan gue* ada 4x muntah gegara mual2 eneg entuh. Terus biasanya kalo gue nyium bau pup B tuh biasa aja, kalo sekarang, waduh!! Gue sampe uek2 lebay ciumnya. Perjuangan dah kalo mau cebokin B, huhuhuhu. Perbedaan lainnya, gue jadi susah buat makan. Pas hamil pertama, apa aja gue makan dengan gampil bahkan ga picky. Kalo sekarang, yaowooo susee bener kakakkkk. Yang biasanya doyan ayam eh ini ga mau. Biasanya suka asin en pedes, ini ogah banget. Terus yang nyiksa itu gue kudu kelar makan dalam keadaan ga laper en ga kenyang. Kalo over, dijamin mual2 eneg abis itu. Kalo pas hamil pertama juga, ga banyak makanan yang gue pengenin, ya biasa aja tapi hamil kali ini, gue lebih banyak kepengennya tapi ya gitu. Pas uda depan mata itu makanan emank gue makan tapi sukaan ga abis *kemudian gue sodorin ke Jo*
Perbedaan yang gue alami ga buat gue ngeluh2 gimana c, karena emank dasarnya pada bilang hamil pertama en kedua bisa aja beda. Gue cuma berharap keadaan mual2 eneg ini lekas berlalu.
Terlepas dari itu semua, lagi2 gue berdoa en berharap, anak di perut gue tumbuh sehat, baik en tanpa kurang suatu apapun, amien!! Doakan ya manteman, mamaciii :*
baby J.B.K, complaints, family, jode wedding, JoDe's life, my life, pregnancy, review, thanks

Our Second is On The Way

Uda ngeh lum dari judulnya mau cerita apa?! Kurang lebih sama kayak judul di cerita ini cuma yang ini versi kedua πŸ˜€ yups, em a preggo woman (again) πŸ˜‰
Pernah ya gue cerita dimari kalo gue sama Jo emank berencana buat nambah anak lagi tapi qta ga ngoyo. Kalo pun gue telat mens terus gue test en cuma muncul garis satu, ya uda ga pake enyess kayak sebelum2nya. Mikirnya waktu itu “mungkin belun waktunya tow mungkin belum rejeki.”
Pas gue mens di bulan Maret, entah kenapa gue wanti2 ke diri sendiri “ni Ping ingetin tanggal lo mens itu tanggal 6 ya, inget! Jadi kalo bulan depan hamil en ditanya dokter kapan tanggal terakhir mens, lo bisa jawab” Serius dah gue ada pikiran kek gitu, ga tau kenapa, wkwkwkwkwkwk. Uda kayak nomer undian aja gue ingetin sgala. Terus biasanya di awal bulan, gue selalu ganti warna kutek gel di jari2 tangan tapi entah kenapa jelang masuk april, gue ga semangat mikirin mau ganti warna apa ya. Malah mikirnya “kalo lagi hamil kan ga boleh kutekan” wadoh hamil aja belum tau gue tapi lagi2 mikirnya kesono. Terus lagi, gue kepikiran pengen nimbang berat badan en tau2 pas gue liat kok naiknya cepet amat plus dua angka-nya itu sama kek gue awal2 hamil B.
Masuk bulan April, di tanggal 6 eh gue ga mens. Gue kira besok2 deh mensnya, sapa tau hormon gue lagi ga bener jadi mundur jadwal mens. Tanggal 7, ga mens juga eh malah ketemu sama obgyn gue di MOI. Lah bisa ketemu gini en langsung mikir dalem ati “kayaknya hamil dah gue abis ketemu dokBud c” wkwkwkwkwk iya kalo itu c gue sambung2in aja, LOL. Tanggal 8nya juga sama, ga mens. Udah dah gue inisiatif beli testpack (TP) 2biji. Pas beli itu, gue info ke Jo kalo gue belum mens. Jo tanya emank hamil, ya gue mana tau makanya kudu test.
Tanggal 9 subuh, jam 2an (uda beberapa hari deh gue selalu bangun jam 2 subuh gini. Tanya kenapa) gue ambil TP sekalian emank mau pipis. Karena uda kebelet, itu pipis gue tadahin aja di kantong plastik, hahahaha terus gue celupin itu TP
PhotoGrid_1491893564632
TP Pertama
*kucek2 mata* eh 2 garis loh, hahahaha tapi ini kan gue liat masih samar ya, sama kayak waktu pertama kali TP pas hamil B. Gue bangunin Jo en kasi liat, reaksinya “wadoh hamil” terus dia balik molor. Ishhh mau gue guyur pake aer biar beneran dikit kasi respon, hahahaha. Gue langsung doa ngucap syukur sama Tuhan en berniat di pagi harinya bakal TP lagi.
Sekitar jam 8an pagi, gue emank biasa kan bangun tidur, minum air terus pipis. Nah gue kucuk2 deh bawa TPnya ke wc tapi x ini uda minta Jo ambilin wadah gelas plastik di bawah.
PhotoGrid_1491893496629
TP Kedua
Lebih teges ya 2 garisnya en langsung kasi liat Jo *sambil bawa gelas isi air pipis* ya kan kali aja responnya masih ngeselin jadi mau gue guyur, wkwkwkwwk. Jo langsung sumringah liat TP kedua ini, langsung meluk gue bilang selamat terus qta berdoa. B kemana?! Masih molor sodara2, hahahaha.
Ga cukup sampe di TP kedua, gue mutusin buat beli 1 TP lagi, hahahaha. Kalo ini emank uda gue niatin aja “kalo positif hamil, gue mau coba TP yang bentuknya compact punya”. Soalnya dari TP di hamilnya B, gue selalu dapetnya yg model strip punya, gue ga tau kalo ternyata ada yang model compact. Emank ini ga penting tapi demi memuaskan diri sendiri aja, LOL.
PhotoGrid_1491893599440
TP Ketiga
Yak cukup dah ya 3x testnya. Karena itu di hari Minggu, obgyn gue ga praktek alhasil gue daftar buat besok di jam 6 sore. Awalnya gue ga mau info ke siapa2 dulu tapi di hari Senin paginya, nyokap gue dateng en Jo bilang kasi tau aja skalian tar minta ditemenin ke dokter. Respon nyokap gue sama kayak tau gue hamil B tapiiii dia lebih uda punya feeling kalo gue hamil soalnya menurut nyokap, mekarnya badan gue itu beda cuma nyokap lebih milih diem, ga ungkapin. Kelar bilang itu disambung omongan “feeling mami ini anak cowok” lah gubrakkk, uda nebak ajeee c mami, hahahaha..
Di RS, gue nunggu ga terlalu lama buat ketemu dokBud. Respon pertama dari dokBud adalah cengar cengir sambil bilang “waa waktu qta ketemu, Dewi uda hamil rupanya” wkwkwkwkwk, ini dokter bisa dibilang pendiem tapi kalo bercanda ngocol juga. Langsung deh gue diminta baringan en di-usg. Menurut dokBud, usia janin gue masih kecil, dibawah 5minggu jadi kantong janinnya belum terlihat tapi kalo hamil iya pasti hamil karena uda keliatan samar di layar ada gumpalan warna kek abu2 gitu. dokBud bilang lagi sambil senyam senyum “dateng USGnya kecepetan ini” hahahaha ya namanya mau memastikan jadi gue sama Jo pede jaya dateng USG. Seperti biasa gue dikasi vitamin asam folat terus diminta 2minggu lagi buat balik. Asumsi dokBud, harusnya di 2minggu kemudian uda keliatan kantong janinnya. dokBud juga jelasin di 2minggu ketemu itu bukan buat mastiin lagi hamil apa ga tapi mau liat juga letak janin ada di dalam kandungan apa luar. Doh!! denger hal ini gue jadi takut loh. Ya kayak punya rasa kuatir sendiri aja. Mungkin keliatan x ya dari muka gue kalo gue kek takut terus dokBud bilang, yang penting sebelum usianya 8minggu itu qta harus tau dulu letaknya janin dimana. Kalo pun sampe diluar, masih ada obat yang bisa membantu janin bertahan.
Bisa dibilang gue ga sabar buat nunggu 2minggu lagi. Gue pun terus berharap en berdoa supaya janin yang ada di dalem perut gue berkembang dengan baik, sehat & normal. Berkembang di dalam kandungan, amien!!
baby J.B.K, birthday moment, family, jode wedding, JoDe's life, my life, pregnancy, review, thanks

B is Turning One!

12 Desember 2016, yaps genap deh umur B 1 taun, yippie yippie yeay!! πŸ˜€
Orang2 suka bilang “waktu berjalan cepet banget ya” en itu beneran bener bangettttt!! Kalo gue kilas balik, prasaan baru deh ngelahirin B belum lama (klik dimariΒ en dimari ya cerita lahiran B) terus lagi susah payah berjuang demi ASI, hehehehe eh tau2nya B ni hari uda umur 1 taun aja πŸ˜‰
Di hari ini, rencananya gue ngerayain ulang tahun B secara simple aja. Tetep ada kue ulang tahun, nyanyi en tiup lilin πŸ™‚ Terus nantinya ada ngejalanin ritual “pilih barang” macam gunting; kalkulator; alat2 jait; buku; duit en lain2. Ritual ini request dari nyokap gue en gue iyain, lucu aja en mau tau B pilih apa, hehehehe.
Selain ritual “pilih barang”, nanti B bakal “smash the cake” πŸ˜€ yang mana itu kue ultah diancurin sama B, LOL. Makanya tar gue beli kue ultahnya yang ga mahal, hahahaha sayang soalnya.
Umm segini dulu ya cerita rencana ulang taun B hari ini, nanti gue update lagi *asap* eh emank ada cerita apa lagi Ping?! Cieeee, hehehehe, ultah B mau dipestain, uhuyyy!! Doakan lancar ya manteman πŸ˜‰ terus yang mau kirim kado buat B, diterima lebar2 sama mamanya B, wkwkwkwkwk, ga dink gue bercanda.Β Gue minta doanya ya buat B supaya B tumbuh sehat, jadi anak pinter, pribadi yang takut akan Tuhan en punya akhlak yang baik, big big Amien πŸ™‚
img-20161108-wa0031
creative designed by mommy Edel
baby J.B.K, jode wedding, my life, photo&videography, pregnancy, review, thanks

(Results) Maternity Photos

Ngaku!!! Siapa yang penasaran tow nungguin hasil foto2 kehamilan gue?! *kemudian diselepet kamera* 
Ga perlu banyak prolog deh ya, saatnya gue kasi liat hasil2 foto kehamilan di Muse tapi ga semua ya, tar pada eneg lagi liat ke-narsis-an gue sama Jo πŸ˜›
Ohya buat yang mau baca cerita maternity photos-nya, tinggal klik ini ya 

 

PhotoGrid_1451482002959

 

PhotoGrid_1451481801325

 

PhotoGrid_1451481956516

 

PhotoGrid_1451482061103

 

PhotoGrid_1451482112183

 

Gimana2?! Bagus ga?! *sambil tolak pinggang nanyanya, hahahaha* Untuk hasilnya sendiri, gue sama Jo puas banget. Bagus2 en untuk perihal edit2annya ga sampe afgan (sadis), masih masuk akal. Kalo tentang harga, seperti yang pernah gue sebut, masih oke buat kocek πŸ™‚ Rencananya nanti B akan foto di Muse tapi tunggu uda beberapa bulan dink. Jo c maunya pas sebulan nanti tapi gue pikir lebih bagus kalo B uda bisa tengkurep jadi angle fotonya lebih bervariasi.
Buat yang mau maternity/family/baby photos boleh banget kontek langsung Muse-nya buat tanya2 seputar harga en hal lain. Ini murni dari gue yang mau promosiin loh, bukan promosi berbayar πŸ˜‰
baby J.B.K, christmas, family, friendship, jode wedding, JoDe's life, my life, pregnancy, thanks

Birth Story of J.B.K (part 2)

Yuk lanjut ceritanya πŸ˜€ Yang mau baca part 1-nya, klik disini yak
Setelah 2 botol induksi ga mempan, suster langsung kontek ke dr. Budi en gue masih nyantai kayak di pantai aja, balik tidur, hahahaha tapi ga bertahan lama c soalnya kepengen pipis en dianter Jo ke WC. Nah pas qta keluar dari WC, suster bilang kalo dr. Budi mau bicara sama Jo (via telpon, belum dateng). Intinya dr. Budi menyarankan untuk caesar delivery aja karena percuma kalo lanjut induksi botol ke3, wong 2 botol aja gue masi ga berasa apa2 ditambah takutnya gara2 induksi yang lama nyebabin stress buat B di dalam en makin ga baik aja nantinya tapi dr. Budi tetep serahin keputusan ke gue sama Jo maunya gimana. Denger hal itu gue pasrah buat caesar delivery bukan ga mau berjuang buat normal delivery tapi gue dihadapkan sama kenyataan plus resiko2 yang ada. Ga lucu kan kalo gue egois demi normal delivery tapi B kenapa2, bisa penyeselan seumur idup, huhuhuhu. So far selama induksi 2 botol, B secara detak jantung en gerak di dalam masih bagus tapi who knows deh kalo lanjut induksi.
Keputusan caesar langsung Jo info ke suster en dr. Budi, abis itu langsung dikasi tau juga jam caesar-nya sekitar jam 7an pagi karena sebelum gue ada 2 pasien yang caesar sama dr. Budi. Sebelum dr. Budi mulai operasi pasien2nya, dia dateng ke gue en jelasin lagi semuanya terus suster masuk bawa baju operasi buat gue pake. Selama nunggu, gue kembali takut! Ini x pertama gue masuk ruang operasi en x pertama gue dibius stengah mateng. Dasarnya emank cengeng, ya nangis lagi dah gue, hahahaha terus bilang ke Jo sama nyokap (yang langsung dateng gitu Jo telpon) buat doain biar semuanya lancar, gue sama B dalam keadaan yang sama2 baik en sehat pastinya.
Sekitar mau jam 8 itu, gue uda diminta baringan di ranjang buat digiring ke ruang operasi. Gue tau c kalo operasi ga bisa suami masuk tapi gue masih nyoba nanya ke susternya ya kan x aja keajaiban terjadi, hahahaha tapi tetep kata susternya ga boleh. Jo cuma nitipin HP ke suster buat videoin proses B lahir. Pas digiring, ni ga lebay tapi jantung gue deg2an bangetttt en kaki jadi berasa dingin, serem!!!!! Nangis lagi lah gue serasa kayak mau dipotong aje, hahahaha. Sebelum pintu ruang operasi ditutup, Jo sempet bilang “semangat en jangan takut sayang! Kamu pasti bisa en ga akan kenapa2. Inget sebentar lagi kamu ketemu sama B”
Di ruang operasi, disuntik deh tuh obat biusnya di tulang punggung bawah. Emank dasar gue tegang yee, suntikan pertama ga masuk donk! Susternya bilang “relaks aja Bu” terus gue sautin “sus, saya pegang tangan suster ya, saya takut. Biasa saya kalo disuntik, pegang genggam tangan suami” Serasa di sinetron yee, bodo dah tapi emank gue takut en untungnya susternya ngasi abis itu gue jadi lebih relaks en suntikan kedua masuk deh tuh obatnya. Ga lama, gue uda ga bisa gerakin kaki. Rasanya berattttt deh tapi anehnya gue masih bisa ngerasain gerakan B di dalam. B nendang2 heboh sampe dokter anastesinya bilang “anaknya aktif banget Bu”. Ga lama dr. Budi datang en bilang mau mulai proses caesarnya. Gue terus2an berdoa biar lancar semuanya. Pas lagi proses, dr. Budi ada ajak ngobrol mungkin biar gue relaks x ya tapi bawaan gue uda celeng tuh, hahahaha eh ga lama gue denger “oweee owee oweeee”!! Langsung lega gue brarti B uda lahir, ga lupa gue doa lagi ngucap syukur sama Tuhan. Ga lama, B dibawa ke gue sambil susternya bilang “anaknya perempuan ya Bu, sehat dan lengkap” gue liat en cium B for the first time!!! Terharu bangetttttt, ga boong, priceless rasanya! Dari yang lagi celeng eh seger aja gitu liat B nangis kenceng, meleleh deh aer mata bahagia :’) Sempet IMD tapi itu diarahin sama susternya en ga lama secara itu ruangan dingin en B juga perlu dibersihin. Selesainya gue uda ga inget apa2, hahahahaha sungguh dah! Bangun2 gue uda di kamar ruang observasi lagi tapi keadaan gue masih belum sadar2 banget, masih ngantuk celeng. Kalimat pertama yang gue tanya ke Jo, “B mana? Kok ga dibawa kesini?” Ternyata emank B masih di kamar bayi buat diobservasi dulu nanti kalo gue uda pindah ke kamar perawatan baru deh B dianter ke gue πŸ™‚
14 December 2015
14 December 2015
Harusnya tanggal 14 itu gue uda diperbolehkan pulang, baik gue en Bryna sama2 dalam sikon yang sehat πŸ™‚ tapiiii karena ada satu masalah di rumah baru (kasur yang dibeliin nyokap gue tuh belum dateng2) jadinya qta ga bisa pulang donk. Kenapa ga pulang ke rumah nyokap?! Soalnya semua barang uda nongkrong cantik ganteng di rumah baru jadi lebih ribet lagi nanti. Alhasil Jo mutusin buat extend di RS. Iya!! Extend!! Keren kan serasa tuh RS hotel berbintang aje, wkwkwkwkwkwk tapi gue bilang ke Jo kalo extend, Jo kudu nemenin gue selama di RS. Gue ga mau sendirian walopun di ranjang sebelah gue ada pasien lain. Terus Jo tidur dimana? Dibawah kakakkkkkk, bawah lantai maksudnya. Nyokap bawain tiker sama selimut tebel buat Jo tidur disitu. Kasian c tapi gimana donk, gue ga mau ditinggal sendiri terlebih sehari setelah gue melahirkan Jo capcus ke LN, gue jadi berasa lonely aja *oke ini lebay, hahahaha tapi bodo ahh*
16 December 2015
16 December 2015
Peratiin deh, ada yang beda ga sama B di foto itu?! Yak bener *kayak gue denger aja tebakan kalian* di kupingnya B uda ditindik donk πŸ™‚ Ditindik pas mau pulang dari RS. Pas susternya mau bawa B ke kamar bayi buat ditindik, gue nanya apa gue boleh liat en dijawab “boleh kok Bu kalo Ibu tega buat liatnya” jrengggg lah gue kan mau liat ya berarti gue Ibu yang tegaan donk, seketika ragu tapi tetep lah gue maju buat liat, kapan lagi ada momen kayak gini *fix Ibu yang tega*. Prosesnya tuh cepet dink, awal ditindik B lagi tidur terus ditandain dulu tempat buat ditindiknya. Uda gue okein baru deh dokter beraksi. Nangis pasti ya tapi B hebat loh, nangisnya cuma sebentar uda gitu mah B tidur lagi, hahahaha..
Yuhuuuu!! Kelar deh birth story of Bryna *nyengir beban posting uda kelar, LOL*
Gue kembali mau ngucapin banyak2 terimakasih buat segala doa, semangat en hadiah2 yang diberikan ke gue en B. Itu sangat berarti buat qta berdua πŸ˜€
Ini emank telat tapi daripada engga sama sekali kan, hehehehe
happy christmas from Bryna (Jo & Ping2)
happy christmas from Bryna (Jo & Ping2)
baby J.B.K, family, jode wedding, JoDe's life, my life, pregnancy, thanks

Birth Story of J.B.K (part 1)

Uda siapin popcorn? Monggo loh kalo mau siapin dulu, hahahaha, oke dink capcus deh ya cerita kelahiran baby B πŸ™‚
Estimasi awal kelahiran B ada di akhir bulan Desember yang bertepatan dengan tanggal ultah gue tapi di trimester ketiga, estimasinya jadi maju karena berat badan B uda masuk ke 3kg. Jadi kalo berat bayi besar, HPL (hari perkiraan lahir) maju sedangkan kalo beratnya kurang, HPLnya mundur tapi ini bukan aturan mutlak ya. Tergantung sama sikon yang ada. Di awal2 bulan Desember, gue uda harap2 cemas, hahahahaha.
Jumat, 11 Desember entah kenapa abis mandi lagi mau pake baju, mendadak gue tuh sesek napas en kliyengan mau jatoh. Infoin ke Jo tapi mikir “ahh tar juga ilang” plus inget besoknya itu jadwal kontrol kehamilan, gue pikir ya sekalian aja jadi ajakan Jo ke RS ya gue tolak. Ada deh gue baring2 beberapa belas menit tapi kok rasa makin ga enak akhirnya gue minta dianter ke RS. Sebelum ketemu dr. Budi, kayak biasa ditensi dulu en hasilnya rendah. Nunggu bentar sebelum dipanggil en pas masuk, dokter bingung kok dateng lebih awal dari jadwal. Gue ceritain yang gue alamin terus langsung deh di USG.
Untuk keadaan B-nya sendiri normal en baik tapiiiiii di air ketuban gue ada infeksi. Di layar, air ketuban warnanya hitam nah sedangkan yang terpampang di layar ada beberapa bagian ada warna putihnya (kayak bercak noda). Dari sini, dokter uda minta gue test lab khususnya CRP (kadar protein). Terus gue pun cerita kalo beberapa belakangan ini gue sering dapet rembesan air di celana dalam tapi itu terjadi kalo gue beraktivitas banyak kayak jalan2, tapi kalo dirumah aja engga ada, bersih. Dokter bilang sepertinya itu rembesan air ketuban. Ditanya lah gue ada cek pake kertas lakmus ga, gue bilang ada beberapa x en hasilnya ada semburat biru. Kertas lakmus yang gue punya warnanya pink en kalo kena air ketuban muncul semburat biru (ga tebel2 amat). Langsung deh diminta pindah tempat ke kursi (yang kaki ngengkang) buat cek bener ga itu air ketuban yang rembes. Buka kaki en di cek, hasilnya bukan tapi gue bilang kalo ada semburat biru beberapa x gue cek, akhirnya donk di cek dalem. Berasa salah ngomong gue, wkwkwkwkwk. Gileee mamen, sakit!!! Terus hasilnya masih bukan air ketuban tapi tetep dokter bilang harus test lab plus CTG. Test lab deh gue en hasilnya kuar saat itu juga (nunggu se-jam). Kelar diambil darah, naiklah gue ke ruang observasi buat CTG.

image

Setelah baringan, dipasang semacam belt gitu ada 2 warna, pink sama kuning. Yang pink gunanya buat ngitung kontraksi yang terjadi sedangkan yang kuning buat tau denyut jantung debay.

image

Nah kalo ini kudu gue pencet kalo gue ngerasain gerakan debay selama di CTG.

image

Keliatan ya kertasnya? Itu hasil CTGnya πŸ™‚
Gue di CTG selama setengah jam en selama di CTG, prasaan gue campur aduk en untungnya ada Jo disamping. Ditenangin sambil dibilangin kalo semuanya akan baik2 aja. Hasil CTG, gue ada beberapa x ngalamin kontraksi (grafiknya tinggi) terus pergerakan debay en detak jantungnya juga bagus. Tinggal nunggu hasil lab deh ini, pas nunggu ya, gue ada WA2an sama grup Bumil-ers, line2an sama besties dengan maksud biar gue ga terlalu cemas tapiiii ga bisa!! Uda rembes aja donk air mata *cengengggg* gue takut! Takut B kenapa2. Takut takut yah pokoknya gue emank takut, ga oong!!
Setelah hasil kuar, qta dipanggil lagi ke dr. Budi en setelah dokter baca hasilnya, dia jelasin kalo kadar protein gue diambang batas yaitu 6 (harusnya tuh < 6) en saran dokter sebaiknya B dikeluarkan segera soalnya takut jadi kenapa2 di dalam. Denger hal ini, gue ciut nyali, hahahaha berasa belum siap aja ditambah lagi di hari Minggu itu, Jo ga di Indo sampe Senin. Gue ada tanya ke dokter kalo nunggu sampe Jo pulang gimana. Dokter bilang ya boleh aja tapi tar dikasi antibiotik terus 3 hari kemudian balik RS buat tes darah lagi. Bahas lagi sama Jo baiknya gimana en Jo maunya dikeluarkan sekarang aja. Gue masih gamang, dokter bilang coba dipikir baik2 dulu aja Bu. Ga beranjak tuh gue, duduk aja diem mikir. Akhirannya gue mutusin buat melahirkan saat itu dengan pemikiran gue ga mau B kenapa2 terlebih kalo gue harus nelen antibiotik en gue ga mau bayar tes darah lagi. Tokh cepet ato lambat, B akan dilahirkan kan. Setelah gue bilang mau melahirkan, gue bilang mau normal delivery jadi dokter ngasi induksi.
Keluar dari ruangan dokter, gue digiring ke kamar observasi lagi sedangkan Jo ngurus down payment buat biaya2 gue melahirkan. Ga lama nyokap gue pun dateng nemenin. Selama di ruang observasi, yang paling engga banget itu gue di cek dalem lagi. Diminta relaks, yaowooo mana isooo ya *nangis2 di pojokan* sama dikasi obat buat pencahar. Waktu susternya ngasi (lewat bawah) uda dibilangin “tahan sampe bener2 mules ya Bu” gue kira efek obatnya akan lama jadi bisa ditahan2 sampe mules eh taunya cepet aja tuh obat bereaksi. Ga ada deh bisa tahan2, hahahaha langsung ngacir ke WC.
Kelar dari WC, dikasi gelang yang isinya nama, dob, kode rekam medis sama barcode.
image
ga bisa request warna nii, LOL
Terus mulai deh dipasangin alat2 buat infus induksi yang rasanya sakit sodara2 *uda sakit kudu bayar pula*

image

Gue ada tanya sama susternya kira2 berapa lama induksi ini akan bekerja en katanya sekitar 6jam lagi. Jadi prediksi gue, di jam 8 malam (infus induksi dipasang jam 2 siang) akan mules2 donk ya. Ga berapa lama, gue teler loh, hahahahaha. Itu induksi apa obat bius dah :p Bangun2 uda sore en gue belum ngerasain apapun, masih bisa ngobrol sama Jo, nyokap en ade2 bahkan nyengir buat foto2, wkwkwkwk

image

image
ngasi semangat buat B, muahhh!!
Sampe di jam 8 malam en berlanjut sampe subuh2, gue sama sekali ga ngerasain mules2 yang melilit gitu. Ada mules tapi masih bisa gue tahan tapi ya uda abis itu bahkan kata Jo pas tidur aja gue ngorok, LOL! Jo sama susternya bingung! Gue rasa itu induksi kalah kuat x ya sama lemak2 gue, hahahaha.. Cuma setelah diinduksi itu emank berasa tuh pinggang kek pegel2 ga nyaman, tidur juga ga bisa sampe pewe2 amat *boong lo Ping, buktinya ngorok* wkwkwkwk. Sedangkan Jo yang nemenin gue itu ga bisa tidur sama sekali. Tidur di kursi lipet terus tiap gue gerak dikit buat ganti posisi tidur en mau ke WC, Jo pasti bangun *duileee suami siaga* sekadar buat cek keadaan gue en nganter gue ke WC buat pegangin itu infusan.
Subuh2nya sekitar mau jam 5an, suster cek sikon gue plus dia ijin cek dalem en entah gegara gue baru bangun juga x ya, ga sakit loh. Gue relaks bangetttt! Hasilnya?! Pembukaan cuma 1 cuy, huahuahuahua padahal induksi yang dikasi uda 2 botol!! Suster minta gue sama Jo nunggu sembari dia info hal ini ke dr. Budi en sekalian tanya baiknya gimana buat gue terlebih itu uda 2 botol induksi tapi ga ngefek apa2 di gue.
So, apa keputusan dr. Budi?!
Apa gue sama Jo setuju sama keputusan dr. Budi?!
Biar penasaran ya ditunggu ya cerita selanjutnya *dijejelin induksi lagiiii*