28 weeks (OSIOTW)

Yeay!! Masuk juga ke TM3, hehehehe. Satu sisi seneng karena bisa dibilang bentar lagi kan ketemu sama dede (FYI, qta panggil dede, Bboy aja ya) tapi di satu sisi lagi gue punya semacam ketakutan dalam proses melahirkan x ini. Iya c emank sesar lagi tapi mungkin karena x ini uda pasti sesar en terencana kok rasa2nya gue jadi takut sendiri. Ngebayangin masuk ruang operasi nanti, proses dikasi suntik bius, proses dibelek en proses2 lainnya. Padahal pas sesar B kayaknya gue ga setakut ini *meringis* Gara2 ketakutan ini, gue ada beberapa x bener2 ga bisa tidur enak. Kebayang2 en kepikiran. Alhasil Jo komplen en bilang jangan terlalu dipikirin lah, semua akan baik πŸ™‚
Hasil USG sama dokBud, Bboy sehat en baik2 di dalam perut gue. Tergolong aktif pula anaknya πŸ˜‰ en lagi2 sama dokBud dibilang “ini uda pasti laki ya anaknya” wkwkwkwkwk. Gue rasa dokBud semacam trauma ya sama gue en Jo mengenai gender, LOL! Beratnya Bboy uda 1.3kg tapi dokBud bilang ini hasil perkiraan kasar jadi kurangin sekitar 10% aja mendingan. Terus cek punya cek, gue agak kaget pas liat dilayar USG itu ukuran kepala Bboy itu hasilnya untuk yang 32w lah kan gue baru 28w yak terus dokBud langsung jelasin tanpa gue tanya. DokBud bilang untuk hal ini ga bisa dijadiin acuan 100% terlebih bentuk kepala kan beda2 en kalo diliat dilayar itu bentuk kepala Bboy lagi melebar makanya terlihat seperti usia 32w. Sampe qta mau pulang, dokBud masih bilang ke gue en Jo ga usah kuatir tentang ukuran kepala itu, ga ada yang perlu dikuatirkan tokh smua perkembangan Bboy baik organ2, berat badan, panjang en yang lain itu bagus en normal πŸ™‚
Karena uda masuk TM3, jatah check up ke dokter jadi 2minggu skali yang artinya Jo akan lebih sering buka dompet, wkwkwkwkwk. Terus di usia 28w ini juga, qta kembali “nabung” depomil di Hermina. Ohya, FYI kalo ikut depomil, tiap transaksi nabung kan dapet struknya nah itu sebaiknya disimpen sendiri tow ga distaples deh di kartu depomilnya. Naon?! Soalnya bagian kasir akan cek ulang terus di akhir masa pembayaran RS nanti itu struk2 perlu dikembaliin ke mereka.
2minggu kemudian, gue balik buat kontrol Bboy lagi en x ini ketemuan juga sama ceem *alo alo Epoi* lumayan kan jatah nunggu bisa ngobrol2 en ngegosip, hahahahaha.
Hasil kontrol kurleb sama ya bedanya di berat badan Bboy aja yang naik jadi 1.8kg πŸ™‚ Kalo kata dokBud, kalo ini berat naik terus en sesuai dengan grafik yang ada bisa2 Bboy itu beratnya 4kg pas 40w terus gue cengok!hahahaha secara kok gede amat tapi karena gue sesar kan ga mungkin nunggu sampe 40w. Gue seneng2 aja c kalo beratnya Bboy naik terus brarti apa yang gue makan itu kemakan juga sama Bboy *ga sia2 badan mama melar ya Nak, ahahahaha*
Kalo ukuran kepala, puji Tuhan kayak yang dokBud bilang. Ga ada yang perlu dikuatirkan karena pas di cek itu sesuai dengan umurnya Bboy di dalam kandungan πŸ™‚
Abis USG, Jo nanya ke dokBud kalo proses lahiran Bboy di tanggal 11 Nov boleh/bisa apa ga ya? Hal ini didasarkan keinginan qta doank aja, hehehe pikir kan B itu 12 12 nah gimana kalo Bboy 11 11 tapi ya itu qta tetep balik nanya dulu ke dokBud, ga pengen sampe ini jadi masalah nantinya terutama buat Bboy en gue. Ternyata dokBud bilang sebaiknya jangan karena usia kandungan gue di tanggal 11 itu baru 36w lebih 5hari, terlalu awal en riskan. Menurut dokBud lagi, lebih baik jangan dipaksa melahirkan kalo usia kehamilan baru segitu. Lebih baik di usia 37-38w so prediksi lahirannya Bboy di 14-21 Nov πŸ™‚ Berdasar penjelasan dokBud, gue sama Jo ngikut aja karena qta tau kalo dokBud pasti lebih paham deh ya dari segi medis yang baik. Ga tanggal 11 11 juga ga apa2, yang penting baik gue en Bboy itu sehat en selamat πŸ˜€
Di usia kehamilan ini, frekuensi bolak balik WC mulai intens. Dalam waktu setengah jam, ada kali 2-3x. Yang paling ga enak itu kalo uda mau tidur di malem hari deh. Uda mau pules tidur eh kepengen pipis, haiya! Sampe2 jadi engga ngantuk gue-nya. Pas nonton bioskop juga sama, wkwkwkwk. Lagi seru2 eh mau pipis donk. Dilemma ini gue. Pipis kok nanggung ya lagi seru tar ketinggalan donk jalan ceritanya tapi kalo ga pipis kan juga ga bisa, kan ga boleh ditahan2. Alhasil ya pipis deh, merelakan sepenggal jalan cerita film bioskop.
Umm, gue mulai kembali bebenah baju2 NB lamanya B, pilah2 mana yang kondisinya masih bagus en engga terus mau mintol ke ART buat cuciin. Selain baju2, peralatan perang alias pompa juga uda gue kuarin plus gue charge buat tau masih oke apa ga. Jaga2 aja, kalo ga oke kan bisa diservis dulu tapi untungnya masih baik. Botol2 kaca buat ASIP juga uda gue cuci2in sendiri. Tinggal rakit ulang box bayi sama vakum car seat buat Bboy nanti πŸ˜‰
Doakan ya manteman supaya segala sesuatunya dilancarkan terlebih proses kelahiran Bboy nanti, amien!!
P.S. : thanks bangettt bangettt buat manteman yang uda pada ngirim blessing gift buat Bboy *U know who U are* sini gue cium mesrah kalian atu2 :* baik itu barang baru tow lungsuran, gue en Jo sangat2 hargain itu πŸ˜€ sangat berguna en membantu sekaliiii πŸ™‚
Advertisements

24 weeks (OSIOTW)

Hampir sama kayak 20 weeks kemarin, gue ada bawa dede ke negara tetangga lagi, hehehehe itung2 jadi last flight dink sebelum masuk TM3. Sebenernya c sama dokBud masih boleh aja dikasi flight walo uda TM3 tapi kalo gue runtut2 lagi, cukuplah flight sampe TM2 aja secara gue sendiri fisiknya uda ga gitu kuat dah kalo disuruh jalan2. Jalan2 di mall lama2 aja gue uda cape, mending goler2 dirumah dah.
Di pemeriksaan masuk ke 24weeks ini, dokBud ada ngomomg “kenaikan BBnya lumayan ya bulan ini” wkwkwkwk jadi malu dah gue, iya naik nyaris 3kilo kakakkkkk. Dokbud bilang c ga papa selama kenaikan BB gue ini sejalan dengan kenaikan BB dede tapi dia tetep saranin jangan naik banyak2 lagi tar susah kalo mau dietnya *lah* ahahahaha bener loh dokBud yang bilang gitu.
Perkembangan dede baik dari segi berat en panjangnya normal plus sesuai dengan umurnya πŸ™‚ Segala sesuatunya juga baik kata dokBud *puji Tuhan* terus Jo masih nanyain lagi ke dokBud tentang gender dede, wkwkwkwk, kuatir kayak pas B lagi nanti, LOL tapi dokBud bilang “ini pasti laki kok, kalo sampe salah, saya brenti deh kasi tau gender ke pasien” sambil cengegesan, hahahaha

17-08-20-13-31-23-591_deco

Gue juga ada info ke dokBud kalo abis operasi sesar nanti (iya gue bakal sesar lagi, uda ya jangan tanya2 knp ga cba normal, knp kudu sesar lagi, dll. Mau normal atau sesar tetep jadi seorang ibu kok shay), gue mau langsung dipasangin spiral aja en kata dikBud selama kondisinya baik kayak ga ada pendarahan misalnya, spiral bisa langsung dipasang. Bagus deh jadi ga kuar ongkos dokter 2x, hehehehe :p Menurut dokBud juga spiral ini KB yang aman tapi tetep kudu kontrol rutin jangan sampe ga kontrol sama sekali karena bisa aja itu spiral geser tow gimana *siap Dok*
Kelar dari dokBud, gue sama Jo melipir ke area depomil. Yaps karena uda 20weeks lebih usia kandungan, uda boleh ikut depomil. Depomil ini minimal 3x bayar cicilan. Besarnya angka yang masuk tergantung dari qta mau dapet diskon yang berapa. Kalo diskon 5%, angka yang masuk kudu 20% dari total biaya lahiran tapi kalo mau diskon 7,5%, angka yang masuk kudu 50%. Jelas gue ngincer yang 7,5% donk, wkwkwkwkwk, maklum shay gue modis (modal diskonan) orgnya. Kalo uda ikut depomil, otomatis sekalian buking kamar. Disini gue sama mintanya kamar kelas 2 aja, kayak waktu buking kamar melahirkan B *syukur2 bisa diupgrade sama pihak RSnya kayak pas B jadi kamar kelas 1 tapi bayaran kelas 2, xixixixixi* Kalo ga mau ikut depomil tapi mau buking kamar juga bisa kok, kayak pas gue dulu aja karena ga tau ada depomil, huhuhuhu en bisa juga sistem deposit nabung biaya melahirkan di RS. Bedanya kalo sistem deposit nabung ini ga ada diskonnya.
17-08-18-17-22-43-634_deco
kartu depomil *ini harus selalu dibawa terutama kalo mau bayar2*
17-08-18-17-23-23-624_deco
isi kartu depomil
17-08-18-17-24-19-324_deco
kalo abis buking kamar, dapet kartu ini. didalemnya tersedia jadwal kelas2 macam kelas senam hamil, kelas laktasi, dll yang bisa qta ikutin secara gratis
En akhirnya, di kehamilan ini gue kembali ngerasain yang namanya heartburn 😦 Duh rasanya beneran ga enak en menurut gue ya, rasa sakit plus ga enaknya kayaknya lebih gede ketimbang pas hamil B dink. Heartburn ini sendiri gue rasain lebih cepet datengnya. Pas B itu uda di TM3 sedangkan sekarang gue masih di TM2. Paling ga enak itu kalo abis makan deh sama kalo duduknya ga tegak kek agak ngebungkuk, aduh itu sakit banget bagian dada tengah bawah πŸ˜₯ en biar berasa enakan itu kalo gue baring2/duduk tegak tow agak merebah punggungnya. Heartburn ini bisa timbul karena faktor makanan juga c, kayaknya gegara gue makannya masih suka yang pedes2 sama jadwal makan gue itu acak kadut jadinya suka nimbulin asem di lambung yang berimbas muncul heartburn. Semoga dink balada heartburn ini lekas berlalu, amien!
17-08-18-13-27-11-303_deco
me with baby bumps

 

20 weeks (OSIOTW)

Sebelum panjang kali lebar, gue mau bilang kamsia banget2 buat manteman bloggers yang uda ikutan GA perdana gue πŸ˜€ Ga nyangka banyak yang ikutan, hehehehe en seperti yang gue janjiin, GA ditutup pas tanggal 22 Juli (sabtu) en pengumuman pemenangnya di 24 Juli (Senin). CONGRATZ buat pemenang hadiah pertama, Mel O; hadiah kedua, Fanny en hadiah ketiga, Dea *tebar2 confetti* Buat yang belum beruntung, jangan berkecil hati, siapa tau gue akan adain GA lagi tow ada temen bloggers lain yang adain GA *lirik jeng Mira, ahahahaha*
Oke, skarang back to the topic ya πŸ˜‰
Biasanya gue kontrol bulanan itu sehari sebelum genep bulannya. Kayak sebulan, dua bulan, dstnya itu jatohnya di tiap hari Selasa nah jadwal kontrol gue di hari Senin tapiiii kontrol kali ini beda dari sebelumnya. Gue dateng lebih cepet gegara gue mau ikut terbang ke negara tetangga, hehehehe.
Ini flight pertama gue dalam kondisi hamil en jujur buat gue mikir “aman ga ya, tar knp2 ga ya, desebre”. Gugling punya gugling pada bilang aman terlebih kalo ga ada riwayat apapun di kehamilan terus gue ada tanya2 sama Fanny juga. Setelah uda yakin kalo semua akan baik2 aja, dibelilah tiketnya sama Jo. 4 hari sebelum capcus, Jo bilang ke gue buat kontek dokBud baiknya gimana en perlu ga kontrol dulu. Ya uda gue WA ternyata dokBud minta gue kontrol dulu. That’s why dink jadwal kontrol gue maju.
Kontrol x ini bisa dibilang mendebarkan, LOL secara gue dag dig dug apa dibolehin ga ya sama dokBud buat terbang terus apa gender dede uda bisa ketauan jelas πŸ˜€ Selidik punya selidik, kondisi gue en dede itu baik (puji Tuhan) terus berat badan gue di bulan ini malah naik 2kg, haiyaaa tapi senengnya berat dede pun naik lebih banyak πŸ™‚ Dengan kondisi yang semuanya baik, dokBud bilang ga masalah kalo mau terbang tapi doi tetep resepin gue penguat kandungan hanya buat jaga2 aja.
Tentang gender!hehehehe ini yang paling dinanti2 ya πŸ˜€ Gue cerita dulu ya bentar. Jadi beberapa hari sebelumnya, gue ada tanya2 ke dede “gender kamu apa ya de?” terus gue pake cara pas dulu hamil B. Kalo cowok/cewek ya nendang2 tow gerak2 ya en itu gue itung dari 1-10. Awal2 gue tanya itu c dede gerak2 baik di gender cewek en cowok, wkwkwkwkwk, gue sampe pusing mikirinnya :p tapiii akhirnya berbuntut di 1 gender yang dijawab dengan pasti sama dede *tsahhh*
Balik ya ke waktu kontrol. Pas di USG, dokBud nanya “filingnya apa ini buat gendernya?” en gue jawab kalo filing berdasar komunikasi saya sama dede itu cowok Dok. Eh dokBud-nya cengar cengir sambil bilang “iya betul, ini fix cowok ya” sambil ngasi liat monasnya c dede en buah zakarnya, ahahahahaha. Terjawab sudah ya gender dede πŸ™‚ Buat yang menang GA-nya, selamat ya en enjoy the gift! πŸ˜€
PhotoGrid_1501315034143
monasnya dede πŸ˜‰
Sekarang gue mau ceritain pgalaman terbang dalam kondisi hamil. Pas di dokBud itu, gue dibekali sama doi obat penguat kandungan sama surat pengantar boleh terbang. Kedua hal itu gue bawa en ternyata sama pihak airlines-nya emank diminta itu surat pengantarnya terus gue kasi sambil bilang ke orangnya buat difotokopi aja soalnya kalo gue kasi bener2 aslinya lah tar dari negara tetangga minta juga, gimana coba. Masa ga pulang gue?! En dibolehin buat fotokopi terus gue ada isi formulir yang menyatakan gue sehat en hal2 lainnya.Β 

 

PhotoGrid_1501314799954
surat dari dokBud
PhotoGrid_1501314683210
surat keterangan penerbangan
PhotoGrid_1501314758407
(lagi) surat keterangan penerbangan
Iklan dikit ya : penerbangan ini juga x pertama buat gue naik airline burung gede biru (biasanya kan naik yang warnanya merah putih) plus x pertama juga ke T3!xixixixi bagus ya T3 ituuuu, keren deh dalem2nya *norak :p
Selama nunggu, gue agak ga tenang, abisnya beneran mikirin dede di perut tapi dipikir2 kan gue kudu relax ya. kalo gue-nya ga relax malah dede juga ga relax nanti. Sepanjang penerbangan, aman kakakkkk!! Pas landing pun, aman πŸ™‚ Karena qta terbangnya dari T3 jadi landingnya di KLIA1. Pas liat KLIA1 kok beda jau ya sama KLIA2 (anggepannya kayak T3 sama T2) terus di KLIA1 ini gue kena jackpot 😦 Ceritanya sebelum ke imigrasi, gue kepengen pipis en WCnya lagi perbaikan jadi diminta ke WC buat org2 kebutuhan khusus. Ya udah gue masuk deh tuh terus sekilas ya layaknya WC pada umumnya kan eh pas gue lagi pipis, buset deh dari klosetnya en area sekitarnya tuh berbau pesing pake BANGET!!! Beneran pesing!! Awalnya gue uek2 tapi buntutnya isi perut gue kuar smua (T____T) *efek abis makan juga di pesawat* Keadaan makin parah lagi dimana wastafel tempat gue muntah tuh ga bisa bersih, matek dah!! Kayaknya itu wastafel emank mampet. Udah deh sama Jo dipanggil CS buat mintol dibersihin sedangkan gue juga nenangin diri (kayak minum en oles2 minyak angin) abis muntah tadi.
PhotoGrid_1501314840284
makanan yang ga sempet diolah sama lambung gue
PhotoGrid_1501314869866
makanan yang selamat nyaman di lambung
Lepas dari kejadian itu, keadaan gue sama dede baik2 aja selama di negara tetangga bahkan pas landing di Jakarta pun juga aman. Cumaaaa ga oong ya, mau jalan2 disana uda ga kuat. ahahahaha, capeeee banget yang ada. Gue cuma jakak agak jauh demi locupan yang lagi gue idam2kan en itu adanya di Lot10. Kelar dapet yang gue idamkan, gue ngedon aja di kamar hotel sedangkan Jo sama yang lainnya gawe, hehehehehe.
PhotoGrid_1501314601798
locupan favorit banget!! tiap gue ke Malay, gue pasti makan ini en selalu di tempat yang sama. rasanya enak bambang, manis ada pedesnya pun ada terus yang buat nagih ada minyak b2 yang garing2 kriuk πŸ™‚
Kalo ditanya kapok ga terbang selama lagi hamil ini, engga c, seru2 aja tapi kayaknya ga bisa sering2 dah. Gue kebanyakan mager-nya, hahahaha mending di rumah aja kalo gitu.
Di umur kehamilan sekarang, tendangan dede di perut makin ga santai, ahahaha sampe2 gue ngerasa ngilu2 tapi gue anggepnya brarti dede lagi happy tow aktif bener πŸ™‚ Gue inget pas waktu hamil B, gue ga bisa tidur dalam posisi hadap ki-ka en tiap gue coba hadap ki-ka, B pasti ga santai geraknya sedangkan hamil dede, gue ga ga bisa tidur hadap kanan. Dede maunya gue tidur terlentang tow paling banter hadap kiri. Kalo gue iseng hadap kanan, ga santeee c boss dede di perut geraknya.
Frekuensi ke WC pun uda intens, gue merasa ini lebih cepet deh daripada pas hamil B. Waktu B, gue mulai intens ke WC itu pas di trimester ketiga tapi gue skarang baru di trimester kedua eh uda intens bener, ahahahaha. Emank bener ya kata orang2, hamil pertama en kedua (en ketiga en keempat en seterusnya) tuh ga bisa disamain. Pasti ada bedanya.
Segitu dulu dink update perkembangan dede, qta ketemu lagi ya pas 24 weeks nanti, muahhh!
PhotoGrid_1501314921471
pulang2 uda 20 weeks preggo

16 weeks (OSIOTW)

Waktu cerita ini tayang yang jelas usia kehamilan gue uda lebih dari 16 minggu, hehehehehe gue yang telat update cerita dede di perut.
Dari hasil periksa tiap bulannya di dokBud, segala sesuatu tentang c dede normal en baik. Dari USG, keliatan sepuluh jarinya; tulang punggungnya; rangka mata; dua telinga; dll. Yang ga keliatan itu GENDER!hahahahaha. Iya c dede masih malu2 nii buat buka kakinya, malah asik jumpalitan didalem :p Semoga ya di kontrol berikutnya uda ketauan gendernya dede apa. Selain karena penasaran, gue juga mau adain GA tebak gender. Itung2 buat bagi2 berkat en kebahagiaan, aheyyy!
Ohya, gue juga uda bisa ngerasain gerakan dede di dalem perut ini πŸ™‚ selain gerakan, bisa ngerasain juga tendangan2 c dede. Belum berasa sampe gimana ini tendangannya tapi seru aja pas ditendang halus sama dede. Berasanya kek orang norak yang baru x pertama hamil, ehehehehe πŸ˜‰
Pertambahan berat badan gue juga dibilang stabil dimana tiap bulannya nambah 1 kilo, en kata dokBud itu bagus jadi ga berlebih en ga kurang. Terus masalah kaki gue yang timbul bintik2 merah kayak bruntusan uda ilang blasss pas masuk trimester kedua ini πŸ˜€ Kulit kaki uda balik normal euy. Sepertinya emank bener ngaruh dari konsumsi karbo gue yang balik normal terus gue sampe sekarang masih pake sabun baby tapi yang batangan (thanks to Aina info merk sabunnya). Selain jadi ga perih di kulit badan eh entah kenapa kulit gue juga ga terlalu kering sekarang2 ini πŸ˜‰
Perkembangan lainnya, kalo dulu di trimester pertama gue eneg bleneg sama yang namanya ayam, sekarang uda engga lagi donk, yeay!! Awal mulanya gue iseng2 beli pecel ayam depan rumah, niat hati mau gue gado-in aja. Kalo ga bisa makan ya gue kasi ke Jo, xixixixi eh taunya ludes sodara2 XD terus berlanjut di minggu kemarin Jo ngajakin makan ayam di kakek janggut putih. Awalnya cuma mesen 2 ayam buat qta masing satu tapi abis itu gue cuci tangan en balik ngantri buat beli lagi, hahahaha. Lumayan deh ya bisa makan 1 ayam en 4 biji chicken strip-nya kakek janggut putih
Mumpung usia kehamilan belum tua en perut belum gede2 amat, gue manfaatin waktu buat bebenah baju2 NB punya B. Emank c gender belum ketauan tapi pikiran gue kalo baju2 NB kan biasanya general jadi mau cewek cowok ya bisa pake tokh pas gue bongkar kebanyakan baju NB-nya B emank bener general dari segi warna en motifnya. Baru gue pisah2in aja c, kalo nyuci2nya tar aja dink pas mau deket2 bulan lahir c dede. Dari bebenah baju, gue juga bebenah kamar buat dede nanti. Ga khusus buat dede sebenernya tapi lebih buat gue sama dede tidur di kala siang hari. Ups, dede tidur gue mah mompa kayaknya, hahahaha *balada buibu pejuang ASI*. Kenapa ga bareng2 di kamar utama? Soalnya kalo bareng2 dijamin salah satu dari B tow ga c dede keganggu dink jadi mending dipisahin dulu. Tapi tetep ya gue akan kasi waktu juga kok buat B en dede buat punya bonding time. Misal kalo dede ga tidur ya uda main2 aja sama B di kamar utama tow ga kamar satu lagi ini. Pisah ini cuma buat siang hari aja, kalo malem ya uda qta amprokan b4 nanti, hehehehehe.
Bebenah2 ini gue lakuin sekarang2 juga ngeliat sikon ade gue c Fang2 lagi libur sekolah jadi bisa bantu gue buat ngawasin B di kala gue bebenah. Ga cuma Fang2 tapi mba L pun ikut bantu2. Gue emank uda sounding ke mereka b2, abis kelar libur lebaran mintol bantuin ya en bersyukurnya mereka mau bantuin πŸ˜€
Bebenah barang uda, nah bebenah uang buat lahiran juga sedang qta (baca : Jo, hahahaha, ga dink gue juga) lakukan. Tengah trimester pertama uda mulai qta lakukan sebenernya mengingat harga melahirkan di Hermina itu uda naik banyak. Terus karena tau bakal dapet diskon kalo qta ikut depomil, makin lebih semangat lagi buat siapin uang melahirkan ini (gue modis soalnya, modal diskonan, wkwkwkwkwk). Ikut depomil baru bisa dilakukan kalo usia kehamilan uda 20 minggu, alhasil gue tabungin dulu deh uangnya di tabungannya c dede. Nanti kalo uda 20 minggu, gue transfer ke depomilnya Hermina *idup diskon!!* xixixixixi.
Sekian cerita update-annya tetep ya gue minta doa2nya supaya gue sama dede sehat2 terlebih buat dede biar tumbuh normal en tanpa kurang suatu apapun, amine! Eh iya, sama doain juga dink biar gendernya lekas kelihatan plus jelas juga jadi kan ga usah USG 4D, hehehehe πŸ™‚ Mamaciii ya manteman, muahhh!!

12 Weeks (OSIOTW)

Jujur gue sendiri berasa kok cepet bener tau2 uda 12minggu aja usia kehamilan ini. Awalnya gue itung2 itu masih di 10minggu en dokBud pun pas ketemu gue lagi (22/5) juga bilang “sekarang usianya 10minggu ya” eh pas di-usg, dokBud bilang “ini usianya uda 11minggu 6hari” lah toeng2, ahahahahaha. Yang buat makin kaget lagi, pas gue liat dede itu kok uda gede banget. Uda keliatan kaki en tangannya :’) en iya pas diukur emank usianya uda lebih dari 10minggu. Tanggal HPL pun ikutan maju. Tadinya perkiraan dede lahir di tengah bualn Desember tapi sekarang jadi di awal bulan Desember. Mentok2 di akhir bulan November deh *padahal gue ngarep lahirnya Desember aja, hahahaha tapi ga apa2 dah kalo pun November, yang penting dede en gue selamat en sehat semua*
Dari hasil usg, dede keliatan aktif banget! Tangan sama kakinya itu ga bisa diem, hahahaha, gerak sana sini. Jo bilang “waduh ini calon2 pengikut encinya nii, ga bisa diem” LOL.Β  Terus dokBud bilang kalo bagian belakang leher (nuchal translucency) dede itu ga tebel, alias tipis en itu tandanya bagus. Yang artinya kalo tipis itu jau dari hal DS (down syndrom) sedangkan kalo tebel, kebalikannya. Puji Tuhan!! Bersyukur! Pas dengernya langsung seneng en bersyukur πŸ™‚ Kalo tentang kelengkapan organ, belum terlihat sekarang2 ini sama halnya kayak gender, hahahaha.
Jadi gue ada tanya sama dokBud, gendernya uda keliatan belum en pas diubek2, dede ga bisa diem banget jadi ga keliatan deh. DokBud iseng tanya2 maunya cewek apa cowok. Dijawablah sama Jo, kalo Dewi maunya cewek dok biar barang2 anak sebelumnya bisa nurun ke dede en kalo saya, bebas deh. Sebenernya Jo uda punya feeling cowok tapi entah kenapa makin kesini, feeling dia jadi cewek, hehehehehe. Ohya, sembari dokBud ubek2 cari gender, Jo nyeletuk “Dok, kali ini kudu bener ya Dok, kudu yakin Dok” wkwkwkwk soalnya qta inget banget pas hamil B, dokBud bilang itu cowok eh taunya berubah hasilnya, dia bilang cewek makanya itu buat qta jadi bingung sampe berujung qta ikut 4D biar lebih pasti πŸ˜€ Tapi yang x ini mah kalo uda pasti cewek tow cowok, gue pikir ga mau 4D lagi *biar ga buang2 duit*
Di pertemuan sama dokBud x ini, gue nanya hal yang lagi ganggu gue blakangan ini. Entah kenapa mendadak kulit kaki gue muncul bintil2 kasar macam bruntusan gitu. Awalnya itu di kaki kanan terus ke kiri juga. Anehnya lagi ini terjadi di area luar dari kaki aja, area dalemnya kagak. Yang buat gue makin mau tanya karena bintil2 ini mulai muncul juga di tangan kanan. Terus efeknya muncul rasa gatel banget, pengen rasanya gue garuk tapi gue tau itu ga boleh. Selain gatel, kalo abis mandi itu rasanya perih!
PhotoGrid_1495599811152
bintil2 nan kasar
Setelah di cek sama dokBud, penyebabnya adalah kurangnya karbohidrat. Inget kan ya kalo gue diminta kurangin karbo gara2 eneg2 mual nah itu emank gue ikutin. Berasa c emank selama gue makan karbo ga banyak, rasa eneg itu ga muncul sering2. Eh taunya berdampak ke kulit gue. Kan gue lebih banyak makan yang mengandung protein en lemak, terus lewat donk ke proses pembakaran didalam tubuh nah itu yang sebabin munculnya bintil2 bruntus. Jadi kayak terlalu banyak protein en lemak di dalam tubuh gue. Alhasil sekarang dokBud minta perbanyak makan karbo terlebih uda masuk trimester kedua, asumsi harusnya rasa eneg2 mual uda jau berkurang. Selain itu, gue diminta mandi pake sabun bayi aja biar ga perih2 kulitnya. Oh sama gue juga pakein bio oil ke kulit πŸ™‚
Sampe hari ini, bintil2 bruntus masih ada. Masih gatel juga tapi uda ga perih2 lagi. Efek juga ya mandi pake sabun bayi, hehehehe. Semoga perbanyak makan karbo en pemakaian bio oil bisa ngebantu ilangin bintil2 bruntus ini deh πŸ˜€
PhotoGrid_1495599045670
u’ve got hellow from the youngest B

 

2 Weeks Later…

Nyambung cerita ini, di tanggal 24 itu tanggal yang gue nanti2 dengan harap2 cemas. Ya abisnya dokBud ada bilang tentang janin diluar kandungan kan buat gue takut.
Berhubung tanggal 24 itu hari libur, RS sepi ya boo. Biasa ambil nomer aja antri eh ini kagak loh. Naik lift aja ga pake rebutan, hahahaha. Sebelum ketemu dokBud, kayak biasa kudu ditimbang en tensi dulu. Semuanya normal, tensi maksudnya, hahahaha. BB ga normal alias uda naik jadi 58 kg *bye jarum ke kiri*
Berhubung ga ada pasien lain jadi gue dipanggil duluan ketemu dokBud. Masuk2 disambut sama senyum sumringah ini dokter. Langsung diminta baringan en diusg dink.
Raba punya raba (alat usg di perut), dokBud bilang “ini keliatan ya yang hitam kantung rahimnya terus yang bulat putih ini janinnya en semuanya normal”. Gue entah kenapa spontan nanya “jadi janinnya di kantung kandungan kan Dok?” Ahahahahaha.. Gue kek butuh penegasan lagi! En dijawab “iya” sama dokBud. Lega gue!! En gue yakin Jo yang daritadi ngeliatin dalam diam juga pasti legaaaaa.
Gue kira uda kelar eh taunya dokBud bilang “ini detak jantungnya sepertinya bisa didengar, sebentar ya” Ga lama kedengeran bunyi detak jantung debay. Yaowoo, rasanya bener2 emejing!!! Beneran deh gue terharu pas dengernya. Iya ini bukan kali pertama harusnya buat gue denger detak jantung tapi entah kenapa rasanya tetep ruarbiasakkk terharu!! *bilang gue lebay, silahkan, ahahahaha* Kalo liat di monitor, pas berdetak itu kek kelap kelip janinnya :’)
Kelar usg, gue ada tanya ke dokBud kenapa kehamilan sekarang ini gue sering banget mualnya tapi ga muntah. Kalo kata dokBud karena hormon kehamilan gue tinggi en kurang gerak (disarankan olahraga) terus kalo bisa kurangin makanan yang serba karbo karena itu memicu mual2, banyakin protein aja. Hal ini termasuk juga dengan minum air madu. Jadi kalo dulu pas hamil B, ga apa2 minum air madu karena gue banyak gerak (masih kerja saat itu) sedangkan kalo sekarang gerak ga sebanyak dulu. Madu termasuk karbo yang memicu mual2. Ya kalo dipikir2 apa yang dokBud bilang bener juga. Dulu gue kerja jadi fokus gue terpecah, kek ga sempet rasain tow mikirin mual nah sedangkan sekarang, gue sehari2 di rumah en urus B plus rumah jadi ga seaktif dulu.
Bisa dibilang emank kehamilan kedua ini jau beda sama kehamilan gue yang pertama, khususnya di bagian mual2 eneg itu en stelah gue itung2 *iyee emank ga ada kerjaan gue* ada 4x muntah gegara mual2 eneg entuh. Terus biasanya kalo gue nyium bau pup B tuh biasa aja, kalo sekarang, waduh!! Gue sampe uek2 lebay ciumnya. Perjuangan dah kalo mau cebokin B, huhuhuhu. Perbedaan lainnya, gue jadi susah buat makan. Pas hamil pertama, apa aja gue makan dengan gampil bahkan ga picky. Kalo sekarang, yaowooo susee bener kakakkkk. Yang biasanya doyan ayam eh ini ga mau. Biasanya suka asin en pedes, ini ogah banget. Terus yang nyiksa itu gue kudu kelar makan dalam keadaan ga laper en ga kenyang. Kalo over, dijamin mual2 eneg abis itu. Kalo pas hamil pertama juga, ga banyak makanan yang gue pengenin, ya biasa aja tapi hamil kali ini, gue lebih banyak kepengennya tapi ya gitu. Pas uda depan mata itu makanan emank gue makan tapi sukaan ga abis *kemudian gue sodorin ke Jo*
Perbedaan yang gue alami ga buat gue ngeluh2 gimana c, karena emank dasarnya pada bilang hamil pertama en kedua bisa aja beda. Gue cuma berharap keadaan mual2 eneg ini lekas berlalu.
Terlepas dari itu semua, lagi2 gue berdoa en berharap, anak di perut gue tumbuh sehat, baik en tanpa kurang suatu apapun, amien!! Doakan ya manteman, mamaciii :*

Our Second is On The Way

Uda ngeh lum dari judulnya mau cerita apa?! Kurang lebih sama kayak judul di cerita ini cuma yang ini versi kedua πŸ˜€ yups, em a preggo woman (again) πŸ˜‰
Pernah ya gue cerita dimari kalo gue sama Jo emank berencana buat nambah anak lagi tapi qta ga ngoyo. Kalo pun gue telat mens terus gue test en cuma muncul garis satu, ya uda ga pake enyess kayak sebelum2nya. Mikirnya waktu itu “mungkin belun waktunya tow mungkin belum rejeki.”
Pas gue mens di bulan Maret, entah kenapa gue wanti2 ke diri sendiri “ni Ping ingetin tanggal lo mens itu tanggal 6 ya, inget! Jadi kalo bulan depan hamil en ditanya dokter kapan tanggal terakhir mens, lo bisa jawab” Serius dah gue ada pikiran kek gitu, ga tau kenapa, wkwkwkwkwkwk. Uda kayak nomer undian aja gue ingetin sgala. Terus biasanya di awal bulan, gue selalu ganti warna kutek gel di jari2 tangan tapi entah kenapa jelang masuk april, gue ga semangat mikirin mau ganti warna apa ya. Malah mikirnya “kalo lagi hamil kan ga boleh kutekan” wadoh hamil aja belum tau gue tapi lagi2 mikirnya kesono. Terus lagi, gue kepikiran pengen nimbang berat badan en tau2 pas gue liat kok naiknya cepet amat plus dua angka-nya itu sama kek gue awal2 hamil B.
Masuk bulan April, di tanggal 6 eh gue ga mens. Gue kira besok2 deh mensnya, sapa tau hormon gue lagi ga bener jadi mundur jadwal mens. Tanggal 7, ga mens juga eh malah ketemu sama obgyn gue di MOI. Lah bisa ketemu gini en langsung mikir dalem ati “kayaknya hamil dah gue abis ketemu dokBud c” wkwkwkwkwk iya kalo itu c gue sambung2in aja, LOL. Tanggal 8nya juga sama, ga mens. Udah dah gue inisiatif beli testpack (TP) 2biji. Pas beli itu, gue info ke Jo kalo gue belum mens. Jo tanya emank hamil, ya gue mana tau makanya kudu test.
Tanggal 9 subuh, jam 2an (uda beberapa hari deh gue selalu bangun jam 2 subuh gini. Tanya kenapa) gue ambil TP sekalian emank mau pipis. Karena uda kebelet, itu pipis gue tadahin aja di kantong plastik, hahahaha terus gue celupin itu TP
PhotoGrid_1491893564632
TP Pertama
*kucek2 mata* eh 2 garis loh, hahahaha tapi ini kan gue liat masih samar ya, sama kayak waktu pertama kali TP pas hamil B. Gue bangunin Jo en kasi liat, reaksinya “wadoh hamil” terus dia balik molor. Ishhh mau gue guyur pake aer biar beneran dikit kasi respon, hahahaha. Gue langsung doa ngucap syukur sama Tuhan en berniat di pagi harinya bakal TP lagi.
Sekitar jam 8an pagi, gue emank biasa kan bangun tidur, minum air terus pipis. Nah gue kucuk2 deh bawa TPnya ke wc tapi x ini uda minta Jo ambilin wadah gelas plastik di bawah.
PhotoGrid_1491893496629
TP Kedua
Lebih teges ya 2 garisnya en langsung kasi liat Jo *sambil bawa gelas isi air pipis* ya kan kali aja responnya masih ngeselin jadi mau gue guyur, wkwkwkwwk. Jo langsung sumringah liat TP kedua ini, langsung meluk gue bilang selamat terus qta berdoa. B kemana?! Masih molor sodara2, hahahaha.
Ga cukup sampe di TP kedua, gue mutusin buat beli 1 TP lagi, hahahaha. Kalo ini emank uda gue niatin aja “kalo positif hamil, gue mau coba TP yang bentuknya compact punya”. Soalnya dari TP di hamilnya B, gue selalu dapetnya yg model strip punya, gue ga tau kalo ternyata ada yang model compact. Emank ini ga penting tapi demi memuaskan diri sendiri aja, LOL.
PhotoGrid_1491893599440
TP Ketiga
Yak cukup dah ya 3x testnya. Karena itu di hari Minggu, obgyn gue ga praktek alhasil gue daftar buat besok di jam 6 sore. Awalnya gue ga mau info ke siapa2 dulu tapi di hari Senin paginya, nyokap gue dateng en Jo bilang kasi tau aja skalian tar minta ditemenin ke dokter. Respon nyokap gue sama kayak tau gue hamil B tapiiii dia lebih uda punya feeling kalo gue hamil soalnya menurut nyokap, mekarnya badan gue itu beda cuma nyokap lebih milih diem, ga ungkapin. Kelar bilang itu disambung omongan “feeling mami ini anak cowok” lah gubrakkk, uda nebak ajeee c mami, hahahaha..
Di RS, gue nunggu ga terlalu lama buat ketemu dokBud. Respon pertama dari dokBud adalah cengar cengir sambil bilang “waa waktu qta ketemu, Dewi uda hamil rupanya” wkwkwkwkwk, ini dokter bisa dibilang pendiem tapi kalo bercanda ngocol juga. Langsung deh gue diminta baringan en di-usg. Menurut dokBud, usia janin gue masih kecil, dibawah 5minggu jadi kantong janinnya belum terlihat tapi kalo hamil iya pasti hamil karena uda keliatan samar di layar ada gumpalan warna kek abu2 gitu. dokBud bilang lagi sambil senyam senyum “dateng USGnya kecepetan ini” hahahaha ya namanya mau memastikan jadi gue sama Jo pede jaya dateng USG. Seperti biasa gue dikasi vitamin asam folat terus diminta 2minggu lagi buat balik. Asumsi dokBud, harusnya di 2minggu kemudian uda keliatan kantong janinnya. dokBud juga jelasin di 2minggu ketemu itu bukan buat mastiin lagi hamil apa ga tapi mau liat juga letak janin ada di dalam kandungan apa luar. Doh!! denger hal ini gue jadi takut loh. Ya kayak punya rasa kuatir sendiri aja. Mungkin keliatan x ya dari muka gue kalo gue kek takut terus dokBud bilang, yang penting sebelum usianya 8minggu itu qta harus tau dulu letaknya janin dimana. Kalo pun sampe diluar, masih ada obat yang bisa membantu janin bertahan.
Bisa dibilang gue ga sabar buat nunggu 2minggu lagi. Gue pun terus berharap en berdoa supaya janin yang ada di dalem perut gue berkembang dengan baik, sehat & normal. Berkembang di dalam kandungan, amien!!

B is Turning One!

12 Desember 2016, yaps genap deh umur B 1 taun, yippie yippie yeay!! πŸ˜€
Orang2 suka bilang “waktu berjalan cepet banget ya” en itu beneran bener bangettttt!! Kalo gue kilas balik, prasaan baru deh ngelahirin B belum lama (klik dimariΒ en dimari ya cerita lahiran B) terus lagi susah payah berjuang demi ASI, hehehehe eh tau2nya B ni hari uda umur 1 taun aja πŸ˜‰
Di hari ini, rencananya gue ngerayain ulang tahun B secara simple aja. Tetep ada kue ulang tahun, nyanyi en tiup lilin πŸ™‚ Terus nantinya ada ngejalanin ritual “pilih barang” macam gunting; kalkulator; alat2 jait; buku; duit en lain2. Ritual ini request dari nyokap gue en gue iyain, lucu aja en mau tau B pilih apa, hehehehe.
Selain ritual “pilih barang”, nanti B bakal “smash the cake” πŸ˜€ yang mana itu kue ultah diancurin sama B, LOL. Makanya tar gue beli kue ultahnya yang ga mahal, hahahaha sayang soalnya.
Umm segini dulu ya cerita rencana ulang taun B hari ini, nanti gue update lagi *asap* eh emank ada cerita apa lagi Ping?! Cieeee, hehehehe, ultah B mau dipestain, uhuyyy!! Doakan lancar ya manteman πŸ˜‰ terus yang mau kirim kado buat B, diterima lebar2 sama mamanya B, wkwkwkwkwk, ga dink gue bercanda.Β Gue minta doanya ya buat B supaya B tumbuh sehat, jadi anak pinter, pribadi yang takut akan Tuhan en punya akhlak yang baik, big big Amien πŸ™‚
img-20161108-wa0031
creative designed by mommy Edel

(Results) Maternity Photos

Ngaku!!! Siapa yang penasaran tow nungguin hasil foto2 kehamilan gue?! *kemudian diselepet kamera* 
Ga perlu banyak prolog deh ya, saatnya gue kasi liat hasil2 foto kehamilan di Muse tapi ga semua ya, tar pada eneg lagi liat ke-narsis-an gue sama Jo πŸ˜›
Ohya buat yang mau baca cerita maternity photos-nya, tinggal klik ini ya 

 

PhotoGrid_1451482002959

 

PhotoGrid_1451481801325

 

PhotoGrid_1451481956516

 

PhotoGrid_1451482061103

 

PhotoGrid_1451482112183

 

Gimana2?! Bagus ga?! *sambil tolak pinggang nanyanya, hahahaha* Untuk hasilnya sendiri, gue sama Jo puas banget. Bagus2 en untuk perihal edit2annya ga sampe afgan (sadis), masih masuk akal. Kalo tentang harga, seperti yang pernah gue sebut, masih oke buat kocek πŸ™‚ Rencananya nanti B akan foto di Muse tapi tunggu uda beberapa bulan dink. Jo c maunya pas sebulan nanti tapi gue pikir lebih bagus kalo B uda bisa tengkurep jadi angle fotonya lebih bervariasi.
Buat yang mau maternity/family/baby photos boleh banget kontek langsung Muse-nya buat tanya2 seputar harga en hal lain. Ini murni dari gue yang mau promosiin loh, bukan promosi berbayar πŸ˜‰

Birth Story of J.B.K (part 2)

Yuk lanjut ceritanya πŸ˜€ Yang mau baca part 1-nya, klik disini yak
Setelah 2 botol induksi ga mempan, suster langsung kontek ke dr. Budi en gue masih nyantai kayak di pantai aja, balik tidur, hahahaha tapi ga bertahan lama c soalnya kepengen pipis en dianter Jo ke WC. Nah pas qta keluar dari WC, suster bilang kalo dr. Budi mau bicara sama Jo (via telpon, belum dateng). Intinya dr. Budi menyarankan untuk caesar delivery aja karena percuma kalo lanjut induksi botol ke3, wong 2 botol aja gue masi ga berasa apa2 ditambah takutnya gara2 induksi yang lama nyebabin stress buat B di dalam en makin ga baik aja nantinya tapi dr. Budi tetep serahin keputusan ke gue sama Jo maunya gimana. Denger hal itu gue pasrah buat caesar delivery bukan ga mau berjuang buat normal delivery tapi gue dihadapkan sama kenyataan plus resiko2 yang ada. Ga lucu kan kalo gue egois demi normal delivery tapi B kenapa2, bisa penyeselan seumur idup, huhuhuhu. So far selama induksi 2 botol, B secara detak jantung en gerak di dalam masih bagus tapi who knows deh kalo lanjut induksi.
Keputusan caesar langsung Jo info ke suster en dr. Budi, abis itu langsung dikasi tau juga jam caesar-nya sekitar jam 7an pagi karena sebelum gue ada 2 pasien yang caesar sama dr. Budi. Sebelum dr. Budi mulai operasi pasien2nya, dia dateng ke gue en jelasin lagi semuanya terus suster masuk bawa baju operasi buat gue pake. Selama nunggu, gue kembali takut! Ini x pertama gue masuk ruang operasi en x pertama gue dibius stengah mateng. Dasarnya emank cengeng, ya nangis lagi dah gue, hahahaha terus bilang ke Jo sama nyokap (yang langsung dateng gitu Jo telpon) buat doain biar semuanya lancar, gue sama B dalam keadaan yang sama2 baik en sehat pastinya.
Sekitar mau jam 8 itu, gue uda diminta baringan di ranjang buat digiring ke ruang operasi. Gue tau c kalo operasi ga bisa suami masuk tapi gue masih nyoba nanya ke susternya ya kan x aja keajaiban terjadi, hahahaha tapi tetep kata susternya ga boleh. Jo cuma nitipin HP ke suster buat videoin proses B lahir. Pas digiring, ni ga lebay tapi jantung gue deg2an bangetttt en kaki jadi berasa dingin, serem!!!!! Nangis lagi lah gue serasa kayak mau dipotong aje, hahahaha. Sebelum pintu ruang operasi ditutup, Jo sempet bilang “semangat en jangan takut sayang! Kamu pasti bisa en ga akan kenapa2. Inget sebentar lagi kamu ketemu sama B”
Di ruang operasi, disuntik deh tuh obat biusnya di tulang punggung bawah. Emank dasar gue tegang yee, suntikan pertama ga masuk donk! Susternya bilang “relaks aja Bu” terus gue sautin “sus, saya pegang tangan suster ya, saya takut. Biasa saya kalo disuntik, pegang genggam tangan suami” Serasa di sinetron yee, bodo dah tapi emank gue takut en untungnya susternya ngasi abis itu gue jadi lebih relaks en suntikan kedua masuk deh tuh obatnya. Ga lama, gue uda ga bisa gerakin kaki. Rasanya berattttt deh tapi anehnya gue masih bisa ngerasain gerakan B di dalam. B nendang2 heboh sampe dokter anastesinya bilang “anaknya aktif banget Bu”. Ga lama dr. Budi datang en bilang mau mulai proses caesarnya. Gue terus2an berdoa biar lancar semuanya. Pas lagi proses, dr. Budi ada ajak ngobrol mungkin biar gue relaks x ya tapi bawaan gue uda celeng tuh, hahahaha eh ga lama gue denger “oweee owee oweeee”!! Langsung lega gue brarti B uda lahir, ga lupa gue doa lagi ngucap syukur sama Tuhan. Ga lama, B dibawa ke gue sambil susternya bilang “anaknya perempuan ya Bu, sehat dan lengkap” gue liat en cium B for the first time!!! Terharu bangetttttt, ga boong, priceless rasanya! Dari yang lagi celeng eh seger aja gitu liat B nangis kenceng, meleleh deh aer mata bahagia :’) Sempet IMD tapi itu diarahin sama susternya en ga lama secara itu ruangan dingin en B juga perlu dibersihin. Selesainya gue uda ga inget apa2, hahahahaha sungguh dah! Bangun2 gue uda di kamar ruang observasi lagi tapi keadaan gue masih belum sadar2 banget, masih ngantuk celeng. Kalimat pertama yang gue tanya ke Jo, “B mana? Kok ga dibawa kesini?” Ternyata emank B masih di kamar bayi buat diobservasi dulu nanti kalo gue uda pindah ke kamar perawatan baru deh B dianter ke gue πŸ™‚
14 December 2015
14 December 2015
Harusnya tanggal 14 itu gue uda diperbolehkan pulang, baik gue en Bryna sama2 dalam sikon yang sehat πŸ™‚ tapiiii karena ada satu masalah di rumah baru (kasur yang dibeliin nyokap gue tuh belum dateng2) jadinya qta ga bisa pulang donk. Kenapa ga pulang ke rumah nyokap?! Soalnya semua barang uda nongkrong cantik ganteng di rumah baru jadi lebih ribet lagi nanti. Alhasil Jo mutusin buat extend di RS. Iya!! Extend!! Keren kan serasa tuh RS hotel berbintang aje, wkwkwkwkwkwk tapi gue bilang ke Jo kalo extend, Jo kudu nemenin gue selama di RS. Gue ga mau sendirian walopun di ranjang sebelah gue ada pasien lain. Terus Jo tidur dimana? Dibawah kakakkkkkk, bawah lantai maksudnya. Nyokap bawain tiker sama selimut tebel buat Jo tidur disitu. Kasian c tapi gimana donk, gue ga mau ditinggal sendiri terlebih sehari setelah gue melahirkan Jo capcus ke LN, gue jadi berasa lonely aja *oke ini lebay, hahahaha tapi bodo ahh*
16 December 2015
16 December 2015
Peratiin deh, ada yang beda ga sama B di foto itu?! Yak bener *kayak gue denger aja tebakan kalian* di kupingnya B uda ditindik donk πŸ™‚ Ditindik pas mau pulang dari RS. Pas susternya mau bawa B ke kamar bayi buat ditindik, gue nanya apa gue boleh liat en dijawab “boleh kok Bu kalo Ibu tega buat liatnya” jrengggg lah gue kan mau liat ya berarti gue Ibu yang tegaan donk, seketika ragu tapi tetep lah gue maju buat liat, kapan lagi ada momen kayak gini *fix Ibu yang tega*. Prosesnya tuh cepet dink, awal ditindik B lagi tidur terus ditandain dulu tempat buat ditindiknya. Uda gue okein baru deh dokter beraksi. Nangis pasti ya tapi B hebat loh, nangisnya cuma sebentar uda gitu mah B tidur lagi, hahahaha..
Yuhuuuu!! Kelar deh birth story of Bryna *nyengir beban posting uda kelar, LOL*
Gue kembali mau ngucapin banyak2 terimakasih buat segala doa, semangat en hadiah2 yang diberikan ke gue en B. Itu sangat berarti buat qta berdua πŸ˜€
Ini emank telat tapi daripada engga sama sekali kan, hehehehe
happy christmas from Bryna (Jo & Ping2)
happy christmas from Bryna (Jo & Ping2)