28 weeks (OSIOTW)

Yeay!! Masuk juga ke TM3, hehehehe. Satu sisi seneng karena bisa dibilang bentar lagi kan ketemu sama dede (FYI, qta panggil dede, Bboy aja ya) tapi di satu sisi lagi gue punya semacam ketakutan dalam proses melahirkan x ini. Iya c emank sesar lagi tapi mungkin karena x ini uda pasti sesar en terencana kok rasa2nya gue jadi takut sendiri. Ngebayangin masuk ruang operasi nanti, proses dikasi suntik bius, proses dibelek en proses2 lainnya. Padahal pas sesar B kayaknya gue ga setakut ini *meringis* Gara2 ketakutan ini, gue ada beberapa x bener2 ga bisa tidur enak. Kebayang2 en kepikiran. Alhasil Jo komplen en bilang jangan terlalu dipikirin lah, semua akan baik 🙂
Hasil USG sama dokBud, Bboy sehat en baik2 di dalam perut gue. Tergolong aktif pula anaknya 😉 en lagi2 sama dokBud dibilang “ini uda pasti laki ya anaknya” wkwkwkwkwk. Gue rasa dokBud semacam trauma ya sama gue en Jo mengenai gender, LOL! Beratnya Bboy uda 1.3kg tapi dokBud bilang ini hasil perkiraan kasar jadi kurangin sekitar 10% aja mendingan. Terus cek punya cek, gue agak kaget pas liat dilayar USG itu ukuran kepala Bboy itu hasilnya untuk yang 32w lah kan gue baru 28w yak terus dokBud langsung jelasin tanpa gue tanya. DokBud bilang untuk hal ini ga bisa dijadiin acuan 100% terlebih bentuk kepala kan beda2 en kalo diliat dilayar itu bentuk kepala Bboy lagi melebar makanya terlihat seperti usia 32w. Sampe qta mau pulang, dokBud masih bilang ke gue en Jo ga usah kuatir tentang ukuran kepala itu, ga ada yang perlu dikuatirkan tokh smua perkembangan Bboy baik organ2, berat badan, panjang en yang lain itu bagus en normal 🙂
Karena uda masuk TM3, jatah check up ke dokter jadi 2minggu skali yang artinya Jo akan lebih sering buka dompet, wkwkwkwkwk. Terus di usia 28w ini juga, qta kembali “nabung” depomil di Hermina. Ohya, FYI kalo ikut depomil, tiap transaksi nabung kan dapet struknya nah itu sebaiknya disimpen sendiri tow ga distaples deh di kartu depomilnya. Naon?! Soalnya bagian kasir akan cek ulang terus di akhir masa pembayaran RS nanti itu struk2 perlu dikembaliin ke mereka.
2minggu kemudian, gue balik buat kontrol Bboy lagi en x ini ketemuan juga sama ceem *alo alo Epoi* lumayan kan jatah nunggu bisa ngobrol2 en ngegosip, hahahahaha.
Hasil kontrol kurleb sama ya bedanya di berat badan Bboy aja yang naik jadi 1.8kg 🙂 Kalo kata dokBud, kalo ini berat naik terus en sesuai dengan grafik yang ada bisa2 Bboy itu beratnya 4kg pas 40w terus gue cengok!hahahaha secara kok gede amat tapi karena gue sesar kan ga mungkin nunggu sampe 40w. Gue seneng2 aja c kalo beratnya Bboy naik terus brarti apa yang gue makan itu kemakan juga sama Bboy *ga sia2 badan mama melar ya Nak, ahahahaha*
Kalo ukuran kepala, puji Tuhan kayak yang dokBud bilang. Ga ada yang perlu dikuatirkan karena pas di cek itu sesuai dengan umurnya Bboy di dalam kandungan 🙂
Abis USG, Jo nanya ke dokBud kalo proses lahiran Bboy di tanggal 11 Nov boleh/bisa apa ga ya? Hal ini didasarkan keinginan qta doank aja, hehehe pikir kan B itu 12 12 nah gimana kalo Bboy 11 11 tapi ya itu qta tetep balik nanya dulu ke dokBud, ga pengen sampe ini jadi masalah nantinya terutama buat Bboy en gue. Ternyata dokBud bilang sebaiknya jangan karena usia kandungan gue di tanggal 11 itu baru 36w lebih 5hari, terlalu awal en riskan. Menurut dokBud lagi, lebih baik jangan dipaksa melahirkan kalo usia kehamilan baru segitu. Lebih baik di usia 37-38w so prediksi lahirannya Bboy di 14-21 Nov 🙂 Berdasar penjelasan dokBud, gue sama Jo ngikut aja karena qta tau kalo dokBud pasti lebih paham deh ya dari segi medis yang baik. Ga tanggal 11 11 juga ga apa2, yang penting baik gue en Bboy itu sehat en selamat 😀
Di usia kehamilan ini, frekuensi bolak balik WC mulai intens. Dalam waktu setengah jam, ada kali 2-3x. Yang paling ga enak itu kalo uda mau tidur di malem hari deh. Uda mau pules tidur eh kepengen pipis, haiya! Sampe2 jadi engga ngantuk gue-nya. Pas nonton bioskop juga sama, wkwkwkwk. Lagi seru2 eh mau pipis donk. Dilemma ini gue. Pipis kok nanggung ya lagi seru tar ketinggalan donk jalan ceritanya tapi kalo ga pipis kan juga ga bisa, kan ga boleh ditahan2. Alhasil ya pipis deh, merelakan sepenggal jalan cerita film bioskop.
Umm, gue mulai kembali bebenah baju2 NB lamanya B, pilah2 mana yang kondisinya masih bagus en engga terus mau mintol ke ART buat cuciin. Selain baju2, peralatan perang alias pompa juga uda gue kuarin plus gue charge buat tau masih oke apa ga. Jaga2 aja, kalo ga oke kan bisa diservis dulu tapi untungnya masih baik. Botol2 kaca buat ASIP juga uda gue cuci2in sendiri. Tinggal rakit ulang box bayi sama vakum car seat buat Bboy nanti 😉
Doakan ya manteman supaya segala sesuatunya dilancarkan terlebih proses kelahiran Bboy nanti, amien!!
P.S. : thanks bangettt bangettt buat manteman yang uda pada ngirim blessing gift buat Bboy *U know who U are* sini gue cium mesrah kalian atu2 :* baik itu barang baru tow lungsuran, gue en Jo sangat2 hargain itu 😀 sangat berguna en membantu sekaliiii 🙂
Advertisements

24 weeks (OSIOTW)

Hampir sama kayak 20 weeks kemarin, gue ada bawa dede ke negara tetangga lagi, hehehehe itung2 jadi last flight dink sebelum masuk TM3. Sebenernya c sama dokBud masih boleh aja dikasi flight walo uda TM3 tapi kalo gue runtut2 lagi, cukuplah flight sampe TM2 aja secara gue sendiri fisiknya uda ga gitu kuat dah kalo disuruh jalan2. Jalan2 di mall lama2 aja gue uda cape, mending goler2 dirumah dah.
Di pemeriksaan masuk ke 24weeks ini, dokBud ada ngomomg “kenaikan BBnya lumayan ya bulan ini” wkwkwkwk jadi malu dah gue, iya naik nyaris 3kilo kakakkkkk. Dokbud bilang c ga papa selama kenaikan BB gue ini sejalan dengan kenaikan BB dede tapi dia tetep saranin jangan naik banyak2 lagi tar susah kalo mau dietnya *lah* ahahahaha bener loh dokBud yang bilang gitu.
Perkembangan dede baik dari segi berat en panjangnya normal plus sesuai dengan umurnya 🙂 Segala sesuatunya juga baik kata dokBud *puji Tuhan* terus Jo masih nanyain lagi ke dokBud tentang gender dede, wkwkwkwk, kuatir kayak pas B lagi nanti, LOL tapi dokBud bilang “ini pasti laki kok, kalo sampe salah, saya brenti deh kasi tau gender ke pasien” sambil cengegesan, hahahaha

17-08-20-13-31-23-591_deco

Gue juga ada info ke dokBud kalo abis operasi sesar nanti (iya gue bakal sesar lagi, uda ya jangan tanya2 knp ga cba normal, knp kudu sesar lagi, dll. Mau normal atau sesar tetep jadi seorang ibu kok shay), gue mau langsung dipasangin spiral aja en kata dikBud selama kondisinya baik kayak ga ada pendarahan misalnya, spiral bisa langsung dipasang. Bagus deh jadi ga kuar ongkos dokter 2x, hehehehe :p Menurut dokBud juga spiral ini KB yang aman tapi tetep kudu kontrol rutin jangan sampe ga kontrol sama sekali karena bisa aja itu spiral geser tow gimana *siap Dok*
Kelar dari dokBud, gue sama Jo melipir ke area depomil. Yaps karena uda 20weeks lebih usia kandungan, uda boleh ikut depomil. Depomil ini minimal 3x bayar cicilan. Besarnya angka yang masuk tergantung dari qta mau dapet diskon yang berapa. Kalo diskon 5%, angka yang masuk kudu 20% dari total biaya lahiran tapi kalo mau diskon 7,5%, angka yang masuk kudu 50%. Jelas gue ngincer yang 7,5% donk, wkwkwkwkwk, maklum shay gue modis (modal diskonan) orgnya. Kalo uda ikut depomil, otomatis sekalian buking kamar. Disini gue sama mintanya kamar kelas 2 aja, kayak waktu buking kamar melahirkan B *syukur2 bisa diupgrade sama pihak RSnya kayak pas B jadi kamar kelas 1 tapi bayaran kelas 2, xixixixixi* Kalo ga mau ikut depomil tapi mau buking kamar juga bisa kok, kayak pas gue dulu aja karena ga tau ada depomil, huhuhuhu en bisa juga sistem deposit nabung biaya melahirkan di RS. Bedanya kalo sistem deposit nabung ini ga ada diskonnya.
17-08-18-17-22-43-634_deco
kartu depomil *ini harus selalu dibawa terutama kalo mau bayar2*
17-08-18-17-23-23-624_deco
isi kartu depomil
17-08-18-17-24-19-324_deco
kalo abis buking kamar, dapet kartu ini. didalemnya tersedia jadwal kelas2 macam kelas senam hamil, kelas laktasi, dll yang bisa qta ikutin secara gratis
En akhirnya, di kehamilan ini gue kembali ngerasain yang namanya heartburn 😦 Duh rasanya beneran ga enak en menurut gue ya, rasa sakit plus ga enaknya kayaknya lebih gede ketimbang pas hamil B dink. Heartburn ini sendiri gue rasain lebih cepet datengnya. Pas B itu uda di TM3 sedangkan sekarang gue masih di TM2. Paling ga enak itu kalo abis makan deh sama kalo duduknya ga tegak kek agak ngebungkuk, aduh itu sakit banget bagian dada tengah bawah 😥 en biar berasa enakan itu kalo gue baring2/duduk tegak tow agak merebah punggungnya. Heartburn ini bisa timbul karena faktor makanan juga c, kayaknya gegara gue makannya masih suka yang pedes2 sama jadwal makan gue itu acak kadut jadinya suka nimbulin asem di lambung yang berimbas muncul heartburn. Semoga dink balada heartburn ini lekas berlalu, amien!
17-08-18-13-27-11-303_deco
me with baby bumps

 

20 weeks (OSIOTW)

Sebelum panjang kali lebar, gue mau bilang kamsia banget2 buat manteman bloggers yang uda ikutan GA perdana gue 😀 Ga nyangka banyak yang ikutan, hehehehe en seperti yang gue janjiin, GA ditutup pas tanggal 22 Juli (sabtu) en pengumuman pemenangnya di 24 Juli (Senin). CONGRATZ buat pemenang hadiah pertama, Mel O; hadiah kedua, Fanny en hadiah ketiga, Dea *tebar2 confetti* Buat yang belum beruntung, jangan berkecil hati, siapa tau gue akan adain GA lagi tow ada temen bloggers lain yang adain GA *lirik jeng Mira, ahahahaha*
Oke, skarang back to the topic ya 😉
Biasanya gue kontrol bulanan itu sehari sebelum genep bulannya. Kayak sebulan, dua bulan, dstnya itu jatohnya di tiap hari Selasa nah jadwal kontrol gue di hari Senin tapiiii kontrol kali ini beda dari sebelumnya. Gue dateng lebih cepet gegara gue mau ikut terbang ke negara tetangga, hehehehe.
Ini flight pertama gue dalam kondisi hamil en jujur buat gue mikir “aman ga ya, tar knp2 ga ya, desebre”. Gugling punya gugling pada bilang aman terlebih kalo ga ada riwayat apapun di kehamilan terus gue ada tanya2 sama Fanny juga. Setelah uda yakin kalo semua akan baik2 aja, dibelilah tiketnya sama Jo. 4 hari sebelum capcus, Jo bilang ke gue buat kontek dokBud baiknya gimana en perlu ga kontrol dulu. Ya uda gue WA ternyata dokBud minta gue kontrol dulu. That’s why dink jadwal kontrol gue maju.
Kontrol x ini bisa dibilang mendebarkan, LOL secara gue dag dig dug apa dibolehin ga ya sama dokBud buat terbang terus apa gender dede uda bisa ketauan jelas 😀 Selidik punya selidik, kondisi gue en dede itu baik (puji Tuhan) terus berat badan gue di bulan ini malah naik 2kg, haiyaaa tapi senengnya berat dede pun naik lebih banyak 🙂 Dengan kondisi yang semuanya baik, dokBud bilang ga masalah kalo mau terbang tapi doi tetep resepin gue penguat kandungan hanya buat jaga2 aja.
Tentang gender!hehehehe ini yang paling dinanti2 ya 😀 Gue cerita dulu ya bentar. Jadi beberapa hari sebelumnya, gue ada tanya2 ke dede “gender kamu apa ya de?” terus gue pake cara pas dulu hamil B. Kalo cowok/cewek ya nendang2 tow gerak2 ya en itu gue itung dari 1-10. Awal2 gue tanya itu c dede gerak2 baik di gender cewek en cowok, wkwkwkwkwk, gue sampe pusing mikirinnya :p tapiii akhirnya berbuntut di 1 gender yang dijawab dengan pasti sama dede *tsahhh*
Balik ya ke waktu kontrol. Pas di USG, dokBud nanya “filingnya apa ini buat gendernya?” en gue jawab kalo filing berdasar komunikasi saya sama dede itu cowok Dok. Eh dokBud-nya cengar cengir sambil bilang “iya betul, ini fix cowok ya” sambil ngasi liat monasnya c dede en buah zakarnya, ahahahahaha. Terjawab sudah ya gender dede 🙂 Buat yang menang GA-nya, selamat ya en enjoy the gift! 😀
PhotoGrid_1501315034143
monasnya dede 😉
Sekarang gue mau ceritain pgalaman terbang dalam kondisi hamil. Pas di dokBud itu, gue dibekali sama doi obat penguat kandungan sama surat pengantar boleh terbang. Kedua hal itu gue bawa en ternyata sama pihak airlines-nya emank diminta itu surat pengantarnya terus gue kasi sambil bilang ke orangnya buat difotokopi aja soalnya kalo gue kasi bener2 aslinya lah tar dari negara tetangga minta juga, gimana coba. Masa ga pulang gue?! En dibolehin buat fotokopi terus gue ada isi formulir yang menyatakan gue sehat en hal2 lainnya. 

 

PhotoGrid_1501314799954
surat dari dokBud
PhotoGrid_1501314683210
surat keterangan penerbangan
PhotoGrid_1501314758407
(lagi) surat keterangan penerbangan
Iklan dikit ya : penerbangan ini juga x pertama buat gue naik airline burung gede biru (biasanya kan naik yang warnanya merah putih) plus x pertama juga ke T3!xixixixi bagus ya T3 ituuuu, keren deh dalem2nya *norak :p
Selama nunggu, gue agak ga tenang, abisnya beneran mikirin dede di perut tapi dipikir2 kan gue kudu relax ya. kalo gue-nya ga relax malah dede juga ga relax nanti. Sepanjang penerbangan, aman kakakkkk!! Pas landing pun, aman 🙂 Karena qta terbangnya dari T3 jadi landingnya di KLIA1. Pas liat KLIA1 kok beda jau ya sama KLIA2 (anggepannya kayak T3 sama T2) terus di KLIA1 ini gue kena jackpot 😦 Ceritanya sebelum ke imigrasi, gue kepengen pipis en WCnya lagi perbaikan jadi diminta ke WC buat org2 kebutuhan khusus. Ya udah gue masuk deh tuh terus sekilas ya layaknya WC pada umumnya kan eh pas gue lagi pipis, buset deh dari klosetnya en area sekitarnya tuh berbau pesing pake BANGET!!! Beneran pesing!! Awalnya gue uek2 tapi buntutnya isi perut gue kuar smua (T____T) *efek abis makan juga di pesawat* Keadaan makin parah lagi dimana wastafel tempat gue muntah tuh ga bisa bersih, matek dah!! Kayaknya itu wastafel emank mampet. Udah deh sama Jo dipanggil CS buat mintol dibersihin sedangkan gue juga nenangin diri (kayak minum en oles2 minyak angin) abis muntah tadi.
PhotoGrid_1501314840284
makanan yang ga sempet diolah sama lambung gue
PhotoGrid_1501314869866
makanan yang selamat nyaman di lambung
Lepas dari kejadian itu, keadaan gue sama dede baik2 aja selama di negara tetangga bahkan pas landing di Jakarta pun juga aman. Cumaaaa ga oong ya, mau jalan2 disana uda ga kuat. ahahahaha, capeeee banget yang ada. Gue cuma jakak agak jauh demi locupan yang lagi gue idam2kan en itu adanya di Lot10. Kelar dapet yang gue idamkan, gue ngedon aja di kamar hotel sedangkan Jo sama yang lainnya gawe, hehehehehe.
PhotoGrid_1501314601798
locupan favorit banget!! tiap gue ke Malay, gue pasti makan ini en selalu di tempat yang sama. rasanya enak bambang, manis ada pedesnya pun ada terus yang buat nagih ada minyak b2 yang garing2 kriuk 🙂
Kalo ditanya kapok ga terbang selama lagi hamil ini, engga c, seru2 aja tapi kayaknya ga bisa sering2 dah. Gue kebanyakan mager-nya, hahahaha mending di rumah aja kalo gitu.
Di umur kehamilan sekarang, tendangan dede di perut makin ga santai, ahahaha sampe2 gue ngerasa ngilu2 tapi gue anggepnya brarti dede lagi happy tow aktif bener 🙂 Gue inget pas waktu hamil B, gue ga bisa tidur dalam posisi hadap ki-ka en tiap gue coba hadap ki-ka, B pasti ga santai geraknya sedangkan hamil dede, gue ga ga bisa tidur hadap kanan. Dede maunya gue tidur terlentang tow paling banter hadap kiri. Kalo gue iseng hadap kanan, ga santeee c boss dede di perut geraknya.
Frekuensi ke WC pun uda intens, gue merasa ini lebih cepet deh daripada pas hamil B. Waktu B, gue mulai intens ke WC itu pas di trimester ketiga tapi gue skarang baru di trimester kedua eh uda intens bener, ahahahaha. Emank bener ya kata orang2, hamil pertama en kedua (en ketiga en keempat en seterusnya) tuh ga bisa disamain. Pasti ada bedanya.
Segitu dulu dink update perkembangan dede, qta ketemu lagi ya pas 24 weeks nanti, muahhh!
PhotoGrid_1501314921471
pulang2 uda 20 weeks preggo

16 weeks (OSIOTW)

Waktu cerita ini tayang yang jelas usia kehamilan gue uda lebih dari 16 minggu, hehehehehe gue yang telat update cerita dede di perut.
Dari hasil periksa tiap bulannya di dokBud, segala sesuatu tentang c dede normal en baik. Dari USG, keliatan sepuluh jarinya; tulang punggungnya; rangka mata; dua telinga; dll. Yang ga keliatan itu GENDER!hahahahaha. Iya c dede masih malu2 nii buat buka kakinya, malah asik jumpalitan didalem :p Semoga ya di kontrol berikutnya uda ketauan gendernya dede apa. Selain karena penasaran, gue juga mau adain GA tebak gender. Itung2 buat bagi2 berkat en kebahagiaan, aheyyy!
Ohya, gue juga uda bisa ngerasain gerakan dede di dalem perut ini 🙂 selain gerakan, bisa ngerasain juga tendangan2 c dede. Belum berasa sampe gimana ini tendangannya tapi seru aja pas ditendang halus sama dede. Berasanya kek orang norak yang baru x pertama hamil, ehehehehe 😉
Pertambahan berat badan gue juga dibilang stabil dimana tiap bulannya nambah 1 kilo, en kata dokBud itu bagus jadi ga berlebih en ga kurang. Terus masalah kaki gue yang timbul bintik2 merah kayak bruntusan uda ilang blasss pas masuk trimester kedua ini 😀 Kulit kaki uda balik normal euy. Sepertinya emank bener ngaruh dari konsumsi karbo gue yang balik normal terus gue sampe sekarang masih pake sabun baby tapi yang batangan (thanks to Aina info merk sabunnya). Selain jadi ga perih di kulit badan eh entah kenapa kulit gue juga ga terlalu kering sekarang2 ini 😉
Perkembangan lainnya, kalo dulu di trimester pertama gue eneg bleneg sama yang namanya ayam, sekarang uda engga lagi donk, yeay!! Awal mulanya gue iseng2 beli pecel ayam depan rumah, niat hati mau gue gado-in aja. Kalo ga bisa makan ya gue kasi ke Jo, xixixixi eh taunya ludes sodara2 XD terus berlanjut di minggu kemarin Jo ngajakin makan ayam di kakek janggut putih. Awalnya cuma mesen 2 ayam buat qta masing satu tapi abis itu gue cuci tangan en balik ngantri buat beli lagi, hahahaha. Lumayan deh ya bisa makan 1 ayam en 4 biji chicken strip-nya kakek janggut putih
Mumpung usia kehamilan belum tua en perut belum gede2 amat, gue manfaatin waktu buat bebenah baju2 NB punya B. Emank c gender belum ketauan tapi pikiran gue kalo baju2 NB kan biasanya general jadi mau cewek cowok ya bisa pake tokh pas gue bongkar kebanyakan baju NB-nya B emank bener general dari segi warna en motifnya. Baru gue pisah2in aja c, kalo nyuci2nya tar aja dink pas mau deket2 bulan lahir c dede. Dari bebenah baju, gue juga bebenah kamar buat dede nanti. Ga khusus buat dede sebenernya tapi lebih buat gue sama dede tidur di kala siang hari. Ups, dede tidur gue mah mompa kayaknya, hahahaha *balada buibu pejuang ASI*. Kenapa ga bareng2 di kamar utama? Soalnya kalo bareng2 dijamin salah satu dari B tow ga c dede keganggu dink jadi mending dipisahin dulu. Tapi tetep ya gue akan kasi waktu juga kok buat B en dede buat punya bonding time. Misal kalo dede ga tidur ya uda main2 aja sama B di kamar utama tow ga kamar satu lagi ini. Pisah ini cuma buat siang hari aja, kalo malem ya uda qta amprokan b4 nanti, hehehehehe.
Bebenah2 ini gue lakuin sekarang2 juga ngeliat sikon ade gue c Fang2 lagi libur sekolah jadi bisa bantu gue buat ngawasin B di kala gue bebenah. Ga cuma Fang2 tapi mba L pun ikut bantu2. Gue emank uda sounding ke mereka b2, abis kelar libur lebaran mintol bantuin ya en bersyukurnya mereka mau bantuin 😀
Bebenah barang uda, nah bebenah uang buat lahiran juga sedang qta (baca : Jo, hahahaha, ga dink gue juga) lakukan. Tengah trimester pertama uda mulai qta lakukan sebenernya mengingat harga melahirkan di Hermina itu uda naik banyak. Terus karena tau bakal dapet diskon kalo qta ikut depomil, makin lebih semangat lagi buat siapin uang melahirkan ini (gue modis soalnya, modal diskonan, wkwkwkwkwk). Ikut depomil baru bisa dilakukan kalo usia kehamilan uda 20 minggu, alhasil gue tabungin dulu deh uangnya di tabungannya c dede. Nanti kalo uda 20 minggu, gue transfer ke depomilnya Hermina *idup diskon!!* xixixixixi.
Sekian cerita update-annya tetep ya gue minta doa2nya supaya gue sama dede sehat2 terlebih buat dede biar tumbuh normal en tanpa kurang suatu apapun, amine! Eh iya, sama doain juga dink biar gendernya lekas kelihatan plus jelas juga jadi kan ga usah USG 4D, hehehehe 🙂 Mamaciii ya manteman, muahhh!!