baby J.B.K, complaints, jode wedding, JoDe's life, my life, review, thanks

B (en mama) di Sekolah

Per tanggal 1 Agustus, B uda resmi masuk sekolah TB buat kelas Nursery-nya 😊 Anaknya c biasa2 aja walo uda sering qta sounding2 “bentar lagi/besok sekolah loh” sedangkan buat gue en Jo berasanya kok cepet aje ni anak uda masuk sekolah. Ga ada persiapan khusus c buat besok sekolah. Gue cuma sediain tas yang isinya diapers (masih diperbolehkan pake diaper), baju & celana ganti (wajib bawa), tissue basah en kering plus minyak kayu putih. Untuk bekal maksi, gue mikirnya pas hari H aja lah, ahahahaha 🀣 Sebenernya buat bekal ini ga bisa dibawain yang enteng2 macam roti soalnya kelas B dimulai jam 11 en maksi jam 12, otomatis kudu kasi makanan berat punya tapiiiii gue males mikirin lama2 “mau masak apa” jadi liat besok aja lah 😜
Hari H, B tetep lah bangunnya siang, jam 9. Gue sendiri uda rapi buat urusan mandi, pompa ASI en sarapan. Jo juga sama. Ya tinggal incess aja ni yang masih molor. Bboy uda siap juga. Yang sekolah sape yang siap siape, wkwkwkwkwkwkwk. Ga lama B bangun juga, langsung sarapan terus mandi deh. Skitar mau jam stengah 11an, qta b4 otw ke TB. Di hari pertama ini, Bboy qta ajak soalnya popo ga bisa dateng kerumah. Popo ada urusan yang ga bisa ditinggal. Yo wis jadi nanti Jo sama Bboy tungguin B sekolah di mobil selama satu setengah jam. Gue?! Kudu wajib nemenin B di dalem kelas shay! πŸ˜… uda aturannya selama kurang lebih 6bulan, anak nursery kudu didampingi kecuali emank anaknya uda bener2 mandiri (duduk diem & makan sendiri).
18-08-26-13-52-37-969_deco
karena tgl 1 itu hari Rabu, ke sekolah pake baju bebas. btw, ini kaos yang B pilih sendiri pas qta belanja di uniqlo 😊 sebenernya waktu B mau beli ini kaos, gue ga setuju. buat gue kok gambarnya ga menarik tapi apa daya ya, anaknya kekeh mau gambar ini walo uda gue kasi pilihan gambar lain
Sampe di sekolah, B uda excited secara uda ngeliat ada playground en bener aja, gitu masuk gedung sekolah itu langsung ngacir buat main. Gue seneng2 aje c liatnya tapi satu sisi ngerasa kasian juga secara panas banget di jam2 itu buat main di playground. Untungnya B ga lama main disitu terus qta nyari dimana kelas buat nursery. Di kelas, belum ada yang dateng tapi uda ada 2 miss. Sebut aja ya ms. Ya en ms. Yu (abis dua2nya punya huruf depan yang sama πŸ˜†). Sembari nunggu temen2 lain dateng, B main2 dulu di kelas sedangkan gue ngobrol sama miss.
Total murid ada 8 en jumlah anak ceweknya ada 3 termasuk B. Karena baru awal jadi kebanyakan anak2nya main sendiri2, para mamak2 juga belum banyak ngobrol. Untuk hari pertama, ga ada drama buat gue en B ya secara anaknya juga masih ditemenin kan di dalem kelas. Gue rangkum ya, kegiatan selama di kelas itu main2 dulu sembari nunggu temen2 dateng. Jam 11an kelas dimulai dimana anak2 diminta beresin mainan2 en itu ada lagunya (miss nyanyiin) lanjut ke doa sebelum mulai belajar dimana qta semua (anak en mamak2) duduk. Abis itu mulai deh aktivitas kayak ayat hafalan, cerita Firman Tuhan, nyanyi2, art & craft/aktivitas buat rangsang motorik kasar halus terus kira2 jam 12, diminta baris buat cuci tangan terus doa makan baru deh maksi. Jam stengah 1an pulang 😊
Uda mau sebulan B sekolah en seliat gue, anaknya enjoy di sekolah. Kalo dirumah gue tanya, besok mau sekolah, langsung dijawab mau! Syukurlah πŸ˜„ Dari aktivitas2 yang ada, gue menilai B belum bisa fokus anaknya πŸ˜‚ apalagi kalo sesi doa. Yaowoo ga bisa dah tuh duduk diem. Emank ga cuma B doank tapi kan gue ga mau menjadikan itu pengecualian anak ga bisa duduk diem. Aktivitas2 lain, awalnya juga ga bisa diem kayak misal ni mau main matching pattern & shape itu kan giliran ya dimana miss bakal panggil anak yang boleh main duluan kalo itu anak duduk rapi. Nah B termasuk yang engga 🀣 anaknya lelarian aja tapi semakin kesini B uda mulai duduk rapi. Spertinya uda ngerti konsep “gue bakal boleh main duluan kalo duduknya rapi” πŸ˜ƒ Kalo aktivitas yang berkaitan sama lem2-an, dohh anaknya ogah!! Pasang muka jijik sambil bilang “ishhh” wkwkwkwkwkwk tapi sama miss-nya suka dijejelin. Miss bilang ke gue (ngasi pengertian) ga apa2 kudu diginiin biar lama2 biasa tokh nanti banyak ativitas yang ga kalah kotor (LOL) kayak main busa, main lumpur, main tepung2, dll. Gue c so far gpp juga, ya biar anaknya ga jijik-an mulu plus liat muka B jijik terus nangis2, kocak juga, wkwkwkwkwkw. Iya sampe nangis saking ga mau pegang lem. Heboh bener!! πŸ™„ Kalo aktivitas nyanyi, ini demen banget B apalagi kalo sambil joget2, dijamin ikut serta 😁
18-08-26-13-56-54-496_deco
mewarnai pake kapas
mejeng sama hasil mewarnai sendiri
main cat di tangan dengan muka masih sumringah
muka uda mulai berekspresi jijik 🀣
cap cap cap tangan en ini juga ada cap kakinya 😊
happy face
buat dapetin ini foto kudu ajak B bercanda dulu soalnya B nangis gara2 ada kegiatan art & craft (yang B pegang) kudu pake lem. anaknya emoh banget sama lem

18-08-26-22-27-12-416_deco
ga sangka loh hasil dari cap tangan en kaki bisa dijadiin bentuk burung begini πŸ˜€

another art & craft. opkors ini hasil buatan eike, wkwkwkwkwk. B masih ga sudi “bertemen” sama lem

main air & busa sabun. ini c B demen banget en ga mau udahan punya
ngejer hulahoop. ini anak2 girang banget dah mainnya, bisa lelarian sana sini
bola dikepit diantara 2 kaki terus dibawa jalan. keliatannya gampil taunya susah soalnya B cenderung lari bukan dibawa jalan alhasil bolanya gelinding lepas

aktivitas ini perlu diulang 2x buat B biar bolanya ga jatoh sekaligus melatih B buat sabar en fokus
Selama bersekolah ini, gue melihat progress2 baik walo ga sampe banyak banget tapi pelan2 keliatan πŸ˜€ dirumah, B emank terbiasa buat beresin mainannya karena gue minta seperti itu nah di sekolah juga sama kan ada sesi beresin mainan terus ada lagunya “semua dibereskan dibereskan ….” kebawa dah tuh lagu di rumah πŸ˜† sembari beresin mainan, B nyanyi walo kata2nya belum bagus tapi nadanya uda bener, ahahahaha. Ga cuma lagu buat beberes, lagu2 lain juga B uda mulai bisa, termasuk lagu rohani. Bisa nyanyiin en bisa pake gaya juga πŸ˜‰ Sekarang di sekolah kalo lagi sesi makan, B uda bisa duduk diem cuma belum mau2 banget buat makan sendiri jadi masih kebanyakan gue yang suapinin. Kalo dirumah, makan ya gitu dah. Tar bisa anteng duduk diem tar bisa lelarian. Anteng duduk itu ada 2 kemungkinan. Emank anaknya laper/suka sama menu-nya atau gara2 diancem, wkwkwkwkwk. Iya gue tau kok sebenernya ga bagus ancem2 tapi gue bukan emak2 idealis en percayalah, teori itu gampil tapi ngelakuinnya ga gampil shay. Anceman yang paling B takut itu denger suara mesin vacuum tow mesin penghancur kertas yang kebetulan dua2nya gue punya dirumah 🀣 Giliran mau turun dari kursi, gue bilang “mama nyalain mesin ya” nah langsung B bilang “jangan” sambil balik duduk 😁
Di sekolah, B termasuk demen ngasi salam ke miss en temen2nya. Kalo ke miss kan pasti berbales ya sdangkan ke temen, engga 🀣 tapi anaknya santai, ga baper kayak emaknya, wkwkwkwkw en tetep ngasi salam di lain waktu. Salam ke miss itu “selamat pagi miss” sambil salaman en kudu ada eye contact. Lah anaknya lebih suka ngomong sambil mata jajan kemana2 πŸ˜‘ Kalo model begini, ga dilepasin sama miss. Kudu liat ke miss dulu sambil kasi salam baru dilepasin. Bagus c jadi diajar buat fokus en taat 😊 Tiap temen2nya dateng masuk kelas, B bakal bilang “haiii …. (sebut nama temennya)” yups, surprisingly B inget semua nama temen2nya. Ga cuma gue yang kaget kok ini anak inget tapi 2 miss-nya juga πŸ˜† salam yang lagi angetttt dari B kalo dia masuk kelas en temen2nya uda didalem duluan “hai guys, how are U” wkwkwkwkwkwk. Ga ada yang ajarin itu kalimat en itu dapetnya dari tontonan film anak2 atau iklan tipi.
Sebenernya gue ga punya ekspektasi apa2 sama kegiatan2 TB. Gue malah pikirnya sistem ngajar mereka spertinya tradisional punya secara kan ga pernah trial en pas B daftar belum ada tuh kegiatan trial2 eh tau2nya ngarah ke Montessori. Kaget seneng judulnya, hehehehehe. Pas tanggal 21 Agustus, diadain pertemuan ortu guru x pertama yang isinya dijelasin kira2 sperti apa kegiatan buat anak2 selama satu tahun ajaran sekolah. Selama pertemuan berlangsung, ga melulu qta dengerin kepala sekolah ngomong tapi qta sebagai ortu dilibatin juga sama kegiatan2 yang bakal anak2 jalanin nanti. Ada deh tuh sesi qta bejek2 jelly dingin, main playdoh, matching pattern & color, belajar sensory, dll 😁 Jujur ya buat gue sama Jo (kebetulan Jo bisa ikut dateng) kegiatan2 ini macam hal sepele tapi ternyata punya manfaat yang besar buat anak terus lagi qta jadi “ohhh” sadar ternyata banyak hal2/kegiatan2 di sekitar qta yang bisa merangsang en jadi pembelajaran juga buat anak. Ga perlu pake bahan2 yang susah juga. Kayak gue ya baru ngeh “iyee juga ya tinggal buat jelly terus kasi B bejek2” selama ini mana kepikiran gue kek gitu 🀣
Jelang B mau mulai sekolah, gue tuh rada2 males karena kudu nemenin di dalem selama satu setengah jam padahal gue berharap dengan B sekolah gue bisa “nafas” dikit dengan tungguin di depan kelas, ya kayak punya waktu buat me time deh tapi kan itu angan2 belaka ajeeee πŸ˜‚ nyatanya kudu temenin ke dalem. Tapi makin kesini, gue enjoy en seneng sendiri. Gue jadi tau kegiatan sekolah sehari2 kayak gimana, bisa liat langsung kayak apa B di kelas, tau lebih jelas perkembangan B, en bisa ikutan “berkarya” wkwkwkwkwkwk ya kalo B jijik sama lem2 kan kudu gue yang kerjain 😜 anggep aja kayak sekolah lagi en itu seru loh, LOL! walo ya kelar2 sekolah rasanya gue yang lebih cape dari B πŸ˜… gitu masuk mobil, gue berasa “hhhhhhh capeeee” ditambah PD uda kemeng butuh dipompa sedangkan B prasaan ga ada cape2nya, sampe rumah boro2 tidur. Masih on fire buat main tapiiii itu semua kebayar deh kalo liat B seneng sekolah πŸ˜ƒ
Ohya, sejak B sekolah, gue secara resmi masuk WA grup buibuk kelas Nursery πŸ˜† gue berharap ga ada tow setidaknya less drama deh nantinya. Kalo sekarang c qta di kelas ya biasa2 aja secara kan belum kenal deket2 banget jadi kalo ngobrol2 pun ga banyak en bahasnya ya seputaran anak walo nii jujur aja ada 1 mamak yang terlalu “menonjol” menurut gue 🀣 contoh nyata, ada kan moment dimana anak nangis en miss itu berusaha tenangin. Dari sudut gue, ya wajar kalo miss belum langsung bisa tenangin secara kan belum tau jiwa anak itu kayak apa, lebih baik pake cara apa ya intinya miss pasti punya cara sendiri en butuh waktu. Nah mamak ini bisa tenangin tuh anak (bukan anak dia ya) tapi dengan cara dikasi es krim πŸ˜‚ anak mana yang ga suka es krim (sebagian besar suka). Gitu anak diem, doi ngomong ke miss secara terbuka en gamblang depan qta2 “gini loh miss kalo tenangin anak”. Contoh lain, B juga ga bisa diem en gue daripada emosi, diemin aja anaknya mau kemana sampe miss yang tangkep en kekep. B masih berontak sedangkan buat gue ga apa2 kalo miss mau kayak gitu. Sama mamak ini didiemin dengan cara kuarin HP en B dikasi HP buat main selfie2an. Iya emank B diem tapi gue tau itu bukan cara yang miss harapkan. Mamak ini pun bangga en kembali ngomong ke miss gimana cara2 nanganin anak. Gue sampe berpikir kenapa ga lo aje yang jadi guru, wkwkwkwkwk. Sebenernya masih ada hal2 lain yang gue ga sreg sama doi tapi biarlah, gue ga mau bahas lebih lanjut disini *di grup mamak2 aja apa?!wkwkwkwkwk πŸ€ͺ ayoo ngacung sapa yang setuju, LOL
Pokoknya dari gue ga mau terlalu banyak bersinggungan sama mamak ini deh demi kebaikan hati, emosi en jiwa gue 😊
Eyaaa jadi panjang ya ini cerita B di sekolah πŸ˜†
Lewat media sekolah ini, harapan gue ga muluk2. Pengennya B happy dengan punya aktivitas diluar rumah, B bisa lebih bersosialisasi sama temen2nya en B bisa taat & tumbuh berkembang jadi pribadi yang lebih baik plus tentunya makin mengenal Tuhan Yesus πŸ˜ƒ
18-08-26-14-33-02-611_deco
B resmi pake seragam sekolah πŸ˜ƒ

Advertisements