ala Ping2, baby D.B.K, complaints, jode wedding, JoDe's life, my life, review, thanks

6 Bulan Bersama-mu …

pompa susu 🀣
Belajar dari pengalaman sebelumnya, ada beberapa hal yang gue ubah sistemnya. Duileee sistem, wkwkwkwkwk, abis gue ga nemuin kata lain yang tepat.
Kalo dulu gue pompa pake 1 mesin dengan 1 corong en itu makan waktu bisa sampe 1 jam buat 2 PD *masing2 PD 30menit* Sebenernya pomsu gue bisa 2 corong sekaligus tapi daya hisapnya jadi ga maksimal *menurut gue* makanya gue ga mau paksain 2 corong sekaligus. Cuma gue uda mikir ga bisa nanti kalo bertahan di sistem lama secara kudu lebih efisien di waktu en ngurus dua anak sendiri. Beli pomsu lagi?! Makjangggg! Uda kayak kebanyakan duit ajeee, ahahahaha. Akhirnya dikasi ide dari grup Mahmud buat pinjem aja. Gue pikir iya juga ya, kok ga kepikiran. Alhasil sampe sekarang, gue punya 2 mesin pomsu pinjeman dari Pypy en Fanny *makasih banyak buat kalian b2 😘* sungguh ini berguna sekali buat gue!! Waktu buat mompa jadi lebih singkat, 30 menit buat 2 PD πŸ˜„ terus bisa langsung 2 corong juga dengan 2 mesin yang berbeda.
Karena pinjem mesin, gue pun menambah koleksi corong pompa πŸ˜‚ sama biar ga abis pake langsung cuci2, hehehehe. Jadi abis kelar mompa, gue bisa sante2 dulu. Kalo pun lupa nyuci yang sebelumnya, masih ada 2 corong yang bersih.
Selain corong, gue ganti valve putih bawaan spectra sama yang blue valve. Valve putih ini bahannya karet en gampang banget sobek kalo qta nyucinya ga ati2. Kalo sobek otomatis daya hisapnya pun berkurang. Pgalaman mompa dengan valve putih ini lumayan boros soalnya gue jadi sering2 beli buat ganti yang sobek. Sedangkan blue valve bahannya dari plastik tebel en ada membran kecil yang bahannya dari karet. Ga akan sobek punya en gue baca review2nya daya hisap jadi lebih manteps. Secara harga iya lebih mahal 1annya daripada yang putih tapi kalo bisa bertahan lama, why not?! Buat gue, blue valve ini oke banget!! Selama gue pake ga ada masalah apa2 πŸ˜ƒ
18-05-21-13-31-46-359_deco
Valve Putih
18-05-21-13-31-23-092_deco
kok bolong? Aslinya emank sperti ini tapi lama2 kalo cucinya ga ati2, bisa makin robek ke samping
18-05-21-13-32-11-892_deco
Blue Valve
Itu cerita tentang sparepart pompaan, kalo tentang prosesnya gimana?! Jadiiiii, mompa ASI bukan hal yang baru buat gue tapi bukan berarti karena uda punya pgalaman waktu zaman B, di zaman Bboy ini lancar jaya loh. Tetep aja ada kendalanya sendiri πŸ˜‚
Gue inget banget sekitar awal2 Januari taun ini, PD kanan gue kemeng banget bangettt 😭 bukan keseluruhan PD ya tapi ini stengahnya doank. Jadi 1 PD kebelah 2 sikonnya, yang sebelah lembek aman normal eh yang 1 lagi itu ngebatu kek papan. Haduh gue panik banget waktu itu. Langsung kompres aer panas en dingin tapi ga bergeming. Gue urut2 juga ga efek. Parahnya saban gue bergerak even rebahan itu SAKITTTTT banget!!!huhuhu. Gue cuma bisa nangis2. Jo yang ngeliat juga bingung kudu gimana. Akhirnya gue telpon ke tukang urut langganan tapi doi bisanya dateng malem sedangkan gue ngerasa kayaknya ga sanggup nunggu sampe malem. Telpon lah ke Mom n Jo, ga pake lama, dapet slot buat breast massage. Waktu lagi nganterin, Jo ada ngomong ke gue apa brenti ASI aja buat Bboy tokh stok banyak di freezer en kalo pun abis ya uda lanjut sufor aja. Jo ga tega liat gue kesakitan gitu plus nangis2 ga bisa ngapain2. Gue cuma jawab “liat nanti aja tapi aku masih tetep mau ASI”. Bukan idealis tapi gue mikirnya gue dikasi berkat buat bisa meng-ASI-hi tapi kenapa gue membuang berkat itu sedangkan diluar sana mungkin banyak buibu yang pengen ngasi ASI ke anaknya tapi ga bisa.
Di Mom n Jo, gue langsung dipijit en rasanya yaowooo sakit bangettt! Biasanya gue kalo dipijit badan tuh nagih en berharap waktu jalannya lambat tapi x ini kagakkkk, gue berharap cepet kelar deh en cepet balik normal PD gue. Therapistnya juga bingung kok sampe begini amat sikon PD gue. Sepanjang proses pijit, gue nangis en treak kesakitan. Kelar dipijit, sikonnya uda lebih mending. Gue pegang uda ga sekeras di awal. Therapistnya bilang langsung pompa aja. Ya uda tuh sembari nunggu Jo jemput, gue mompa sampe naik mobil pun gue mompa *ditutup pake nursing cover*
Di rumah, PD gue pun dipijit lagi sama tukang urut langganan. Jangan ditanya lagi gimana rasanya. Sakit en cape banget gue 😭 Puji Tuhan drama ini berlalu. Kelar dipijit dua x ini kdaannya jau lebih baik. Gue kembali mompa en abis itu gue langsung tepar, tidur dulu.
Bisa dibilang hari itu jadi hari yang ga bagus dah buat gue 😒
Perihal PD bengkak, sebenernya ga cuma x itu doank. Di hari2 lain juga ada tapi bersyukur ga sampe jadi kayak waktu itu *amit2 coy coy* Gue sendiri juga jeran kenapa bisa sampe gitu secara durasi gue mompa bisa dibilang *bagi buibu lain* lama, stengah jam untuk 2 PD terus itu uda tuntas tapi ga tau deh kenapa bisa tetep jadi bengkak kemeng πŸ€”
Selain bengkak, cape itu pasti shay, ahahahaha. Ngurus anak uda cape ditambah kudu mompa en bgadang, lebih cape lagi πŸ˜‚ tapi balik lagi ini pilihan masing2 individu. Mau itu nyusuin langsung; mompa ASI; ga kasi ASI (sufor); ngurus anak dengan atau tanpa bantuan ART/BS en hal2 lain itu jadi pilihan mutlak ke masing2 pihak en ga perlu qta judge terlebih qta ga tau kdaan mereka tuh dalemnya kayak apa 😊
Oke balik lagi…
Dibalik rasa cape, PD kemeng en mamak zombie, gue punya rasa bangga sama diri sendiri loh. Boleh donk ya feeling proud of myself πŸ˜† ternyata gue bisa en sanggup lewatin hal2 ini sampe masa sekarang πŸ˜€ opkors ga lepas dari support banyak pihak *ga perlu gue sebut atu2, U know who U are* terus bisa meng-ASI-hi sampe Bboy usia 6bulan ini juga jadi kebanggaan tersendiri ❀
18-05-07-15-01-12-571_deco
Kalo ditanya mau ASI sampe kapan, gue bingung c, hahahahaha. Kalo “diijinin” bisa sampe usia Bboy 1tahun, gue hayuk. Lebih dari 1tahun *en kalo gue rajin, wkwkwkwk* juga hayuk. Liat sikon dah gimana nanti πŸ˜‰
Hal lain yang buat hati bangga, gue masih dikasi kesempatan bisa nyetok ASIP plus bisa donor buat ke bayi2 lain yang membutuhkan 😊
Harapan gue ga muluk2, semoga ke depannya drama PD di dunia perASIan ini ga keulang lagi, lancar2 aja πŸ˜„ terus semoga ASI gue bisa mencukupi kebutuhan Bboy, amien!!!
Advertisements

23 thoughts on “6 Bulan Bersama-mu …”

  1. Gue bayangin kemeng kok jadi ngilu… Hahahaha. Sudah lama ga merasakan PD besar dan kemeng, sekarang mah… *tarik dan hembus nafas kecewa* yah gitu lah. Balon kempes. Hahahahahahaha

    Like

  2. Wah selamat ya udah 6 bulan! Turut senang! Aku masih 4 bulan nih dan udah bbrp minggu (ada kali sebulanan) nggak pernah mompa. Stok ASIP back to zero, wkwkwkwk. Lha wong nggak ada sisanya buat dipompa. Jadilah tak ada lagi momen2 daku ngemol bertiga suami & anak sulungβ€” smentara si baby di rumah bersama botol. ASIP, kekekekeke. Skrg ya diajak kemana-mana si doi.

    Like

      1. Iya. Akupun pernah jg sampe bengkak gitu. Ya ampun bingungnya…. udah kompres2 kok masih bengkak…. udah dipompa jg besokannya bengkak lg. Ampun

        Like

  3. Semangat y Ci mudah2an bisa lancar kasih asi lebih dari 1 thn 😊
    Smp skrg masih suka sakit PDnya Ci? Mudah2an kedepannya ga kambuh lagi y, n ga sakit smp berhari2 😣

    Like

    1. amien!! Iya semoga bisa ya sampe lbh dr 1th, yoshh smangattt!! πŸ˜ƒ
      masih suka sakit2 Fe en sampe lecet2 berdarah juga 😒
      tengkiu ya Fe supportnya 🧑

      Like

  4. semamadddd ci ping,, setengah taon lagiii.. pasti encerrrr gancil yaaaa.. setengah jalan lagi kok..
    #ngomomguntukmenghibur diri

    Aku kayana juga setaon mao lepas pompa,, lelah hayatii..

    Like

  5. ping semangat terus eping hehehe .. it rhymes πŸ™‚ semangatttt terussss yaaaa walopun pas awal2 baca gw ikutan ngilu .. tapi emang kekuatan seorang ibu tuh dahsyaaattttttt … the power of loplop yang ga sadar bikin kita bisa jalanin ini semua yaaa .. bravo mama dewi πŸ™‚

    Like

  6. emang ci ga langsung breast feading ya? kasih asi lewat pompa aja? ak juga soalnya lg ngalamin cape nya harus pompa asip

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s