B’s Five Months Old

Like usual ya, tiap bulan gue akan usahain update perkembangannya B πŸ™‚ en gue akan cerita berdasar foto2 yang ada plus gue mulai dari yang ga enak (sedih) ke yang enak (nyenengin)
berair en merah
berair
Tiap liat itu foto, rasanya nyess banget. Jadi entah kenapa, tiba2 matanya B pas bangun tidur itu penuh ketutup sama belek warna ijo. Ga cuma itu, beleknya mengeras jadi B ga bisa buka matanya en terjadi di mata sebelah kanan. Biar B bisa buka, mata kanannya gue basuh pake kapas air anget jadi beleknya bisa keangkat tanpa melukai mata B. Gue sama Jo kira ya uda kelar eh taunya sepanjang hari itu matanya jadi berair en banyak belek cair di sudut matanya, masih yang kanan. Qta masih santai en mikir “mungkin matanya lagi kotor makanya berbelek” eh ga taunya di hari besok gantian di mata kirinya sampe akhirnya dua matanya pun ketutup sama belek. Duh mule bingung ini knapa. Terus gue inget pas B umur sebulanan pernah juga matanya belekan tapi ga separah ini, cuma ada beleknya aja gitu tapi ga berlangsung sampe berhari2 en itu dikasi obat tetes sama dsa-nya Cendo Fenicol jadinya gue tetesin deh tuh obat mata lagi. Tapiiiii ga kunjung sembuh juga uda 2 harian sampe akhirnya qta mutusin buat bawa ke dsa lagi tanya knapa kok bisa gini. Ternyata dsa yang biasa lagi cuti alhasil ke dsa lain di RS Mitra Kemayoran (kesini lagi dah gue, hahahaha). Kelar diperiksa, dsa-nya bilang ada penyumbatan saluran air mata en pernafasannya B makanya jadi suka berbelek en berair. Solusinya tetep dikasi Cendo Fenicol sambil rajin deh diurut di tulang idungnya dari atas ke bawah. Dsa-nya juga kasi resep berupa antibiotik kalo2 sampe 4hari ke depan belum sembuh ya B kudu minum itu obat.
Sepulang dari RS, gue sama Jo mutusin buat ga nebus itu obat dulu deh, sebisa mungkin B ga minum itu antibiotik. Ini bukan maksud sok idealis, bukan tapi lebih pengen coba cara biasa dulu. Ga mudah emank karena sampe hari keempat kondisi mata B masih berair en berbelek tapi kabar bagusnya ga separah sebelum2nya. Masuk hari kelima, qta mulai galau mau nebus apa ga en mutusin “ya uda lah tebus aja” tapi entah kenape deh ga ditebus2, hahahaha sampe di hari keenam, kondisi mata B berangsur membaik. Uda ga berair dulu awalnya terus lama2 beleknya berkurang sampe sekarang uda ga berbelek lagi πŸ˜€ Puji Tuhan! Semoga kejadian kayak gini ga terulang lagi deh, amien! Bersyukurnya lagi selama matanya berair berbelek, B tetep ceria kayak biasanya.

 

sstt, jangan ganggu ya, B lagi belajar nii
sstt, jangan ganggu ya, B lagi belajar nii
Nah ini B demen banget sama soft booknya. Dari yang awalnya diliatin doank terus dipegang2 bejek sampe dimasukkin ke mulut, hahahaha. Kalo tuh soft book itu dalam kondisi kering ya bagus tapi jarang soalnya selalu basah sama liurnya B, LOL.

 

gaya boss di stroller
gaya boss di stroller
Gimana keren ga gayanya B?!!hahahaha. Ga ada yang ajarin tapi B demen bener naikin kakinya 1 diatas tiang melintang strollernya. Uda qta turunin eh masih aja diangkat naik en qta pun nyerah, hahahaha. Ga cuma di stroller ternyata,
gaya boss lagiii
gaya boss lagiii
B juga suka naikin kakinya ke meja. Nah kalo ke meja, qta usahain buat turunin biar ga kebiasaan nantinya.

 

teether B
teether B
Tadinya B punya teether yang merk dr. Brown tapi tiap gue kasi B tuh ga mau. Pegang bentar terus dibuang, masuk mulut pun kagak. Setelah gue liat2 itu teether keras pantes anaknya ga mau. Setelah nanya2 di grup blogger en besties, muncullah merk Pigeon yang katanya lembut lembek. Meluncurlah gue buat beli itu teether en abis gue bersihin langsung gue kasi ke B eh anaknya demen bener. Ga pake lama dipegang, masuklah hap ke mulutnya digigit2, hehehehehe. Tujuan gue ngasi teether ini biar B ga sering2 masukin jari2nya ke mulut soalnya kalo uda terlalu asik eh jadi uek2 kayak mau muntah.

 

gemesin
gemesin
Kalo liat foto diatas, badannya B uda miring2 sendiri tapiiii belum bisa tengkurep. Ini foto gue ambil pas posisi tiduran gue diatas posisi tiduran B terus gue iseng manggil2 eh B langsung miringin badan en nenggak kepalanya keatas sambil ketawa2.

 

B tengkurep sendiri loh ini!!!
B tengkurep sendiri loh ini!!!
YEAY!!! Serius gue sama Jo bahagia bukan main, hahahaha lebay ya tapi ga apalah tokh bahagia liat perkembangan anak sendiri. Jadi pas umur 5 bulan itu, B tiba2 tengkurep sendiri. Gue yang ngeliat sampe teriak bahagia en anaknya cuma cengo aja liat mamanya syok girang, hahahaha tapi uda gitu doank. Abis kejadian itu, B ga tengkurep sendiri lagi. Sampe gue mikir ni anak ngeledek mamanya x ya kemarin2. Tanggal 19 Mei, bener2 deh B tengkurep sendiri en itu terjadi terus sampe sekarang (kayak foto diatas). Duh semeriwing bahagia deh gue πŸ˜€Β Dengan uda bisanya B tengkurep, dipan ranjang qta copotin jadi kasur taro di lantai. Ini jaga2 en mencegah aja biar B ga glutuk2 jatoh dari kasur.

 

digendong pake cukin
digendong pake cukin
Di umur 5 bulan ini, gue uda ngurangin pake cukin soalnya bahu sebelah kanan sering sakit secara kalo pake cukin beban ditanggung di 1 bahu aja en tangan yang megang badan/kepala B pun pegel bukan main. Ga mungkin donk ya kalo ga pake alat bantu, alhasil gue membujuk Jo buat beliin ergo. Tenang2, bukan yang asli kok, hehehehe bisa2 makan indomie tiap hari tar πŸ˜› Sebelum beli, gue tanya2 dulu sama Mira, Epoi en Rere karena mereka uda pake duluan abis itu pas meet up blogger, Jo pinjem pake ergonya Epoi biar Jo juga bisa ngerasain kalo emank pake ergo ya enak. Baru deh gue order en emank enak. Beban ditanggung sama 2 bahu en hands free pula πŸ™‚
digendong mama pake ergo
digendong mama pake ergo

 

B diisengin mama
B diisengin mama
Berat B sekarang 7,3 kg, naiknya ga banyak dari 7 kg di bulan lalu tapi gue sama Jo bersyukur karena buat qta yang penting beratnya ga turun aja πŸ™‚ terus perkembangan lainnya, B uda meninggi loh en sekarang2 terlihat ga sesemok endud biasanya, uda kurusan. Yang penting sehat2 ya anak mama papa, amien!!

Daddy & Daughter

Kalo kedeketan gue sama B, ga usah ditanya ya secara hampir tiap waktu qta berdua selalu bareng2 nah gimana dengan Jo? Puji Tuhan walo mereka ga tiap waktu bareng tapi Jo selalu usaha buat quality time bareng B.
Di postingan ini, gue ada cerita sedikit rutinitas Jo sama B. Gitu B bangun tidur, diajaklah main sama Jo abis itu dijemur terus qta mandiin B. Qta?! Hooh qta, hehehehe jadi gue sampe sekarang belum berani mandiin B sendiri. Biasa gue mandiin B di kasur yang dialasi perlak, gue sabunin en shampoin dulu abis itu diangkat sama Jo ke bak mandi. Nah proses angkat itu lah yang gue ga berani, karena gue pernah kepleset ngangkat B jadi gue masih takut. Di bak mandi, qta bilas B bareng2. Uda bilas baru deh handukan en pake baju. Kelar mandi, Jo ga langsung turun gawe tapi masih lanjut main sama B sembari gue bebenah urus hal lain.
Jam maksi, gue sama Jo biasain makan bareng2 en di sisa jam maksi itu Jo juga ajak main B kalo emank B ga tidur. Sore2 kelar Jo gawe, langsung deh main lagi sama B abis itu baru Jo mandi. Biasanya kelar Jo mandi itu tanda buat gue “me time” hahahaha, jadi B diurus sama Jo. Diurus dalam arti diajak main, kalo diajak tidur itu mustahil, wkwkwkwk beneran deh. Kalo B sama Jo tuh ga akan bisa tidur, yang ada mereka bakalan main en ketawa2. Buat ajak B main, Jo ga perlu pake usaha lebih sampe jungkir balik deh. B liat muka Jo aja ya tuh uda senyam senyum girang loh, hahahaha, eh gitu diajak main tow becandain dikit, B uda bisa ketawa2 sampe ngikik πŸ˜€
Awal2 dalam ngurus B emank deh ya ada dramanya antara gue en Jo. Gue waktu itu berharap Jo bisa langsung handle B tanpa langsung diminta tapi kenyataannya ga gitu kakakkkkk, huhuhuhu. Perlu banget deh gue omongin dulu sampe brantem sgala tapiiii semakin kesini gue semakin sadar kalo urus anak buat Jo itu butuh proses, butuh waktu. Kalo qta sebagai mama secara langsung nongol deh tuh naluri ibu sedangkan buat para lelaki ga bisa langsung. Seiring waktu, Jo bisa ngerti en mau bantu handle B tanpa perlu diminta, contohnya kayak rutinitas yang gue cerita diatas. Selain rutinitas itu, hampir tiap malem ke subuh kalo B nyari susu itu yang bangun ya Jo. Gue?! Tidur pules, hahahaha. Tugas gue malem ke subuh itu ya tidur en mompa aja πŸ™‚ Gue bersyukur banget dengan bantuan Jo yang mau bangun buat ngasi susu ke B padahal gue tau kalo Jo itu juga ngantuk tow cape tapi Jo ga ngeluh apa2 ke gue.
Kalo jalan2 ke mall tow keluar rumah, paling sering yang terjadi itu B digendong terus sama Jo. Walo qta bawa stroller tow cukin, tetep Jo lebih milih buat gendong B. Kalo pun B ditaro di stroller, Jo juga lah yang dorong itu stroller. Kalo cukin engga lah ya, ga nyampe itu panjang kainnya ke Jo, hahahahaha. Jadi kalo ke mall terlihat kayak “tugas” qta kebolak. Jo gendong B en gue lah yang bawa2 tas perlengkapan B. Buat gue ga masalah itu malah gue mikirnya dengan Jo handle B selama di mall tow jalan2, itu jadi “kado” gue buat nikmatin waktu en ga pegel boo gendong2 B, hehehehe

 

Ini waktu usia B tepat 1 bulan. Waktu di usia ini, Jo belum terlalu banyak urus B karena masih sibuk sana sini ngurus kerjaan
Ini waktu usia B tepat 1 bulan. Waktu di usia ini, Jo belum terlalu banyak urus B karena masih sibuk sana sini ngurus kerjaan

 

nyusuin kayak gini dink yang masih Jo lakuin sampe sekarang bahkan subuh2
nyusuin kayak gini dink yang masih Jo lakuin sampe sekarang bahkan subuh2

 

lagi ngobrol2 tapi pake ngikutin gaya B yang nemplok plek di kasur :P
lagi ngobrol2 tapi pake ngikutin gaya B yang nemplok plek di kasur πŸ˜›

 

balik tidur abis jemur, hahahaha
balik tidur abis jemur, hahahaha

 

bukti kenarsisan en keisengan bapak anak
bukti kenarsisan en keisengan bapak anak

 

muka2 narsis bahagia
muka2 narsis bahagia

 

gossip time
gossip time

 

ini gaya B kalo digendong sama Jo, keliatan manjanya deh
ini gaya B kalo digendong sama Jo, keliatan manjanya deh

 

Semoga kedeketan Jo sama B terus menerus berkembang ke arah yang baik. Jo sendiri punya harapan bisa deket sama B dalam arti kelak B besar ya bisa curhat, jalan2 en main sama papanya tanpa ada rasa sungkan tow canggung πŸ˜‰

 

Piye Kabare?!

  • B?
Kalo ini ga usah gue ceritain ya soalnya tiap bulan ada cerita perkembangan B *terus ngapain ditulis Ping?! Ya biar panjang aja nii postingan* wkwkwkwkwk..
  • Usaha (pekerjaan)?
Kalo dari kacamata gue, usaha yang qta kerjakan punya perkembangan yang baik tapi tetep ya ada kalanya ini usaha sepi orderan. Sepi bukan berarti blass ga ada samsek, ada tapi ga sebanyak biasanya. Kalo lagi rame ya rame sampe suka keteteran packing barang tapi kalo lagi sepi ya sepi sampe kalo packing itu santai.
Progress yang signifikan itu qta dapetin hak pemegang tunggal satu brand di Indonesia. Rasanya seneng banget terutama buat Jo, ga sia2 dink bolak balik Jakarta LN buat deal sana sini πŸ˜€ Sekarang lagi fokus buat masarin en ngembangin ini brand di Jakarta.
Selain itu, per bulan Mei ini, qta uda hire 1 tenaga kerja πŸ™‚ Sedari awal dimulainya ini usaha emank berniat mau pake tambahan tenaga kerja (karyawan) buat urus admin kantor plus bantu2 packing juga. Niat ini qta realisasikan sekarang karena bulan2 sebelumnya, qta mau liat sejau apa perkembangan ini usaha. Kan ga lucu ya usaha mandek tapi kudu kuar biaya buat gaji orang, bisa2 bengkak di pengeluaran. Proses dapetin karyawan ini ga susah karena temen gue sendiri yang dulu kerja di klinik kantor gue, hehehehe. Eitsss gue ga bajak loh jadi temen gue ini emank sejak gue belum resign uda bilang mau cari kerjaan di tempat lain *gue ga ceritain ya alesannya, panjang nanti* tapi sampe gue resign en butuh karyawan, dia belum juga dapet kerjaan baru. Jadi gue tawarin mau apa engga. Waktu gue tawarin, gue ajak Jo juga buat ketemuan sama dia en qta jelasin mekanisme kerjaan qta kayak apa en tanggung jawab kerjaan dia kayak gimana. Disitu gue tegesin kalo pekerjaan yang gue tawarkan ini sangat jau berbeda dari pekerjaan dia sekarang sebagai therapist klinik. Gue pun kasi dia waktu buat berpikir selama 4hari. Terus gue nekenin ke dia buat terima tow ga ni kerjaan jangan liat gue, maksudnya gue ga mau dia terima karena ga enak sama gue. Gue ga mau kayak gitu, namanya terpaksa. Kalo emank ga mau, ya tolak aja, gue ga masalah en bukan tipikal yang akan ngambek terus bhay sama pertemanan. Puji Tuhan, hasilnya temen gue mau en sekarang uda beberapa hari kerja uda keliatan kemajuannya juga. Masih ada yang kurang2 tapi seiring sejalan juga pasti bisa, yang penting mau belajar en usaha (ini yang gue bilang pas dia cerita kalo dia masih kagok en takut salah).
  • Rumah?
Selama tinggal di rumah yang baru tetep ada aja c yang kurang tapiiiii bersyukurnya pihak owner itu helpful banget en mau tanggung jawab. Contohnya, tempat buat cuci piring bocor. Emank c abis Jo SMS buat info, pihak owner ga langsung dateng tapi mereka tetep respon keluhan qta terus beberapa hari kemudian akan dateng deh tukang dari owner buat benerin masalah yang ada di rumah.
Kalo sekarang yang lagi jadi masalah itu, air di kamar mandi rembes ke tembok en kadang rembesnya kuar jadi ubin basah dink. Jo uda laporan mengenai hal ini en uda ditanggapi juga sama owner jadi qta lagi tunggu tukang buat benerin dateng.
Kalo kata Jo “qta kayaknya emank berjodoh ya sama air” wkwkwkwkwk abis masalah rumah yang qta adepin tuh ga jau2 dari air loh πŸ˜›
  • Gue en Jo?
Kabar qta berdua nano nano. Seneng ada, risau ada, gundah ada, bahagia ada ya pokoknya semua ada deh. Apapun yang qta lagi hadapin, qta bawa dalam doa en senantiasa bersyukur πŸ™‚
Prioritas idup qta juga berubah sejak punya B. Semua serba buat B. Tapi gue selalu ingetin Jo buat ga melulu tentang B, idup qta sendiri juga harus diperhatiin. Misal kayak “me time” menurut gue ini perlu biar ga stress en biar relax. Ada kalanya gue ijin sama Jo buat sekadar ke salon gunting rambut en jalan2 bentar ke Sunter Mall, hahahaha. Iya gue tau itu mall cuma seemprit gedenya tapi hati gue uda seneng bisa jalan2 santai. Kalo ga jalan2, Jo ngasi gue waktu buat belanja secara online. Belanja apalagi kalo bukan baju, hahahaha. Menurut Jo, walo uda jadi istri en punya anak, penampilan itu tetep perlu diperhatiin. Sama halnya juga dengan skincare wajah, kalo Laneige gue uda abis ya Jo rela ke mall bentar sekadar beliin itu produk πŸ™‚ Bukan biar Jo ga malu kalo jalan keluar, bukan tapi lebih buat kepuasan hati gue kalo keluar tetep cakep *ni maksudnya gue ga cakep ya?!*hahahaha. Gue pun setuju sama pendapat Jo ini en gue pribadi c emank ga mau terlalu lancai2 amat kalo pergi2, hehehehe.. Itu kalo “me time” gue, kalo Jo “me time”nya itu kasi waktu aja buat dia main sama HP, hahahaha beneran deh. Jo uda puas banget bisa main HP kayak nonton video di Utube sama main Candy Crush. Selebihnya ya qta suka mijit jadi panggil tukang urut langganan ke rumah aja terus ganti2an jaga B tow ga, qta suka pergi nonton plus jalan2 berdua, B qta titip sama nyokap gue πŸ˜‰
Bukan cuma prioritas yang berubah tapi jam en aktivitas qta juga pasti berubah. Kalo dulu belum punya anak, tiap weekend tow libur pasti bangun siang sekarang ga bisa kakakkkk. Jam 7 pagi qta berdua uda bangun karena B jam segitu uda bangun. B bangun tugas gue kasi susu abis itu dibawa sama Jo ke teras atas buat dijemur sekitar 15-20 menit. Kelar jemur, B diajak main bentar baru deh mandi. Kelar mandi, nyusu lagi terus tidur. Siangnya, Jo kerja sedangkan gue abisin waktu dengan ngurus + main sama B en mompa susu. Jam sore, gue bawa B ke bawah buat digendong sama Jo en dibawa jalan2 sore si komplek rumah. Kelar jalan2, B mandi sore terus main sampe ke jam tidurnya. Repeat terus kayak gitu tiap hari, hehehehe.Β Aktivitas yang qta jalanin ga saklek harus yang ini sama Jo yang itu sama gue, engga. Tergantung siapa yang lagi bisa aja yang ngelakuin.
Yang berubah lagi diantara qta berdua dari segi sikap en sifat. Awal2ny Jo itu males deh buat bantu gue sekadar cuci bosu2 tow ga ganti diapers. Kalo mood gue lagi bener tow ga lagi cape banget, gue maklum en ngerjain aja kayak biasa tapi kalo gue lagi konslet, gue bisa bete en kesel. Gimana ga kesel kalo gue uda cape abis mompa terus lagi tidur eh dibangunin buat gantiin diapersnya B padahal Jo itu bisa tapi dia ga mau. Gue emank tetep ganti itu diapers tapi Jo bakal gue cuekin!hahahaha. Buibu, mungkin terkesan lebay tow kok gue ga bisa apa2 sendiri ya tapi percayalah kalo buibu uda di posisi ini akan ngerti en asal tau aja dengan dibantu ganti diapers tow cuci bosu itu uda besar artinya loh buat qta (gue). Uda ngebantu banget ngeringanin beban yang perlu dikerjakan. Tapi kalo buibu tetep kekeh bilang “harusnya kerjain sendiri, ga perlu bantuan suami” sok atuh gpp, gue ga permasalahin tapi tolong juga jangan nyinyir ke gue. Dari gue cuekin, gue akan nunggu sampe mood gue balik bagus dulu terus baru gue bahas ke Jo kenapa gue sebel sama dia. Puji Tuhan Jo bisa ngerti en sejak itu tanpa gue minta, jo inisiatif buat cuci bosu tow ganti diapers :’) Masalah diatas cuma salah satu dari sekian banyak masalah yang ada tapi gue sama Jo bersyukur karena qta mau terbuka buat cari jalan keluarnya jadi kalo brantem ya ga lama2 en ketemu solusinya juga.
Yak itu dink kabar terbaru seputar kehidupan gue en Jo πŸ˜€
PhotoGrid_1462870740368
salam hangat dari pamamud, aheyyy!!