Birth Story of J.B.K (part 1)

Uda siapin popcorn? Monggo loh kalo mau siapin dulu, hahahaha, oke dink capcus deh ya cerita kelahiran baby B πŸ™‚
Estimasi awal kelahiran B ada di akhir bulan Desember yang bertepatan dengan tanggal ultah gue tapi di trimester ketiga, estimasinya jadi maju karena berat badan B uda masuk ke 3kg. Jadi kalo berat bayi besar, HPL (hari perkiraan lahir) maju sedangkan kalo beratnya kurang, HPLnya mundur tapi ini bukan aturan mutlak ya. Tergantung sama sikon yang ada. Di awal2 bulan Desember, gue uda harap2 cemas, hahahahaha.
Jumat, 11 Desember entah kenapa abis mandi lagi mau pake baju, mendadak gue tuh sesek napas en kliyengan mau jatoh. Infoin ke Jo tapi mikir “ahh tar juga ilang” plus inget besoknya itu jadwal kontrol kehamilan, gue pikir ya sekalian aja jadi ajakan Jo ke RS ya gue tolak. Ada deh gue baring2 beberapa belas menit tapi kok rasa makin ga enak akhirnya gue minta dianter ke RS. Sebelum ketemu dr. Budi, kayak biasa ditensi dulu en hasilnya rendah. Nunggu bentar sebelum dipanggil en pas masuk, dokter bingung kok dateng lebih awal dari jadwal. Gue ceritain yang gue alamin terus langsung deh di USG.
Untuk keadaan B-nya sendiri normal en baik tapiiiiii di air ketuban gue ada infeksi. Di layar, air ketuban warnanya hitam nah sedangkan yang terpampang di layar ada beberapa bagian ada warna putihnya (kayak bercak noda). Dari sini, dokter uda minta gue test lab khususnya CRP (kadar protein). Terus gue pun cerita kalo beberapa belakangan ini gue sering dapet rembesan air di celana dalam tapi itu terjadi kalo gue beraktivitas banyak kayak jalan2, tapi kalo dirumah aja engga ada, bersih. Dokter bilang sepertinya itu rembesan air ketuban. Ditanya lah gue ada cek pake kertas lakmus ga, gue bilang ada beberapa x en hasilnya ada semburat biru. Kertas lakmus yang gue punya warnanya pink en kalo kena air ketuban muncul semburat biru (ga tebel2 amat). Langsung deh diminta pindah tempat ke kursi (yang kaki ngengkang) buat cek bener ga itu air ketuban yang rembes. Buka kaki en di cek, hasilnya bukan tapi gue bilang kalo ada semburat biru beberapa x gue cek, akhirnya donk di cek dalem. Berasa salah ngomong gue, wkwkwkwkwk. Gileee mamen, sakit!!! Terus hasilnya masih bukan air ketuban tapi tetep dokter bilang harus test lab plus CTG. Test lab deh gue en hasilnya kuar saat itu juga (nunggu se-jam). Kelar diambil darah, naiklah gue ke ruang observasi buat CTG.

image

Setelah baringan, dipasang semacam belt gitu ada 2 warna, pink sama kuning. Yang pink gunanya buat ngitung kontraksi yang terjadi sedangkan yang kuning buat tau denyut jantung debay.

image

Nah kalo ini kudu gue pencet kalo gue ngerasain gerakan debay selama di CTG.

image

Keliatan ya kertasnya? Itu hasil CTGnya πŸ™‚
Gue di CTG selama setengah jam en selama di CTG, prasaan gue campur aduk en untungnya ada Jo disamping. Ditenangin sambil dibilangin kalo semuanya akan baik2 aja. Hasil CTG, gue ada beberapa x ngalamin kontraksi (grafiknya tinggi) terus pergerakan debay en detak jantungnya juga bagus. Tinggal nunggu hasil lab deh ini, pas nunggu ya, gue ada WA2an sama grup Bumil-ers, line2an sama besties dengan maksud biar gue ga terlalu cemas tapiiii ga bisa!! Uda rembes aja donk air mata *cengengggg* gue takut! Takut B kenapa2. Takut takut yah pokoknya gue emank takut, ga oong!!
Setelah hasil kuar, qta dipanggil lagi ke dr. Budi en setelah dokter baca hasilnya, dia jelasin kalo kadar protein gue diambang batas yaitu 6 (harusnya tuh < 6) en saran dokter sebaiknya B dikeluarkan segera soalnya takut jadi kenapa2 di dalam. Denger hal ini, gue ciut nyali, hahahaha berasa belum siap aja ditambah lagi di hari Minggu itu, Jo ga di Indo sampe Senin. Gue ada tanya ke dokter kalo nunggu sampe Jo pulang gimana. Dokter bilang ya boleh aja tapi tar dikasi antibiotik terus 3 hari kemudian balik RS buat tes darah lagi. Bahas lagi sama Jo baiknya gimana en Jo maunya dikeluarkan sekarang aja. Gue masih gamang, dokter bilang coba dipikir baik2 dulu aja Bu. Ga beranjak tuh gue, duduk aja diem mikir. Akhirannya gue mutusin buat melahirkan saat itu dengan pemikiran gue ga mau B kenapa2 terlebih kalo gue harus nelen antibiotik en gue ga mau bayar tes darah lagi. Tokh cepet ato lambat, B akan dilahirkan kan. Setelah gue bilang mau melahirkan, gue bilang mau normal delivery jadi dokter ngasi induksi.
Keluar dari ruangan dokter, gue digiring ke kamar observasi lagi sedangkan Jo ngurus down payment buat biaya2 gue melahirkan. Ga lama nyokap gue pun dateng nemenin. Selama di ruang observasi, yang paling engga banget itu gue di cek dalem lagi. Diminta relaks, yaowooo mana isooo ya *nangis2 di pojokan* sama dikasi obat buat pencahar. Waktu susternya ngasi (lewat bawah) uda dibilangin “tahan sampe bener2 mules ya Bu” gue kira efek obatnya akan lama jadi bisa ditahan2 sampe mules eh taunya cepet aja tuh obat bereaksi. Ga ada deh bisa tahan2, hahahaha langsung ngacir ke WC.
Kelar dari WC, dikasi gelang yang isinya nama, dob, kode rekam medis sama barcode.
image
ga bisa request warna nii, LOL
Terus mulai deh dipasangin alat2 buat infus induksi yang rasanya sakit sodara2 *uda sakit kudu bayar pula*

image

Gue ada tanya sama susternya kira2 berapa lama induksi ini akan bekerja en katanya sekitar 6jam lagi. Jadi prediksi gue, di jam 8 malam (infus induksi dipasang jam 2 siang) akan mules2 donk ya. Ga berapa lama, gue teler loh, hahahahaha. Itu induksi apa obat bius dah :p Bangun2 uda sore en gue belum ngerasain apapun, masih bisa ngobrol sama Jo, nyokap en ade2 bahkan nyengir buat foto2, wkwkwkwk

image

image
ngasi semangat buat B, muahhh!!
Sampe di jam 8 malam en berlanjut sampe subuh2, gue sama sekali ga ngerasain mules2 yang melilit gitu. Ada mules tapi masih bisa gue tahan tapi ya uda abis itu bahkan kata Jo pas tidur aja gue ngorok, LOL! Jo sama susternya bingung! Gue rasa itu induksi kalah kuat x ya sama lemak2 gue, hahahaha.. Cuma setelah diinduksi itu emank berasa tuh pinggang kek pegel2 ga nyaman, tidur juga ga bisa sampe pewe2 amat *boong lo Ping, buktinya ngorok* wkwkwkwk. Sedangkan Jo yang nemenin gue itu ga bisa tidur sama sekali. Tidur di kursi lipet terus tiap gue gerak dikit buat ganti posisi tidur en mau ke WC, Jo pasti bangun *duileee suami siaga* sekadar buat cek keadaan gue en nganter gue ke WC buat pegangin itu infusan.
Subuh2nya sekitar mau jam 5an, suster cek sikon gue plus dia ijin cek dalem en entah gegara gue baru bangun juga x ya, ga sakit loh. Gue relaks bangetttt! Hasilnya?! Pembukaan cuma 1 cuy, huahuahuahua padahal induksi yang dikasi uda 2 botol!! Suster minta gue sama Jo nunggu sembari dia info hal ini ke dr. Budi en sekalian tanya baiknya gimana buat gue terlebih itu uda 2 botol induksi tapi ga ngefek apa2 di gue.
So, apa keputusan dr. Budi?!
Apa gue sama Jo setuju sama keputusan dr. Budi?!
Biar penasaran ya ditunggu ya cerita selanjutnya *dijejelin induksi lagiiii*
Advertisements

35 thoughts on “Birth Story of J.B.K (part 1)

  1. Hahaha, ending nya ala2 pembawa acara infotaiment yg bikin para pembaca penasaran. πŸ™‚
    ditunggu lanjutan nya ya ping.. hehehe

    Like

  2. Ahhhh jahat ihhhhh ceritanya nangung kayak sinetron 😭😭😭😭😭
    Jgn lama2 yakk critanya *pembaca ga tau diri *ditimpukbotolASIP πŸ˜πŸ˜πŸ˜…πŸ˜…

    Ditunggu lanjutannya yaa…

    Like

  3. Ini sama kaya komen yang diatas an Ester Aprilon nih, itu kadar protein bisa segitu gegara apa ya Ping? Ayo Ping lanjutkan storynya.. Penasaran banget nihh Ping..

    Like

  4. Ko Jo bener2 jadi suami siaga bangetttt ya ciiii *terharuu* semoga hendra juga nanti bisa jadi suami siaga yaaa ..hehehe
    wahhh wahhh, masih lanjut ke episode selanjutnya nih ?gegara Brynanya bangun bobo atau emang emaknya aja nih yg pengen bikin penasaran ? :p

    Like

    1. qta sehati buat bikin permisah penasaran Ge *ditoyor* hahahaha..

      apah?! sapa yang mau kepala 3 Ge?!! hahahaha iya2 deh gue ngaku, bentar lagi mau kepala 3 *ganti taun lahir*
      makasih Ge *blushing* muahhh!!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s