32weeks (+)

Olaaaaaaa!! Mau update perkembangan kehamilan nii, moga yang baca ga bosen2 ya, hehehehe..
Perkembangan B yang paling buat gue kaget itu berat badannya. Kalo berat badan gue uda ga usah dibahas deh ya, selalu naik dari waktu ke waktu, hahahahaha.. Berat badan B naik *yang menurut gue* kok banyak amat. Kenapa gue bilang banyak? Jadi gue ada ni tabel berat badan perkembangan debay selama di rahim qta, berdasar tabel di 32minggu itu sekitar 1,6 kg sedangkan pas dokter menimbang2 berat B itu uda nyaris 2 kg! Gue yang denger pas lagi di USG sampe sempet treak. Bukan treak heboh ala sinetron, treak “ha” plus nanya “ga salah itu Dok?” hahahahahaha. Berat B 1996 gram tepatnya en menurut dokter itu bagus2 aja. Perkembangan lainnya kurang lebih sama kayak kontrol2 sebelumnya, B dalam sikon yang sehat en aktif juga.
Waktu lagi usg (7 November), ada hal lucu. dr. Budi nyeletuk ke gue en Jo, “Pak Bu, ini uda pasti ya gendernya cewek” sambil senyum simpul (gue rasa nii dokter jera x ya kalo ditanyain mulu, hahahaha) terus Jo sautin “harus itu Dok soalnya di rumah uda serba pink baju2nya” en disautin lagi sama dr. Budi “tenang Pak, kalo berubah tar saya gantiin warna2 bajunya” wkwkwkwkwk gubrakkk dink c dokter, sempet2nya dia bercandaan begini.
Kelar usg, qta bertiga ngobrol lebih ke arah metode persalinan. dr. Budi optimis gue bisa lahiran secara normal (terlebih posisi kepala B yang uda dibawah) en dia pun mendukungΒ hal itu kecuali kalo emank ada permintaan khusus dari gue buat caesar ya dia ikut aja. Tapi selebihnya dia mengarahkan gue buat persalinan secara normal. dr. Budi juga bilang kalo emank uda lewat dari bulan lahir, dia mau nunggu dengan catetan emank sikon gue terlebih B di perut itu baik. Selama konsultasi ini, dr. Budi emank blak2an ngasi tau kemungkinan terburuk kalo misalnya gue pake ILA pas persalinan normal en ga cuma tentang ILA aja tapi hal2 lain yang gue tanyakan. Emank c gue jadi kaget tapi gue menghargai kejujuran dia, setidaknya dr. Budi bukan tipikal dokter yang cari aman dengan kasi jawaban yang cetek kayak “oh itu ga apa2 kok” tow jawaban lain tapi dia ngasi jawaban yang berbobot en jelas.
So far keluar dari ruangan dokter, gue mantap buat melahirkan secara normal πŸ˜€ Gue berharap Tuhan mengijinkan, memberkati en memperlancar proses persalinan normal nanti. Gue sama Jo juga uda sering2 ngomong ke B supaya posisi kepalanya tetep di bawah aja, jangan muter2 heboh plus minta tolong ke B supaya ga membuat susah gue dikala mau melahirkan nanti πŸ™‚
Tanggal 31 OktoberΒ kemarin, pertama kalinya buat gue ikut kelas senam hamil. Dari Hermina dapet jatah 2x senam hamil secara grateis, kan gue ga mau rugi donk jadi harus digunakan sebaik2nya, hahhahaha. Sebenernya gue males loh kalo olahraga tapi demi dapet ilmu dasar2 tentang apa yang harus en ga perlu dilakukan selama persalinan normal, ya uda gue niat2in dink. Gimana kesan2nya ikut senam hamil? Menyenangkan tapi cape juga, hahahaha. Menurut gue ikut senam hamil ini berguna banget loh, banyak dink hal2 edukasi yang bisa qta pelajari, contoh simple-nya kayak pernafasan. Diajarinnya tarik lewat idung en hembuskan lewat mulut, simple kan tapi itu ngefek ke gue. Jadi tiap gue naik turun jembatan penyebrangan, gue praktekin itu pola pernafasan hasilnya gue ga terlalu ngos2an, sama halnya juga pas gue olahraga jongkok bangun dirumah, gue pun pake pola pernafasan itu πŸ™‚ Jadi boleh banget nii para bumil buat ikutan senam hamil πŸ˜€ Hal menyenangkan lainnya adalah kelar senam hamil dikasi snack. Kemarin itu gue dikasi risoles sama susu coklat. Susu coklatnya enakkkkk, gue sampe pengen nambah tapi kan malu, wkwkwkwkwk. Semoga di pertemuan senam hamil berikutnya dikasi snack indomie goreng pake telor ya *ngarep.com*
Inget kan di kontrol kemarin2 itu, gue dikasi free baju merk Velvet? Kalo lupa boleh dink klik sini buat dibaca lagi. Nah pas selesai senam hamil pun dibagiin lagi sama SPGnya. Makin tambah seneng ya gue, dapet baju grateis lagi tapi gue dapte baju yang warnanya sama (biru) terus gue tanya boleh tuker ga en katanya boleh, ahey!!! ya uda gue tuker warna kuning aja πŸ˜€
Kelas yang gue ikutin ga cuma senam hamil tapi ada kelas laktasi juga. Untuk kelas ini, gue ikut bareng sama Jo karena sistemnya face to face sama bidan di Hermina (19 November) jadi biar Jo juga tau kayak apa c perjuangan buibu kalo ngasi asi ke anaknya, apa aja yang perlu en ga perlu dilakukan selama ngasi asi termasuk apa peran suami ke istri di masa2 ngasi asi. So far ya Jo ngeresep semua yang dibilang sama bidan, lebih dari gue, hahahaha en Jo makin dukung banget buat gue ngasi asi ke B nanti.
Lanjut ke kontrol di tanggal 21 November, berat Badan B pun tetep naik banyak en sekarang beratnya uda 2587 gram. Berdasarkan beratnya, dr. Budi bilang perkiraan lahir B jadi maju (semakin berat bertambah, perkiraan lahir pun maju dari HPL). Jadi kapan B bisa lahir? 3 minggu dari HPL yaitu awal Desember. Yak makin harap2 cemas ya gue. Cemas karena bentar lagi gue mau melahirkan B bercampur juga sama rasa excited mau segera ketemu B. Posisi B masih dengan kepala uda di bawah bahkan uda masuk ke tulang panggul, makanya gue sering ngerasain ngilu2 kalo lagi jalan. Terus dr. Budi bilang kemungkinan B muter2 (posisi berubah) itu kecil karena B sendiri didalam uda besar ukurannya en B ini aktif banget, selama di USG itu gerak2 mulu sampe dr. Budi perlu berkali2 nyari aliran darah ke B biar bisa ketauan bagus apa engga (tentunya bagus hasilnya) kemudianΒ gue juga dijelasin tanda2 mau melahirkan itu kayak apa, mulai dari ada rembesan air ketuban, kuar bercak darah sampe mules2. Jadwal kontrol yang 2 minggu sekali berubah jadi seminggu sekali jadi per minggu depan gue akan sering2 ketemu sama dr. Budi. Di akhir kontrol, dr. Budi bilang “sehat2 ya Bu” en gue bales “iya Dok, en jangan bosen ketemu saya” hahahaha.. Ehiya, dr. Budi masih loh sebut gendernya B plus dia pun inget kalo berubah dia akan ganti warna pink yang qta punya, LOL
can't wait to meet U, B
can’t wait to meet U, B
Berhubung kaki gue kian membengkak ditambah uda semingguan belakangan ini gue kembali mendapat titah buat jaga apotik dari jam 1-5/6 sore, alhasil bengkak di pergelangan kaki gue itu nyut2an sakit kalo dipegang. Entah kenapa, apa mungkin karena gue kebanyakan berdiri ya. Saran dari grup bumil minta supaya kaki gue direndem di aer anget. Emank ga buat bengkak jadi kempes total tapi setidaknya berkurang en ga begitu sakit lagi kalo dipegang. Pas mau rendeman ya, gue uda kek nyonya2 muda, hahahahaha. Kenapa Ping?! Tanpa gue minta, tiba2 Fang2 ambil alih kerjaan gue yang lagi isi panci buat manasin aer. Abis itu, Fang2 sediaiin ember gede buat rendem kaki gue sambil bilang “uda ci, lo ke kamar aja duduk dulu tar gue bawain” :’) Gue duduk manis sembari itu aer panas en aer biasa dituang ke ember. Ga cuma dari Fang2, Jo yang baru kelar mandi eh tiba2 nyamperin gue en mulai bilas2 kaki gue yang lagi direndem sambil digosok2 biar dakinya ilang. Β Terharu bersyukur gue, engga ade engga suami itu perhatian banget sama gue *lucky me!!*
belum pake baju, langsung bilas2 bersih kaki gue
belum pake baju, langsung bilas2 bersih kaki gue
Sekarang2 ini, gue lagi menantikan tanda2 gue mau melahirkan walo gue menanti dengan banyak rasa yang campur aduk. Gue ada bilang ke B kalo boleh lahirnya pas Desember aja biar bulan ultahnya bareng sama gue, hehehehe (salah satu keinginan gue kalo punya anak lahirnya di Desember) terus bilang juga supaya posisinya tetep dibawah kepalanya, sehat2 didalam en kalo bisa ngasi tanda kalo mau keluar. Doakan ya manteman supaya gue bisa melahirkan B secara normal, gue sanggup nahan rasa mules2 en kondisi gue sama B sama2 selamat + sehat nanti πŸ˜€ tararengkiu so much!!

 

 

Advertisements

40 thoughts on “32weeks (+)

  1. Amin, mudah-mudahan doa mama dikabulin ya B hihihi. Sehat-sehat ya Ping *peluk* ikutan harap2 cemas menanti B lahir, pasti ngegemesin chubby chubby gimana gitu deh πŸ˜€ So sweet banget ya punya adek-adek yang langsung inisiatif membantu cicinya dan suami yang super siaga πŸ™‚

    Like

    1. tengkyu ya Lip :*

      *bales meluk* deg2an Lip (>.<) tapi ga sabar juga mau ketemu sama B!! iyaaaa, kalo liat hasil usg 4D pipinya chubby yak πŸ˜€

      koko pasti sweet juga Lip ke lo terlbh nanti kalo lo lagi hamil, jadi perhatian bgt πŸ™‚

      Like

  2. Semangat Ping.. Pasti dd bayi sehat di dalem, nurut sama mami nya, bantu mami nya juga bisa lancar lahirannya.. Cant wait to see ur baby B too Ping.. πŸ™‚
    Kalo hasil ngobrol sama temen kantor dari divisi lain kemarin, Ketika Tuhan sudah memberikan pasti dy juga yang jaga Ping, ga ada yang perlu ditakutin dan dikhawatirkan Ping, ikutin aja prosesnya, sisanya Tuhan yang turu tangan πŸ™‚
    Oh iya sedikit sharing dari temen kantor gw itu Ping, Kalo uda deket lahiran cukup cari edukasi ttg apa yang harus kita lakukan aja utk memperlancar kelahiran nanti, jangan banyak cari tau soal prosesnya nanti itu bikin kita banyak mikir macem2 + tekanan darah bisa ga stabil karna kita takut, kalo tekanan darah ga stabil biasanya dokter akan malah arahin cs karna membahayakan ibu katanta, karna tiap orang akan punya proses kelahiran yang berbeda tgtg fisik masing2… Balik lagi, banyak doa, ikuti prosesnya, dan sisanya Tuhan yang turun tangan Ping πŸ™‚

    Semangat ya Ping !!! Cia You…

    Like

    1. ma’aciii Va bola2 smangatnyaaaaa πŸ˜€

      amien2 biar Tuhan yang bekerja ya Va en memberkati semuanya biar baik. so far gue ga terlalu sering Va cari2 info seputar kehamilan en kelahiran, hehehehe ada c cari2 tapi yang gue pikir perlu aja karena dasarnya gue uda pemikir en penakut juga, LOL

      Like

      1. Wah hebat Ping ya lu.. πŸ™‚ Hahaha,, gw uda tau pemikir dan penakut tipenya 1 2 sama lu tapi tetep aja keponya ga jelas, rasa pengen taunya ketinggian, terus cari info dan akhirnya mikirin sendirian endingnya takutan sendiri… Hahaha, ada orang model gini ya, wkwk

        Tapi set sharing sam temen kantor gw uda bertekad stop cari tau begituan deh daripada gw malah nakutin hal yang blm tentu kejadian.. haha.. Sampe perna 1 hari gw berkhayal kalo anak gw ga sempurna loh terus nangis sendiri sampe FG bingung harus ngomong apa lagi sama gw karna uda berusaha menghibur terus gw makin jadi dan itu cuma gara2 gw abis baca artikel salah satu penyebab cacat dan autis pada anak.. Aduh ajaib banget *toeng2*

        Like

      2. ga hebat juga Va, gue masih suka kok kepikiran yang kagak2, wkwkwkw en jadi parno sendiri apalg kalo lagi mau tidur sukaan mikir aneh2 dink tapi kudu tekad-in Va buat ga mikir yg aneh2. yakin en positif aja Va kalo anak di dalem perut qta ini sehat en Tuhan senantiasa sempurnakan semuanya πŸ™‚
        kadang ya kalo ada bacaan yang negatif (padahal tujuannya informatif) gue skip loh, hehehehe males tar gue kepikiran sampe2 timeline FB yang isinya proses melahirkan pun gue ga mau nonton, demi mikir positif πŸ˜€

        lo pasti juga bisa Va en percayalah kalo Tuhan pasti ngasi yang baik2 buat lo en debay, amin!!

        Like

  3. aminn ping..semoga sampai proses persalinan lancar ya..
    seneng dong sebentar lagi ketemu sama baby B..hihihi

    so sweet banget jo, smp cuciin kaki istrinya…hihihi

    Like

  4. B jgn muter2 heboh yaa
    B pas lahir jangan susahin mommy yaa
    B lahirnya yg cepet yaa
    B jadi anak yg manis, cantik, sehat yaa

    Aminn ci semuanya di lancarkan dan dimudahkeun πŸ™‚

    Kok jd ngiler yaa ama risoles ama coksunya πŸ˜€

    Like

  5. aq kok ikut deg-degan yaah?
    hihihi semoga lancar yaaa biar bisa lahiran normal seperti yg diharapkan πŸ™‚ :*
    ga berasa udh mau lahir aja, perasaan baru kemarin pengumuman hamilnya hihihihi..

    Like

  6. cc harus semangat yaaaah, banyak yg sayang sama cc n baby B tuuuh ..hehehehe
    Tuhan pastiiiiiiiiiiiii lancarin proses persalinan cc nantiii, Tuhan pastiiii tolong ..
    Baby B bantuin Mommy biar gampang lahirin km yaaaaah πŸ˜€

    Like

  7. Ping, semoga lancar2 yaaaa…semoga bisa merasakan tanda-tanda kelahirannya jg.
    Coz bbrp tmn g tau2 uda pembukaan sekian.. >.<

    can't wait to hear the good news ^^ *hugs*

    Like

    1. amien2 Shal, bantuin doa ya πŸ™‚

      gue kepengen pas cek pembukaan di RS itu uda pembukaan 5 Shal kalo blh, hahahahaha (ngarep bgtttt dah)
      makasih ya Shal *hugs balikkk*

      Like

  8. Jo so sweet banget siiihh..
    Semoga B kepalanya tetep dibawah ya sampe mau brojolan biar mamanya bisa normal lahirinnya.

    Coba sekuat mungkin jangan pake ILA ping.. denger2 ktnya klo pake ILA ga berasa mulesnya jadi waktu kudu ngeden malah ga berasa. Tanggung gitu kalo normal tapi pake ILA, sakit yaudah sakit aja sekalian..hahahahaha. tapi ya liat kondisi badan sendiri jg sih kalo brasa ga kuat yaudah gpp juga pake ILA.

    Good luck ya ping..

    G tebak2 iseng ah… B is for Bianca yaaaaa!! Hahahahha

    Like

    1. klepek2 deh Jo baca komen lo Na, hahahaha :p

      amien2 Na, smoga prediksi dokter yang bilang B akan tetep dibawah itu bener ya πŸ™‚
      hooh Na selain efek ILA yang jadi ga berasa ngedennya, efek abisnya itu juga ga baik buat si ibu. semoga gue sanggup ya Na *smangattin diri sendiri* tapi kalo ga sanggup, yowis dah ILA, hahahahaha

      tetotttt salah Na, hahahaha, ayok2 tebak lagi, xixixixixi

      Like

  9. Wiii asiik bentar lg ketemu baby B…makin banyak deh temen nya edel πŸ˜€
    Sehat dan lancar terus yaaa ping…gw doain supaya bisa lahiran normal dan lancarrr!!! God speed!

    Like

  10. Ping”, menghitung minggu ya skrg dirimuu… huahh.. pokoknya lancar” yah nanti persalinannya.. πŸ™‚

    Itu biasanya ada program senam hamil dll, dok yang ksh tau ap kita harus aktif sendiri sih? gw masih bener” nge-Blank loh.. ohohoho..

    btw Dr-mu beda sm Dr-nya mak epoy ya? hihi..

    Like

    1. huahuahua iya Jur, mengitung minggu dengan keresahan en keinginan pengen cepet2 ketemu B πŸ˜€

      biasanya dokter ngasi tau qta Jur kapan uda boleh ikut senam hamil (gue diinfo pas masuk 7bulan) terus dari situ qta ke bagian admin (kalo di Hermina sebutnya PMO) buat dijelasin jadwal senam ato kelas lain yang bisa diikutin. tapi Jur, bisa juga qta yang aktif cari tau (tanya2 dluan) cuma gue males, wkwkwkwkwk

      samaaaaa Jur, dokter gue en epoi sama, dr. Budi M πŸ™‚

      Jur, ke RS mana?

      Like

  11. ping, semuanya perhatian ya, terutama Jo. hihihi. salah 1 bentuk keromantisan yg dibuktiin langsung lewat tindakan.. πŸ˜€
    lancar2 ya persalinan nya nanti ping.. aunty dah pengen liat foto nya baby B.. πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s