Bandung -day 1-

Kalo kemaren cerita liburan Lebaran di rumah nyokap, sekarang mau cerita libur pasca Lebaran (ga enak bener ya nyebutnya), ga dink. Liburan x ini sifatnya lebih banyak ngabisin waktu bareng2 sama dua orang besties gue, Emma en Monica. bertiga doank? Ga donk, para misua juga ikut tapi sayangnya calon misua Monica ga bisa balik Indo dari Mauritius. Kenapa ngabisin waktunya sampe pergi liburan sgala? Soalnya Emma en misua (Farly) bakal segera balik ke Perth yang mana kalo mereka balik Indo tuh bisa setaun sekali tow 2x dink sedangkan Monica bakal segera diboyong sama misua (Dom) ke Mauritius per Agustus ini buat ngurus wedding mereka plus uda tinggal terus disana. Jadi segera lah qta rembukan pas Emma Farly lagi di Indo (selama sebulan) buat pergi liburan bareng2. Ga usah yang jau2 yang penting kebersamaannya en qta milih ke Bandung. Awalnya mau naik mobil aja kan yang nyetir bisa ganti2an antara Jo en Farly tapi qta takutnya tar malah kena macet lagi pas pergi tow pulang jadinya qta mutusin buat PP pake kereta api (KA).
Qta berangkat ke Bandung tanggal 20 Juli en pulang tanggal 22 Juli. Tiket KA qta booking online di tiket.com en lumayan makan waktu juga. Bukan ga ngerti pas bookingnya tapi seat2nya pada penuh semua. Pas pergi, qta langsung dapet 5 seat yang berdekatan tapi buat pulang seat2nya kaco balo tempatnya tapi Puji Tuhannya setelah dicoba2 lagi dapet deh 5 seat yang berdekatan lagi (kayak pas pergi).
Untuk hotel, qta mutusin ambil yang tipe family room aja jadi tidurnya smua bareng2 dalam 1 kamar en tentunya nyari yang harga miring, hehehehehe soalnya qta lebih banyak aktivitas diluar daripada di hotel. Selain harga yang miring, hotelnya kudu bersih terutama bagian wc-nya. Mulai dink qta ceki2 via telepon langsung ke hotel yang uda qta pilih tapi kebanyakan jarang ada yang tipe family room, kalo pun ada harganya kok lumayan ya (lumayan mahal). Terus gue bilang mau coba ga inep di Cassadua Hotel. Jadi ini hotel pernah gue, Jo en kuarga pake buat tempat inep dua taun lalu. Actually ga bisa disebut hotel bagus berbintang tapi dari gue pribadi ini hotel dari segi harga miring, kamarnya besar en bersih juga. Pas mereka oke, telp ke Cassadua tanya available ga kamarnya buat tgl qta inep plus harganya. Untuk family room untungnya masih available en harga yang dikasi itu 600rb/malam, harga extra bed 100rb/malam cuma untuk sistem pembayaran mereka minta full payment, ga bisa down payment doank. Ngerti c soalnya itu lagi musim liburan en mereka (pihak hotel) pasti kan ga mau rugi kalo ada yang cancel kamarnya. Gegara full payment, sempet dink qta galau2 ga jelas mau di Cassadua tow nyari tempat lain, hahahaha tapi ya itu sepanjang nyari harganya ga ada yang nyamain harga Cassadua en di hari terakhir kudu bayar baru dink qta memantapkan dompet hati buat transfer ke rekening yang diminta. Kelar transfer, telpon lagi ke Cassadua buat konfirmasi pembayaran en rebeslah tentang hotel ๐Ÿ˜€
Tiket en hotel beres brarti tinggal urusan transport selama di Bandung ya. Bingung tepatnya soalnya qta ga punya kenalan rental mobil di Bandung tapi di tengah kebingungan, Sin2 bilang tenang aja tar dia yang urus. Bener loh diurus sama Sin2 sampe 1 hari gue dikasi CP drivernya. Gue ada tanya2 ke Sin2 berapa harga per harinya en include apa aja, dijawab “ga usah pusingin, pokoknya lo tinggal naik en sebut aja mau kemana ci kan gue bilang gue urusin jadi terima beres aja.” Klepek2 ga? hahahaha kayak dapet durian montong runtuh boo, Puji Tuhan bgt kan. Ga bingung nyari rental eh gitu dapet malah tinggal duduk manis en sampe tujuan aja, ga usah musingin berapa duit yang harus dikuarin buat biaya sewanya Rejeki bumil deh ya
20 Juli 2015
Here we go!! Tarikkk manggggg…
Sempet dink ada balada2 gue jemput tapi yang dijemput baru bangun tidur, hahahaha terus ada juga yang ketemuan langsung di Gambir nyampenya mefettt, tapi ngadepinnya masih nyantai kayak di pantai qta semua, LOL *serasa KA milik pribadi. Gitu komplit, buru2 dink ke peron yang dituju eh taunya donk KA-nya telat dateng *gigit2 rel* Sembari nunggu, qta wefie donkkkk. Sayang uda bawa 2 tongsis kalo ga dipergunakan sebaik2nya *alesan aja ini mah :p
siap2 cuss naik KA
siap2 cuss naik KA
Tadinya gue berpikir kelas eksekutif ini modelnya akan keliatan bersih kinclong layaknya KA baru. Kepikiran begitu karena 2 taun lalu pas gue balik dari Yogya ke Jakarta naik KA kelas eksekutif terus keretanya emank bersih, kinclong en wangi. Tempat duduknya pun kerasa masihย baru en terawat. Gimana dengan KA ke Bandung ini? Bersih juga donk tapi ga kinclong, tempat duduknya ga terawat2 amat. Dari segi bentuk KAnya juga keliatan ini KA lama tapi overall oke kok.
sikon dalam KA
sikon dalam KA
Ohya, kalo beli tiketnya online biasa yang qta dapet itu berupa voucher (tiket yang qta print out) nah vouchernya itu perlu qta tuker di stasiun KAnya. Cara penukaran ada 2, pertama langsung ke loket yang tersedia tow yang kedua itu print sendiri di CTM (cetak tiket mandiri). Kemarin qta tukernya di CTM, tinggal masukin kode booking, liat namanya uda sesuai belum terus kalo uda oke klik cetak dink.
Gitu sampe di stasiun Cimahi, driver rental mobil ada sms gue bilang uda sampe di stasiun Kebon Kawung (stasiun Bandung), lega ati brarti ga ada drama ga dijemput driver, hehehehe. Turun dari KA itu gue pribadi ya kagum loh sama stasiun Bandung. Bersih bangett, ga ada sampah bercecer terus ga ada juga pedagang2 liar di dalam stasiunnya. Top banget dink! Duduk manis di mobil, qta langsung cuss ke Cassadua dulu buat check in. Sorry sebelumnya, gue lupa buat foto2 itu kamarnya *dijitak manteman blogger* tapi buat gambaran di dalem family room ada 2 queen bed terus masih bisa masuk 3 tambahan extra bed, ada 1 meja rias, TV yang nempel di dinding plus meja2 disamping masing2 queen bed. Kamar mandinya lumayan besar, ada kloset en rain shower sama wastafel.
Kelar check in en ngaso2, cacing2 di perut demo jadi melipir lah qta ke : (skalian yak gue kasi reviewnya, sapa tau ada yang mau kuliner-an di Bandung en butuh info2nya)
  • The Kiosk Pasar Dago (Jl. Insinyur Hj. Djuanda No. 48)
kliatan ya qta ada dimana :p (sebelah kiri Jo itu area buat kasirnya jadi deket sama pintu masuk keluar)
kliatan ya qta ada dimana :p (sebelah kiri Jo itu area buat kasirnya jadi deket sama pintu masuk keluar)
Selama gue bolak balik Jakarta Bandung, gue baru x ini makan disini loh begitu juga sama Jo *ketauan ga gawol*. Ide makan disini dateng dari Emma yang sebelumnya pernah makan disini. The Kiosk konsepnya kayak pujasera jadi banyak stand2 makanan tinggal milih mau makan apa terus sebutin aja qta duduk di meja berapa. Tar makanan akan dianter ke meja qta. Untuk pembayaran dilakukan setelah kelar makan, sama kayak order, qta tinggal bilang tadi duduk di meja berapa. Perlu diinget pas bayar cek lagi bener apa ga bon2nya sesuai sama pembelian qta karena ada beberapa bon ya ditulis nomer meja qta tapi qta emank ga pesen. Hal ini bisa terjadi entah c penjual salah tulis nomor tow pembeli salah info nomor.
  • Cisangkuy Yoghurt (Jl. Cisangkuy No. 66)
Bisa dibilang ini tempat nongki2 jaman dulu di Bandung. Tempatnya open space jadi bebas deh orang2 ngepul asep rokok. Gue sama Jo tiap ke Bandung biasa ke Cisangkuy soalnya Jo doyan banget sama yoghurtnya makanya qta masukin ini ke tempat yang mau didatengin tapiiii untuk kali ini qta kecewa. Ga cuma Jo, tapi 3 temen gue juga kecewa. Bukan karena rame tow penuhnya tapi karena penyajian en rasa yoghurtnya. Mungkin karena kurang orang jadi minuman yoghurtnya disajiin bukan di gelas tapi di plastik bening en itu plastik tipisssss bner. Rasanya juga jadi kurang enak, kebanyakan aer.
(abaikan muka qta b3) yang gue lingkerin itu lah penampakkan yoghurtnya yang diplastikin
(abaikan muka qta b3) yang gue lingkerin itu lah penampakkan yoghurtnya yang diplastikin
Didepan2 Cisangkuy yoghurt ini banyak pedgang makanan kaki 5 mangkal, mulai dari sate; kue cubit; es doger; es cendol; hamburger; masih banyak lagi dink. Kalo mau pesen, siap2 antri lama en jangan lupa tanya harganya ya. Harganya sukaan berbeda sama harga pasaran.
walo panas, ga buat qta mingkem dari wefie
walo panas, ga buat qta mingkem dari wefie
Disebelah Cisangkuy Yoghurt, ada yang namanya Pasar Cisangkuy. Tempat nongki2 juga tapi versi modern en beratap. Kayak eat en eat gitu dink, smua pembayaran di 1 kasir. Disini Emma ada beli kue cubit green tea yang emank lagi masuk list “kekinian”. Rasanya?! Ga ada rasa green tea-nya, lebih berasa kayak kue cubit pandan, hahahaha. Gue sama Jo ga makan soalnya qta uda kecele pas makan di Jakarta punya (rasa mengecewakan).
eksis di pasar Cisangkuy
eksis di pasar Cisangkuy
  • Heritage Food Market (Jl. L.L. RE Martadinata 63)
Ini request gue pribadi, hahahaha soalnya gue kepengen banget makan batagor disini. Batagornya ga berada di dalem Heritage Food Market lebih tepatnya di pintu keluar Heritage FO. Batagornya gede2 en enakkkkkkkkkkk, bumbunya pas, garingnya pas. Seporsi batagor bisa buat 2 orang makan jadi irit kan, hehehehe. Boleh banget dicoba apalagi kalo abis hunting2 baju di FO2.
  • Noah’s ย Barn Coffeenery (Jl. Garuda No. 39)
Ceritanya qta sok2an mau nongki cantik ganteng gitu ala2 anak “kekinian” hahahahaha tapi mau yang ga ngeringin dompet jadi kesini dink. Tempatnya cozy bgt, adem terus kualitas pelayanannya juga oke punya. Qta lumayan lama ngabisin waktu disini tepatnya banyak ngabisin waktu buat selfie en wefie, wkwkwkwk. Kalo punya hasrat buat bikin postingan di IG ala2 OOTD gitu boleh banget deh disini. Mendukung banget secara tempat en pencahayaan.
latte
latte
Itu salah satu minuman yang qta pesen. Pas order sempet bingung c mau yang mana secara pengetahuan di per-kopi-an kan minim, tapi bersyukurnya pekerja di Noah’sย itu helpful. Dijelasin satu2 macem kopi2 yang tersedia plus yang aman bagi lambung. Aman bagi bumil? Gue ga tanya c, hahahaha, gue sendiri cuma seruput dikit doank ย biar afdol uda nyobain kopi di Noah’s Barn :p
mabok kopi, LOL
muka2 mabok kopi, LOL
Kelar dari Noah’s Barn, qta lanjut makan eh ga dink, qta balik hotel dulu buat rehatin perut yang bergejolak saking begahnya skalian buat mandi. Sekitar jam 7an malem, baru dink qta lanjut lagi buat cari makan malem.
  • Warung Nasi Khas Sunda Asli Laksana (Jl. Soekarno Hatta No. 395)
Salah satu RM Sunda yang gue en Jo rekomenin ๐Ÿ™‚ Laksana yang di jalan Soetta ini bentuknya uda jadul tapi gede en selalu rameeeeee. Pas kemaren keliling, ada beberapa jalan yang punya RM namanya Laksana, qta ga tau itu beneran Laksana apa bukan jadi untuk amannya qta makan di pusatnya aja yaitu jalan Soetta ini. Sistemnya pilih2 makanannya mau apa terus piring yang isi makanan itu kasiin ke mba2nya biar mereka bisa goreng/bakar makanan qta. Biasanya kalo lagi rame banget, pembayaran langsung ke kasir tapi kalo ga terlalu rame, bayar abis makan. Sayangnya pas giliran qta mau order eh ayamnya abis, huhuhu padahal enakkkk. Jadinya qta mesen empal, tahu, tempe, ikan jambal, cumi asin, perkedel jagung sama pepes usus. Lalapannya pun ludes (T___T) Yang buat enak itu selain ayamnya, cabenya! Cabenya uda tersedia di masing2 meja, tinggal qta ambil aja seberapa banyak. Sekilas Farly liat cabenya tuh ga menggoda dari segi warna (merah doank) en sempet bilang kayaknya cabenya ga mantebh nii. Gue ga ngomong apa2, hahahaha diem2 aja biar dia nyobain sendiri. Tau2nya selama makan itu keringetnya banjir donk sambil bilang pedes nii cabe, xixixixixi. Monica pun kepedesan. Pedes yang buat nagih dink, ga berenti ngunyah.
Rebes makan malem ga buat qta lagi cus balik ke hotel, entah knapa ni mulut masih mau ngunyah Tetiba pda kepengen makan martabak manis en meluncurlah qta.
  • Martabak Nikmat Andir (Jl. Jendral Sudirman No. 413)
Dari qta belum ada yang pernah cobain ini martabak tapi bisa kesini akibat browsing en pada banyak yang bilang enakkkk ya penasaran donk qta. Tempatnya itu kayak kios di pinggir jalan en sesampe qta disono lagi liat menunya eh engkonya bilang “ci, kalo mau pesen tunggu 2 stenga jam lagi ya. Masih ada 90 nomer antrian.” BUSET dah!!! Demi apa ini nunggu sampe 2 stenga jam, kamsiaaa dah hahahahaha. Cici sepupu gue bilang emank enak martabaknya en beda. Beda karena dia punya martabak itu ga tebel kayak martabak pada umumnya en ga tipis kayak tipker. Tapi kalo diminta nunggu selama itu, ga dink. Tar2 aja kalo pulang Bandung baru gue coba beli.
  • Bubur Otong (Jl, Jendral Sudirman No. 451)
Ga jau dari martabak Nikmat Andir, ada tempat bubur yang terkenal bangettt namanya bubur ayam Otong. Bedanya sama bubur di Jakarta itu ini bubur yang ga pake kuah kari (kuah kuning) jadi kayak bubur jaman dulu aja. Kalo buat gue rasanya sama aja kayak bubur2 lain yang beredar di Bandung, gue heran ni bubur kenapa bisa fenomenal, hahahaha. Gue tanya Jo (karena dia orang Bandung) juga ga tau kenapa. Sayangnya buat ketiga temen gue ga berhasil donk cobain ke-fenomenal-an ni bubur karena RAME! Bahkan mas2nya aja ga sanggup lagi terima orderan, uda kebingungan. Tuh mas2nya uda kayak sarang lebah dikerubutin tawon yang kelaperan x, hahahahaha.
  • Martabak San Fransisco (bertebaran dimana2)
Buat dapetin ini martabak juga pake perjuangan loh walo bertebaran dimana2. Gue lupa di area mana ya, qta ada berenti buat order ini martabak. Farly uda antri nii buat mesen tapi belum ditanya mau mesen apa jadi nunggu donk. Qta be4 turun juga dari mobil buat ikutan nunggu aja. Ada x nunggu stenga jam baru donk enci2nya bilang “martabaknya abis ya” doengggggg! Knapa ga bilang daritadi coba padahal antrian di depan Farly tuh masih ada beberapa orang lagi loh. Ya uda pupus deh niat qta buat beli en makan martabak. Uda males deh nyari2 lagi en penegn balik hotel aja. Deket jalan pulang hotel itu, driver qta liat ada kios pinggir jalan martabak San Fransisco en dia nawarin qta mau coba liat ga. Ya coba2 aja dink siapa tau kan dapet eh lucky us donk! Dapet en itu adonan martabaknya tinggal satu ahey!! Yang cewek2 c anteng aja tunggu di mobil tapi qta grasak grusuk kok lama ya tuh martabak jadi tau2nya pas uda jadi tuh martabak kan dipotong sama mas2nya eh ada yang jatoh. Kalo jatoh 1 potong, Farly sama Jo maklum dink ga apa2 tapi ini jatohnya lebih dari 1. Farly sama Jo belum bilang apa2 tapi mas-nya bilang “kami ganti ya Pak” Ganti dalam arti yang baru dimana mereka khusus buat adonan martabak lagi buat qta doank dengan sikon itu uda jam 10an malem terus mereka uda siap2 mau tutup. Salut, mereka ada inisiatif ๐Ÿ™‚
muka2 girang dapet martabak (^O^)
muka2 girang dapet martabak (^O^)
Berakhir dink ngebolang hari pertama di Bandung. Cape pasti cape namanya juga jalan2 ya tapi hati tuh seneng, puas, banyak makan en banyak ketawa. Qta dapet driver yang baik en santun orangnya. Kalo qta ajak makan bareng sering bgt ditolak mungkin dia ga enak ya tapi qta suka maksa dengan cara qta tungguin bapaknyaย kelar parkir jadi masuk ke tempat makannya bareng2. Martabak juga qta bagi 2 sama bapaknya biar bapak bisa nikmatin bareng2 sama kuarganya di Cimahi ๐Ÿ™‚
Lanjut lagi yak nanti di hari kedua
Advertisements

26 thoughts on “Bandung -day 1-

    1. ajak mr. Brown kulineran Nie ๐Ÿ™‚

      seru Nie, bisa nge-gokil bareng2 *ketauan sarapnya, hahahaha. toss donk Nie, gue pernah ke yogya juga naik KA en itu sukses buat pantat tepos, LOL

      Like

  1. Ping! Makan2 terus aku mauu.. Btw gw malah mau komen. Enak banget ya jualan martabak sama bubur di bandungg.. Cetak duit euy!! Maukkk punya bisnis begitu! hahaa…

    Like

    1. mumpung lagi hamil Fan jadi kata Jo makan aja sebanyak2nya :p
      keren ya jualan bubur en martabak aja laris manis gitu, hahahahaha jadi mau hijrah ke Bandung nii Fan jualan bubur?

      Like

  2. Gile perut gue langsung minta sesajen abis baca postingan lo ini huaahahahah ๐Ÿ˜† Mau tanya serius buat pertimbangan kalau pergi sama temen-temen: Kalau ada misua gitu, pembagian bobonya gimana ping?

    Like

    1. tangkep Lip *kirimin sesajen* hahahaha :p

      kemaren qta ambil cuma 1 kamar + 1 extra bed Lip. Yang kasur dipake sama pasutri, extra bed dipake sama yang single cuma kenyataan yang terjadi extra bed kmrn dipake sama misuanya Emma, jadi 1 bed buat Emma sama Monica ๐Ÿ™‚

      Like

  3. aq juga suka naik kereta ..lumayan nyaman juga kan cii ..alternatif kalo lagi gabisa bawa mobil, hehehhe
    asik banget sihh kulineran ke bandung ..huahhhh, mana bacanya pas lagi jam2 kelaperan -____-

    Like

    1. yuk capcus kuliner langsung ke Bandung *ditoyor derry*
      selama perjalanannya ga makan waktu banyak, nyaman der tapi kalo jau ga dulu dink, bisa kering tepos pantat, hahahaha

      Like

  4. Wah beruntung banget Wi pas sampe sana udah ada sopir. Soalnya ga enaknya di Bandung itu kadang cari parkir suka susah. Jadi beneran rejeki bumil supaya bisa food hunting and hopping tanpa khawatir susah cari parkiran. Jadi bisa dapet banyak banget tuh dan ngenyangin. The Kiosk juga ada di Ciwalk just in case kapan2 mau jalan2 lagi.

    Like

    1. betul ciiii, pas kmrn itu cari parkiran emank susah bgt (>___<") dimana2 penuh en rame.
      ohh The Kiosk punya banyak cabang ya ci? kepengen makan situ lagi soalnya banyak juga makanan yang ditawarin en harganya masih oke di kantong ๐Ÿ˜€
      thanks infonya ci :*

      Like

  5. Ping, gw belom pernah naek kereta.. penasaran rasanya naek kereta kayak apa. Hehehe.
    wuiiih, boleh ni kapan2 gw cobain referensi wiskul yg disebutin di atas kl ke bandung lg. ๐Ÿ™‚
    Gelo, beli martabak aja sampe nunggu 2,5 jam? Ckckck. Ngalahin ramenya aeon mall kayanya. Wkwkwk.

    Like

    1. ayookk cyn dicobain ke Bandung naik KA, sktran 3 jam cyn (lebih lama dikit dari naik mobil).
      hahahahaha itu martabak saingan sama aeon ya :p tapi bneran gelo cyn, bner2 rame itu tempat martabak. salut deh gue sama yang mau nunggu

      Like

  6. udah baca dari kapan baru sempet komen ping hihihi.. seru abis jalan2nya isinya makan2 melulu yaaa hahaha.. libur kemarin sempet kepikiran mau ke bandung juga apa daya udah mageran banget dan lagi strict2nya sama dompet mengingat prepare si dedek yang butuhnya gak dikit ini hahaha

    Like

    1. jadi ikutan lebar-an dink ini Re namanya :p
      sepertinya ini jadi liburan trakhir Re, sama kayak lo mau nyiapin budget buat lahiran anak juga *pusing ya liat biaya persalinan, huhuhuhu

      Like

  7. Wi gw juga makan the kiosk di ciwalk hehehe
    RM Laksana emang endes bener yak, gw makan deket leuwi panjang kalo ga salah yang pusatnya. Lebih enak dibanding A***** loh menurut gw
    Kalo makan bubur coba yang deket hotel savoy homan wi itu juga enak dan antri tapinya hahaha
    Seneng yah kalo pergi bareng temen2 apalagi sekalian wiskul

    Like

    1. samaaaa Ren, mnrt gue Laksana lebih enak dari A***** en gue uda ga pernah makan lagi di A itu Ren
      nah iya Ren kmrn temen gue bilang mau makan bubur Savoy itu tapi tutup katanya (T__T) enak ya?! mau ahh coba kapan2 ๐Ÿ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s