Yang Berubah

Maksudnya perubahan pas masa hamil, walo masih cilik usia kehamilan tapi gue ngerasain beberapa hal yang beda.
Perubahan #1
Udah ga kutekan lagi dah kuku tangan en kaki, hahahaha. Antara rela en ga rela awalnya *diplototin Jo* Pas lagi ngobrol sama bidan di Hermina, doi liat jari2 tangan gue yang berkutek langsung dink dibilangin sebaiknya diapus demi kebaikan c debay juga. Ya uda dink besokannya gue ke tempat kuku yang biasa buat ngapus kutek gel di tangan en kutek biasa yang di kaki skalian bilang ke mba Yati-nya kalo beberapa bulan ke depan gue absen dari dunia perkutekan, xixixixixixi.
my naked nails
my naked nails
Eh sekarang lagi booming ya sticker kuku, gatel dah gue pengen coba pake di kuku tapi ga tau itu boleh apa ga karena setau gue itu dipoles lagi pake kutek bening. Bumil ada yang coba ga ya? Mau tau donk, boleh ga sticker kuku qta pake pas masa kehamilan? *tetep usaha, hahahaha..
Perubahan #2
Sejak tau gue hamil, Jo jadi rada ga ngasi gue buat ngerjain kerjaan di rumah bahkan awalnya minta gue resign dari kantor (masuk akal juga alesan yang dipake “kan naik turun tangga” plus kerjaan yang sifatnya multitasking) cuma buat resign masih digodok sama gue baiknya gimana, satu sisi gue mikir tar dirumah mau ngapain ya bisa mati gaya gue. Jadi gue bilangnya slama gue sanggup en masih mampu, gue masih mau gawe (liat sikon gitu dink). Balik ke kerjaan rumah, biasanya kalo cuci piring lebih banyak gue yang kerjain tapi sekarang2 ini c Jo yang lakuin en itu pun ga gue minta loh. Sama halnya kayak cuci pakaian dalem, biasanya Jo yang cuci en gue bagian jemur2in nah skarang gue ga dikasi jemur2in.
lagi misah2in mana yang perlu dicuci dulu *proud wife*
lagi misah2in mana yang perlu dicuci dulu *proud wife*
Padahal kalo gue pikir2 gue juga perlu gerak kan, masa tidur2an mulu tar bisa jadi males donk gue. Jadi ada lah moment gue curi2 lakuin kerjaan, kayak pas mandi gue sikat wc (pas Jo masih di pulo kapuk), abis makan langsung cuci piring, rendemin pakaian dalem, nyapu2 en hal2 lainnya.
Selain Jo yang ngelakuin kerjaan rumahan, ada lagi pengorbanan Jo yang dilakuin tanpa gue minta juga. Jadi ada beberapa kali eh sering malah (hehehehe) Jo ga tidur seranjang sama gue. Jo tidur di kasur lipet di bawah yang uda dialasin sama karpet busa model puzzle2 itu. Sebenernya itu kasur ranjang muat buat qta b2 (walo bukan kasur queen/king size) cuma kata Jo biar gue leluasa aja tidurnya *pelukcium Jo* 
Perubahan #3
Kalo bentuk body, jelas berubah lah ya, hahahaha perut makin maju ke depan. Hal yang berubah itu stamina boo. Lebih cepet berasa cape apalagi kalo naik tangga, berasa ngos2annya alhasil naik pelan2 dink. Terus dari ritme ngomong pun, gue berasa ngos2an apalagi kalo nyanyi (bukan konser loh, hahahaha). Berkurang deh kadar bawel gue, LOL. Tentang perubahan yang ini, banyak omongan yang gue terima, contohnya “baru hamil segini uda ngos2an en cape tar gimana coba kalo hamilnya uda gede” kurleb kayak gitu dink ya. Awal2 denger c jadi kepikiran juga tapi semakin gue denger gue jadi males mikirinnya apalagi kalo yang ngomong pake nada sok/meremehkan, alhasil kalo digituin gue jawab “ya tar aja dipikirannya kalo uda mau tow uda gede, sekarang jalanin en mikirin aja yang ini dulu” Bener kan?hehehehe. Bukan berniat membela diri tapi ya itu yang gue rasain, emank ngos2an en lebih berasa cape tapi gue tau/paham/sadar itu suka dukanya kehamilan tokh gue ga ngeluh yang kebangetan gimana. Jawaban “lebih ngos2an, lebih cape, lebih dll” itu kuar kalo emank ditanya “gimana dewi sejak hamil, ada keluhan? Cape ga? dll”
Perubahan #4
Ga ada keluhan mual2 di pagi hari (sejau ini) terus nafsu makan juga ga berubah2 banget, cuma kalo jelang laper gue akan uek2 dengan sendirinya, hehehehe alarm kudu makan
Gue jadi ga mau makan yang namanya bakso, aslinya emank ga terlalu suka bakso c tapi skarang lebih ga mau makan bakso en ga kepengen makan yang berbau chinese food. Ngidam?! Ngidam sebenernya bawaan emaknya aja mau makan, wkwkwkwk soalnya ga hamil pun pasti ada donk hal2 yang qta idamkan tapi biar afdol sebut aja lah ya gue ngidam Gue ngidam banget sama yang namanya salmon. Sampe2 gue tanya resep ngolah salmon ke ci Epi *lohaaaa ci* tapi sampe sekarang belum ada eksekusinya tuh resep *diplototin ci Epi* hehehehehe. 2 hari berturut2 gue makan steak salmon dink *nyengir puas*. Ngidam lainnya itu kepengen kue lapis Ny. Liem yang di Bandung. Pusing lah c Jo masa pp jkt-bdg-jkt demi tuh kue lapis jadinya mintol sama kokonya Jo di Bandung buat beliin en kirim kilat ke Jakarta.
percayalah ini enakkkkk!! ga buat eneg samsek
percayalah ini enakkkkk!! ga buat eneg samsek
Rasa makanan pun gue maunya yang ngarah ke asin, asem en pedes. Jadi ga doyan sama sayur2an juga tapi buah2an gue doyan. Tetiba kebayang2 donk rendang padang Karya Bundo, hahahaha padahal ya selama gue makan disitu, ga penah gue makan itu rendangnya loh. Biasa yang gue makan itu ayam gulai, paru, telor dadar sama ikan, lah x ini kepengen rendangnya. Jo juga bingung ni bininya kena angin apaan, wkwkwkwkwk. Buat rendang, terpuaskan secara rumah kost qta bersebrangan langsung sama Karya Bundo, xixixixixixi.
Yoshinoya yang pedes
Yoshinoya yang pedes
kuahnya yang berladaaaaaa, so yummy!!
kuahnya yang panas en berladaaaaaa, so yummy!!
Apa yang gue idamkan so far dipenuhi sama Jo, besok2 gue coba lah ya ngidam segenggem berlian, kira2 Jo penuhi apa ga ya?! *sok mikir keras padahal uda tau jawabannya, LOL*
Perubahan #5
Sejak hamil, frekuensi gue mimpi aneh itu sering banget bahkan tiap gue tidur itu mimpinya aneh2 dah. Mimpi serem ada juga tapi lebih sering mimpi aneh. Apa emank kalo lagi hamil seperti itu ya? Bagi pengalaman bumil donk kalo tidur apa mimpi yang aneh2 juga?
Selain mimpi aneh, biasanya kalo tidur gue jarang bangun buat pee tapi sejak hamil ada beberapa kali gue kebangun buat pee. Bisa kebangun 2x-an dink kalo lagi tidur terus siang hari juga suka kebelet.
Kayaknya masih ada beberapa perubahan tapi cukup itu dulu dink ya, sisanya nyusul *dikepret temen2 blogger* hahahaha. Jangan bosen2 ya kalo topik postingannya seputar kehamilan 

Next Story …

Setelah pertemuan pertama sama dr. Edy, gue dijadwalin balik kontrol 2 minggu lagi (23/5). Nah disini gue sama Jo lagi menimbang2 apa mau lanjut sama dr. Edy apa pindah ke dokter lain tapi di RS yang sama (Hermina Podomoro). Gue ga keberatan buat ganti selama itu dokter bisa buat gue nyaman dalam arti ya mau ditanya2 + ngejelasin dengan jelas tapi gue ga mau ke dokter yang antrinya tuh panjanggggg (lama) hehehehe, ini murni dari gue yang males buat nunggu, hahahahaha.
dr. Edy ini baru gabung sama Hermina en gue ga tau sepak terjangnya dia kayak apa, hehehehe jadi pemikirannya better ke dokter yang uda kliatan jelas riwayat prakteknya. Singkat cerita daripada mikir ga jelas, gue WA ke cici sepupu gue nanya dia dulu sama dokter siapa en tercetuslah nama dr. Budi Maryanto (kayaknya kuarga gue sama ni dokter sodaraan deh. Nama belakang qta hampir sama, hahahaha) Cici sepupu gue ini uda 2x dihandle sama dr. Budi en berdasar pgalaman cici sepupu, dr. Budi recommended punya. Ga antri panjang, rumah ni dokter di Sunter (jadi kalo ada apa2 bisa cepet datengnya), en kalo di-WA/SMS itu mau bales en ga usah nunggu itungan hari. Ya uda gue sodorin ni nama ke Jo en Jo bilang ya uda coba aja tar Sabtu. Nunggu sampe Sabtu, eh gue kena pilek en batuk ga enakkkk banget rasanya. Mau minum obat juga ga boleh sembarang punya jadi ga minum apa2 alhasil tiap malem gue tidur dengan mulut kebuka buat nafas, hehehehe. Karena pilek yang makin parah, Jo mutusin ga kontrol di Sabtu tapi dicepetin aja ke Rabu (20/5) biar bisa minta resep obat buat pilek gue plus qta punya banyak pertanyaan seputar kehamilan yang pengen ditanyakan. Ohya, beberapa hari sebelum ke dr. Budi, gue iseng buka blog epoi *dadah ke epoi* soalnya gue inget epoi juga ke Hermina en pengen tau ke dokter siapa ternyata ke dr. Budi juga, hehehehe jadi makin yakin dink gue 😀
-Pertemuan pertama sama dr. Budi-
Awal2 ngobrol sebentar, ditanya seputaran kapan terakhir haid dll terus langsung disuruh tiduran (bukan tidur) di ranjang buat USG. Disini dr. Budi nyari suara detak jantung debay tapi belum kedengeran en nyaranin juga buat nahan pee sebelum USG di pertemuan berikutnya.
Untuk pilek, dr. Budi ngasi vitamin C aja terus tiba2 gue ditanya kenapa minum penguat kandungan, apa gue ada masalah di rahim dan sekitarnya. Gue juga bingung en gue bilang itu dikasi sama dokter sebelumnya jadi gue minum aja. Gue kira ya tiap bumil (di awal kehamilan) emank pasti dikasi, wkwkwkw taunya engga. Jadi diminta stop minum penguat kandungan. Gue c seneng2 aja soalnya minum penguat kandungan bner2 buat gue celeng pengen tidur bangetttttttttt, serasa uda bergadang berhari2 gitu en butuh tidur
Gue juga baru tau kalo selama ini (beberapa hari) gue ngalamin kontraksi soalnya area sekitar udel gue suka nyeri tiba2 en kadang bisa cuma sebentar kadang lama. Disaranin buat ga capek2 apalagi jangan keseringan naik turun tangga. Lah gimana ya kantor gue lantai 3 en kalo mau pee ato isi aer, gue kudu ke lantai 2.
Intinya sama dr. Budi ini gue ngerasa nyaman dink, c Jo juga kliatan demen (bukan naksir loh) soalnya bisa banyak nanya2 en c dokter sabar en jelas buat jawabnya 😀 eh bisa kelupaan donk minta no handphone c dokter, alhasil abis bayar, qta kucuk2 ketok pintu parakteknya cuma buat minta no handphonenya en disambut senyum sama c dokter.
-3 hari kemudian-
Di hari Sabtu (23/5) tepatnya uda malem jam 10an dink, gue kepengen pup en sontak rasa pengen pup ilang donk secara gue syok kalo di daleman gue ada bercak2 darah (flek). Haduhhhh panikkk donk en langsung panggil Jo. Jo telp dr. Budi kudu gimana ini ngadepinnya. Sama dr. Budi diminta minum lagi itu penguat kandungan sama minum hystolan buat merelaksasikan otot rahim. Gitu minum itu penguat kandungan, langsung blekkkk tidur gue ga pake ba bi bu, hahahahaha terus seninnya ga gawe dulu. Mungkin hal ini dipicu karena gue yang masih bolak balik naik turun tangga, secara gue suka diminta bolak balik ke bank en jaga apotik juga. Pas Selasa gue gawe, boss gue uda ngambil porsi kerjaan gue macam bolak balik ke bank, hehehehe, balik lagi sekarang dia yang urus. Buat jaga apotik masih donk ya, abis uda ga ada orang lain yang bisa dimintain tolong sama boss. Puji Tuhan sejak flek sampe sekarang, keadaan jau lebih baik 🙂 semoga ga flek2 lagi dah *amien*

we found out U are on the way

Biasanya jadwal haid gue di awal bulan skitar tanggal 2-4. Di bulan Mei lewat tanggal 4 kok masih ga haid2 ya padahal PD (organ atas cewek) itu uda kenceng bgt alias penuh. Gue masih santai2 aja en sempet kepikiran apa gue hamil ya tapi gue ga mau buru2 coba test pake test pack (TP) -takut kecewa, hehehehe-. Gue ada bilang ke Jo kalo gue mau massage full body soalnya kaki en punggung kok pegel bgt rasanya, jadi diputusin tanggal 9 sore mau ke 5star sunter en gue berniat dalem hati kalo sampe tanggal 10 ga haid juga ya gue mau coba TP dink. Di kantor (tanggal 9 siang) itu ga tau kenapa gue kepikiran gini “kalo gue hamil kan ga boleh massage dulu ya” hahahahaha terlintas aja pikiran kek gitu, alhasil gue kucuk2 turun ke apotik di bawah en beli TP yang murah meriah :p
Pas mau pipis, gue coba dink. Liat sekilas cuma segaris en uda hela nafas. Pas gue mau buang eh iseng liat lagi 2 garis!!hahahahaha..
TP 1
TP 1
Ini gue cengo pas liatnya en langsung ngomong sendiri “Tuhan ini beneran apa gue yang salah liat?” Balik ke ruangan, gue baca itu cara liat hasil di TP tapi kok gue ga yakin ya sama apa yang gue liat soalnya garisnya itu tifisssss. Bingung, gue foto en kirim ke Jo. Jo pas liat gemeteran donk en nanya  “ini beneran?” lah gue nanya dia malah nanya gue balik, wkwkwkwkwkwk. Akhirnya qta sepakat buat tar subuh di minggu coba test lagi secara kan kalo yang baik itu testnya subuh (air pee pertama bangun tidur) en gue ada bilang ke Jo buat jangan terlalu seneng ato berharap dulu, itu pun gue bilang juga ke diri sendiri.
Rencana massage uda pasti batal donk ya en dirumah masih kayak biasa cuma pas jam sore sekitar setengah 4an di kala gue mau pee, gue tanya ke Jo mau coba TP lagi ga en Jo bilang oke. Di kali kedua, 2 garis muncul en x ini lebih tebel hasilnya.
TP ke 2
TP 2
Jo berkali2 bilang “kamu hamil beib, kamu hamil” hehehehehe. Gue speechless saat itu en qta langsung ke Hermina buat cek lebih meyakinkan. Pas di jalan gue lebih banyak diemnya, jantung uda deg2 ser, hahahaha. Sampe Hermina itu linglung pas ditanya ada perlu apa, wkwkkwkwk. Qta diarahin ke dr. Edy P en nunggu skitar 15 menitan dink. Selama nunggu itu gue was2 rasanya en pengen buru2 masuk biar lebih ketauan hasilnya. Jantung tuh bener2 deg2an banget serasa mau sidang skripsi, wkwkwkwkwk..
Di dalem ruang dr. Edy ini yang lebih banyak cerita Jo, gue masih diem2 anteng sampe diminta naik ke ranjang buat di usg. Perbincangan yang terjadi di qta b3 plus suster juga c.
(D : dokter, J : Jo)
D : waaa ini hamil Pak, loh sini donk Pak diliat
J : *kucuk2 bangun dari kursi* hamil dok?
g : tau darimana dok kalo hamil? *eh nantangin gini ya pertanyaan gue, hahahahaha
D : ini loh Bu ada titik hitamnya, ini kantong janinnya
G : duh dok kok semuanya keliatan hitam ya *gue sungguh ga liat yang dimaksud c dokter*
D : kalo gitu cek dalam saja ya Bu, lebih jelas
G : iya boleh dok
disiapin dink tuh alat2nya sama suster ga pake lama
D : nah ini Bu, keliatan jelas?
J : itu janinnya dok? bener istri saya hamil?
D : iya Pak betul
J : uda berapa dok usianya?
D : sudah 6 minggu 2 hari Pak
Gue ga bisa ngomong apa2 lagi, cuma liatin itu layar doank mau mewek haruuuuuuuuuuuuuuu!!! en gue liat c Jo pas diiyain sam dokter gue hamil dia malah bersorak kecil YES sambil cengar cengir, hahahahaha. Pas gue balik ke kursi, Jo bilang “puji Tuhan yangku kamu hamil, anugerah terbesar dari Tuhan buat qta berdua” :’)
hello baby :)
hello baby 🙂
Yang pasti perasaan tuh campur aduk dah, banyak senengnya en banyak ngucap syukur ke Tuhan 😀 Tadinya berita baik ini mau qta kasi tau ke nyokap pas hari ultahnya tapiiiiii mana sanggup nahan buat bilangnya, hahahahaha jadi meluncurlah qta ke rumah nyokap en langsung dink ngasi itu hasil foto usg-nya 😀 Jadi earlier bday gift buat nyokap, ahaaaayy!!
Harapan gue ga muluk2, berharap gue en baby senantiasa sehat en baby tumbuh berkembang dengan baik, tanpa kurang suatu apapun, amien 🙂 

 

(Lanjutan) Cerita Rumah

Wuiiii uda masuk bulan Juni aja ya, waktu bener2 cepet banget dink berlalu. Bentar lagi sebagian orang2 akan berpuasa loh *itungan hariiiii* abis puasa Lebaran dink, yeay libur!!! Hahahahaha, gue uda mikirin libur aja yee padahal masih lama wong puasanya aja belum. Hayooo uda pada tau libur Lebaran mau ngapain tow kemana aja belum? Sebagian orang pasti uda prepare dink tar liburan mau kemana sedangkan gue ga ada rencana apa2, huhuhuhuhu. Secara kantor gue libur ya bener2 pas tanggalan merah aja *miris cuy* en ga ada yang namanya cuti bersama. Kalo mau cuti ya boleh tapi potong jatah cuti en potong gaji *meringisssssssssss*. Karena ga punya rencana apa2 palingan gue sama Jo jagain Jakarta aja biar aman, hahahaha..
Mau singgung tentang rumah nyokap yang lagi dibangun, tepatnya rumah yang qta kontrak. Sampe sekarang gue belum liat kayak apa itu rumah, bukan ga dibangun tapi gue yang belum kesana, hehehehe. Yang sering pantau sapa lagi kalo bukan nyokap en tiap gue tanya nyokap bilang “ada perkembangan” lah cuma gue ga tau seberapa jau itu perkembangan, maklum nyokap ga bisa diminta foto pake handphone alias gaptek. Satu hari ga pake diminta, Jo meluncur ke rumah yang lagi dibangun en ga cuma sekadar liat dari depan tapi Jo ada ngecek ke dalam2 juga. Laporan dari Jo melegakan hati gue. Puji Tuhan, uda bukan tanah kosong lagi sekarang tapi uda ada bentuknya. Bagian dalam uda jadi 2 kamar tidur en 1 kamar mandi. Dapur juga uda jadi. Saat2 ini lagi ngerjain bagian depannya kayak ruang tamu en lahan buat parkir motor nanti. Yang buat makin kaget itu yang ngerjain rumah ternyata cuma 2 orang, ckckckckck. Mereka kerja dari pagi sampe jam 10 malem karena pesan dari empunya rumah harus jadi segera. Makin kesini ada beberapa hal yang buat qta terutama nyokap gue kecewa. Diantaranya :
1. Waktu awal bangun, nyokap dijanjiin akan dikasi lahan buat gudang. Kalo liat gambar denahnya ada 1 lahan disamping rumah itu buat gudang en karena panjang jadi dibagi dua. Satu buat nyokap en satu lagi buat empunya rumah. Nyokap setuju2 aja secara emank butuh gudang tapiiiii yang terjadi itu gudang ga dikasi. Tetep dibangun gudang tapi buat empunya rumah doank. Nyokap uda komplain en dijawabin sama empunya rumah kalo barang2 dia itu banyak jadi butuh ruang lebih banyak.
2. Kloset buat kamar mandi dikasinya yang model jongkok padahal di awal2 uda bilang dapet yang model duduk. Awalnya nyokap ga mau komplain tapi ii gue bilang minta yang duduk donk, kalo yang pake itu kloset jongkok anak2 muda ya masih oke lah ini nyokap uda berumur masa masih cape2 jongkok. Dipikir bener juga ya, jadi nyokap bilang ke empunya rumah. Tanggepan dari empunya kalo mau yang model duduk kudu beli sendiri *hela napassss* capeeee deh
3. Belakangan ini nyokap sering diajak ngomong ke arah buat nambah waktu kontrak ini rumah. Qta deal buat bayar ini rumah buat masa 3 tahun tinggal terhitung dari akhir Juni tahun ini. Nyokap diminta buat nambah dua tahun lagi dengan harga (yang menurut qta) ga cengli. Ga ada harga diskon, ga ada harga yang istilahnya lebih murah atau hemat. Gue bilang ke nyokap buat ga usah lah ngikutin maunya itu empunya rumah. Tinggal aja belum disitu, ga tau sikonnya kayak apa masa uda langsung bayar lagi. Tar kalo ga cucok, berabe. Yang berabe ga cuma nyokap en ade2 doank tapi gue sama Jo juga ikutan berabe nanti. Sekarang beda lagi iming2nya dari empunya. Kalo qta bayar lagi buat taun keemapat en kelima, kloset duduk dapet free loh, hahahahaha.. Serasa lagi belanja besar dah :p Tapi tetep sampe saat ini, qta kekeh buat 3 taun dulu apalagi taun ini ade gue paling kecil masuk SMA. Berasa boo bayar uang pangkal, uang buku, uang seragam, dll *pusingggg pala berbihhh*
Berhubung uda masuk bulan Juni, berarti masa tinggal di rumah lama juga mau berakhir. Sekarang2 ini nyokap en ade2 uda pack2ing barang2 ke kardus termasuk baju sehari2 juga, lemari2 uda blasss kosonggg. Biar nanti kalo mau pindahan uda ga repot beberes karena uda dicicil. Terus lagi nyari mobil terbuka buat angkut2 lemari, nyari AC-kulkas dengan harga miring, nyari kloset duduk, nyari nyari nyariiiii … apa aja deh yang bisa dicari :p
Nanti kalo ada kemajuan en keluh kesah tentang rumah baru ini, gue akan update lagi, ditunggu ya! *promosiii :p en gue mau bilang tengkyu bangetttt buat kalian *peluk atu2* yang uda ngasi support en doa ke gue en kuarga tentang ini rumah 😀 ma’aciii ma’aciii ma’aciii, muahhhh